Saturday, February 28, 2015

Cumi Pedas Manis



Pengen menu cumi yang beda..jadi ingat ayam pedas manis ala Korea yang dulu pernah ku buat..kayaknya enak di buat dengan di ganti cumi. Akhirnya aku coba aja tadi..dan hasilnya beneran enak..jadi gurih pedas manis menyelimuti cumi goreng yang di lapis tepung..jadi awet kriuk.

Fungsi tepung lapisan ini juga untuk menjaga agar cumi nggak kering  atau alot ketika di goreng terlebih dahulu. Karena kalau cumi di masak terlalu lama..makan akan ngaret jadinya..alot dan susah di kunyah. Dengan di beri lapisan tepung kentang pati ini..cumi bisa tetep awet kriuknya..walaupun di lapis saus. Tapi jika tidak ada tepung pati kentang..bisa di ganti pakai maizena biasa ya teman2.

Aku sering nonton chef2 Chinese food di afc..memang banyak yang lebih suka memakai tepung kentang pati untuk lapisan aneka seafood yang akan di goreng dan di beri saus, karena ya itu tadi..lapisan kriuk tepungnya masih terasa walau di lapis saus. Dan rasanya itu enak teman2..jika memakai tepung kentang pati..untuk tepung pelapis gorengan seperti ayam goreng, jamur krispi, dll..karena lebih renyah dan lembut empuk kriuk lapisan tepungnya. makanya banyak masakan Jepang dan Korea, seperti Chicken Kaarage atau Sweet & Spicy Chicken Ala Korea juga pakai tepung pati kentang ini. Selain lebih renyah untuk pelapis gorengan krispi, tepung kentang pati ini juga ada aroma kentang yang manis..jadi enak sekali jika untuk di buat tepung pelapis. 

Jadi ingat ponakan yang masih kecil..masih TK..pas ke rumah aku buatin cumi goreng tepung pakai tepung kentang..eh sepiring di habisin dia sendiri..hihi. Pas udah di rumahnya..minta mamanya untuk bikin cumi goreng tepung..di buatin pakai tepung terigu biasa..bisa protes kok..katanya.."Kok nggak kayak di rumah Mas Yodha cumi krispinya"..cerita mamanya..hihi. Ya memang rasanya jadi beda..anak kecil aja bisa membedakan..hihi.

Oke dech..aku share resepnya aja ya teman2..aku modifikasi dari resep ayam pedas manis ala Korea..ku kurangi manisnya dikit..sama ku tambah cabai hijau..biar  ada pedes segernya.
Cumi Pedas Manis

Bahan :
1/2 kg cumi yang sudah di kupas, potong bentuk bulat
100 gram tepung kentang pati ( Potato Starch ) , campur dengan 1/8 sendok teh merica bubuk dan 1/2 sendok teh kaldu bubuk atau garam ( sesuai selera )
50 gram cabai hijau, potong serong ( bisa di ganti cabai merah atau paprika )
1/2 buah bawang bombai, iris tipis

Saus Pedas :
1 siung bawang putih, haluskan
3 butir bawang merah, haluskan
2 sendok makan saus pedas
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Sedikit saja garam
Air 50 ml

Cara membuat :
Lumuri cumi yang sudah di potong dan di cuci bersih dengan 1/2 sendok teh garam, tiriskan. 
Panaskan minyak goreng agak banyak sampai benar2 panas
Gulingkan cumi ke tepung pati kentang sambil di tekan2 agar tepung menempel sempurna, ketok2 an kelebihan tepung. Goreng di minyak panas hingga matang dan kering luarnya.

Saus :
Tumis bawang merah dan putih halus sampai matang dan harum, masukkan cabai hijau, aduk hingga layu, masukkan air, dan semua bumbu lain. Aduk rata, dan koreksi rasa. Jika sudah pas seusai selera pedas manisnya..masukkan cumi, aduk hingga saus menyelimuti cumi. Sajikan hangat.

Tips :
Buat teman2 yang belum tahu Potato Starch liat postinganku di SINI ya..jika tidak ada pakai maizena atau tapioka biasa.

18 comments :

  1. wuuuih jd ngiler mb..pas bgt ada sto cumi di kulkas mau coba ah..o ya td aq ud bikin churoz ubi dan hasilnya enak bgt garing di luar lmbut di dalam..makasih mb bwt resep" nya

    pepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Pepi..hihi..ayuk buat biar nggak bosan ya olahan cumi.:)

      Delete
  2. cumii. . hmmmm favorit bnget tuh mbk. . bkin ngiler dehh . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo mba Ika...aku kok ya suka ya..hihi..kalau makan cumi yang ingat enaknya ya mba....kolesterol..lupa..hahaha..

      Delete
  3. Mbak saus pedasny merk ap ya yg bgus? Mksh mbak. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera mba..kalau aku suka Del Mo***

      Delete
  4. mba diah mau nanya dongg.. tinggalnya di semarang kan ya (plis tolong dikoreksi kalau ternyata tebakanku ngawur hehehe XP)? beli potato starch nya dimana ya? aku kok nggak nemu udah muter2 ke sana sini padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Semarang mba :)
      Aku jual online mab..email aku ya di bundadidi@gmail.com..:)

      Delete
  5. hhhhh. . blum mikir smpe kolestrol mbk. . jahat bgt ya sama badan ? penting suka ya makan aja dehh. . hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..iya..ayuk di imbangi olah raga ya yang penting Mba..:)

      Delete
  6. Mantabs banget cumi pedas manisnya mbak Di... pake nasi anget bisa2 nambah lagi dan nambah lagi nih...tambah ndutt dehh...hihi. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....iya mba Erti..aku mau diettt....hihihi..*kalau inget ya mba..:D *

      Delete
  7. Terima kasih resaepnya mbak Di...mumpung di kulkas ada stok cumi yang belum sempat saya "eksekusi", bolehlah saya contoh resepnya ya mbak? saya akan coba pake tepung maizena, gak papa kan mbak? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. salam kenal mba diah didi, aku nyontek resepnya yaaa

    salam,
    nita

    ReplyDelete
  9. Mbak,aku tadi udah nyoba resepnya tapi kok tepungnya gak mau nempel waktu udah digoreng ya mbak? Makasih mbak

    ReplyDelete