Monday, February 23, 2015

Ayam Goreng Gurih Manis


Waktu makan ke salah satu resto ayam goreng weekend lalu..aku tertarik sama konsep restonya teman2. Resto ayam goreng ini selalu ramai pengunjung. Karena harga nggak terlalu mahal..dan rasanya enak. nah..konsep yang menarik itu..adalah..pengunjung bisa memilih menu yang akan di pesan..dalam kondisi udah di ungkep ayamnya..di taruh di meja saji gitu. Jadi pengunjung bisa pilih2 dulu sebelum pesan bagian ayam mana yang akan di pesan. Jika sudah pesan, maka ayam pesanan pengunjung langsung di goreng. Selain ayam ungkep ada aneka lauk lain yang sudah siap goreng juga. Jadi konsepnya terbuka gitu teman2..pengunjung bisa melihat kondisi lauk pauk yang di pesan sebelum di goreng. Semoga bisa menjadi inspirasi ya..buat teman2 yang mau buka usaha ayam goreng mungkin. Dengan konsep dapur terbuka ala warung tenda..tapi di terapkan di resto..pasti menajdi salah satu daya tarik tersendiri lho teman2.

Nah ayamnya juga ada dua pilihan..ada yang gurih asin..ada yang gurih manis..menarik kan..jadi pengunjung bisa menyesuaikan selera. Yang suka manis bisa memilih ayam goreng manis gurih. yang suka asin..bisa pilih yang gurih asin aja. Bagus lho..konsepnya..jadi bisa ada pilihan ya teman2. Kalau aku, suami dan anakku kok paling suka ayam goreng itu gurih manis. jadi selera Jawa bingit. Selain gurih..ada sedikit manis2nya gitu ayam gorengnya..jadi rasanya makin gurih dan enak.

Ayam goreng manis ini mudah saja sich membuatnya, bisa pakai resep ayam goreng andalan teman2..cukup di tambah gula merah aja sebagai pemanisnya. Biar makin sipp bisa juga di tambah air kelapa muda. Selain memberi rasa manis alami dan legit pada  ayam goreng..sehingga membuat ayam goreng tambah enak rasanya.

Untuk ayam goreng yang gurih manis ini..sambel yang cocok adalah sambel yang pedas..misal sambel kosek atau sambel cabai rawit mentah..sambal penyetan yang setengah mentah, setengah matang. Kalau suka bisa juga pakai sambel terasi matang yang di tumis, tapi jangan terlalu manis ya sambalnya...nanti malah dobel2 manisnya..hihi. Buat usaha  ayam goreng seperti ini akan lebih menarik ya..jika mungkin bisa di sediakan dua macam sambal juga untuk pengunjung..misal..yang sambal terasi matang manis, di sediakan saja di meja..jadi pengunjung bebas..mau pakai sambal seberapa aja boleh. Selain itu di sediakan juga sambal kosek yang mentah jika ada yang request..pasti dech akan jadi nilai lebih juga teman2.


Oke dech..resep ayam goreng udah sering ku share..yang  versi gurih manis ini tinggal tambah gula merah aja sich..tapi aku tulis kembali aja ya. Selamat mencoba jika suka ^^
Ayam Goreng Gurih Manis

Bahan :
1 kg sayap ayam
Air kelapa 600 ml
Gula merah 50 gram
Garam secukupnya
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 2 lembar
Serai 1 batang, memarkan
Kaldu ayam 1 sendok teh
Garam sesuai selera

Bumbu halus :
7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :
Ungkep ayam, bumbu halus dan semua bumbu lain dengan api kecil hingga ayam empuk dan air menyusut. Goreng sebentar saja di minyak panas sampai kecoklatan. Sajikan dengan sambel dan lalap sesuai selera.

Tips :
Karena  pemakaian gula yang lumayan, jangan terlalu lama ya menggoreng ayam ini teman2..karena mudah gosong. cukup di goreng sebentar saja di minyak panas hingga kecoklatan saja..untuk mengkaramelkan bumbu2..jadi ayam tetep empuk dan lembut dagingnya. Ayam ungkep ini juga bisa di stock untuk persediaan lauk di freezer..jadi jika di perlukan tinggal di goreng dech.

18 comments :

  1. air kelapa itu santen mbak diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. air kelapa bukan santen, ya kan mba diah didi? saya kemaren nyobain resep ini pake air kelapa, kebetulan ada yg jual di pasar, mantep banget rasanya

      Delete
    2. Iya bener mba..hihi..mksh udah di bantu jawab ya..sipp syukurlah jk suka :)

      Delete
  2. yang bikin gurih air kelapanya yambak. Aku pernah bikin ayam kalasan juga pakai air kelapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener Mak..jadi legit ayam gorengnya :)

      Delete
  3. salam kenal mb didi..pas bgt ada resep ayam izin copy ya mb..o ya aq ud nyoba donat praktis tanpa di uleni hasilnya membanggakn hehehe..enak dan lembut..jd dpt pujian dr suami dan anak..

    pepi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah ya..jk suka..:)

      Delete
  4. Mirip kayak aku biasa masak. Aku cobain resepnya ya mba...^_^

    ReplyDelete
  5. maaf mbak ngungkep ayamnya bisa pakai panci presto nggak ?
    dan berapa lama masaknya kalau pakai panci presto ? makasih

    ReplyDelete
  6. mantap banget mbak aromanya kecium sampe sini.. heheh.. :)

    diahdidi

    ReplyDelete
  7. mantap banget
    boleh di coba resep resepnya jeng
    Hijab fashion

    ReplyDelete
  8. Mba, air kelapanya dari kelapa muda atau kelapa tua? Makasih

    ReplyDelete
  9. makasih banyak mba resepnya ......
    bermanfaat
    cincin emas

    ReplyDelete
  10. Mba, apa tips menggoreng ayam yg sudah diungkep, disimpan dalam kulkas? Saya bbrp kali coba tp daging nya jd keras. Gak juicy lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diamkan suhu ruang dulu mba..baru di goreng sebentar di minyak yang benar2 panas :)

      Delete