Tuesday, February 10, 2015

Bubur Semur Ayam


Wah...maaf ya teman2..kemaren absen posting lagi..benar2 di ujung deadline kerjaan kemaren..hihi. Alhamdulillah sudah selesai di awal dulu kemaren..lega..walau nanti jika masih ada revisi2 ya kerja lembur lagi..hihi. Ndak apa2..suka..sibuk..suka di kejar deadline kok aku..hidup jadi lebih bersemangat lho..^^

Nah..sekarang mari kita selingi masak2 lagi ya..kali ini untuk sarapan aku buat bubur semur ayam. Menu ini terinspirasi ketika beberapa waktu lalu jalan2 pagi ke sekitar simpang lima Semarang. Ternyata kalau pagi..banyak yang jual bubur ayam unik begini. Kalau di Semarang atas kan kebanyakan bubur ayam  ala Jakarta yang kuah kuning..nah..kalau di sekitar Simpang Lima Semarang itu buburnya kuah semur kecap. Setelah mencobanya..wah unik juga lho rasanya..suka dech..lebih enak dar bubur kuah kuning. Yodha juga suka. ya mungkin karena kami memang penggemar masakan berkecap..jadi ya cocok banget kok..bubur ayam di padu semur ayam kecap. Ada telurnya juga yang di masak pindang dan potongan cakwe yang di taburkan di atas bubur. Enak dech..cobain aja teman..^^

Tapi nggak perlu ke Semarang kok..kalau cuma mau makan bubur semur ini..bikin aja sendiri di rumah..mudah saja cara membuatnya. Biar lebih praktis aku buat bubur dari subuh tadi pakai slow cooker..jadi pas waktu sarapan..udah matang dech..jadi nggak perlu repot2 ngaduk bubur..hihi. Pagi tinggal buat semur ayamnya aja.

Oke...mau coba..yukk catet ya resepnya teman2..^^
Bubur Semur Ayam

Bahan bubur ayam :
150 gram beras, dicuci bersih
2 batang serai, dimemarkan
1 cm jahe, dimemarkan
1.750 ml air kaldu ayam
1 sendok teh garam

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker..udah..Sekitar jam 4 pagi, colokkan ke listrik, jadi dech bubur dengan sendirinya..hihi.
Tapi jika nggak ada slow cooker..di masak biasa ya..sambil di aduk2 terus..hingga jadi bubur yang lembut dan kental.
Bumbu Semur Ayam & Telur kecap :
150 gram daging ayam, potong kecil2 sesuai selera
3 butir telur ayam rebus, kupas
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica  butiran
Jahe 2 cm, geprek
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap 4 sendok makan
Garam secukupnya, air 300 ml
Cara membuat :
Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan ayam , telur, air dan bumbu2 lain.
Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.
Penyajian :
Sajikan bubur ayam dengan kuah semur ayam dan  taburan cakwe iris serta daun bawang


5 comments :

  1. sumur ayam emang sedap makan dengan bubur...kalau ada telur asin enak lor

    ReplyDelete
  2. mb didi, klo ada waktu, saya minta resepnya khas semarang ya CUAN CUAN BELANAK , trims seblmnya

    ReplyDelete
  3. Pas lg sakit tipes,cari resep bubur d blog mb didi.nemu resep ini.lgsg bikin wes.enak mbk ;)
    Rissa-malang

    ReplyDelete