Monday, February 16, 2015

Tips Sambal Enak



Weekend udah lewat...saatnya bekerja lagi...masak2 lagi yuk teman2. Mengawali Senin yang cerah ini..yukk nyambel aja yang cepat buat makan siang..hihi. Lha belum sempat belanja ke pasar. di kulkas hanya ada terong ungu...dan tahu. Baiklah..kita buat terong bakar aja..terus di siram sambal terasi yang muantep..mak nyuss dech lauk sederhana ini. Masih kurang..masih ada tahu penyet..semua serba sambal..kenapa..karena lagi pengen aja..makan sambal..hihi

Untuk membuat terong bakar ni super mudah saja..tinggal di potong2 terongnya, di panggang di teflon hingga layu dan lunak, udah..tinggal di sambelin aja. Membakar terong di pan anti lengket, membuat terong lebih keset dan nggak berminyak..di banding di goreng lho teman2..jadi lebih sehat kan. Irit minyak pula..hihi. Rasanya tetep enak..sama kayak terong goreng. Sebelum di panggang rendam sebentar di air garam sebentar ya terongnya agar nggak *anyep* atau tawar.

Nah..tinggal buat sambelnya nich..sambelnya Sambel Terasi Matang biasa..yang di tumis dan resepnya udah sering banget ku share..yang spesial nich terasinya..pakai terasi Juwana..yang aku jual..tambah mantep dech sambalnya. Alhamdullah terasi yang ku jual udah beredar ke teman2 yang pesan dari berbagai daerah di Indonesia..hihi..dan alhamdulillah pada suka dech. Seneng dech kalau bisa merekomendasikan produk umkm yang enak..serta aman tanpa bahan pewarna atau pengawet dan bahan tambahan lain yang di larang. Terasi ini alami saja dari bahan rebon segar yang di prosos jadi terasi..jadi selain gurih, ada aroma khas agak manis gitu terasinya...karena terbuat dari bahan rebon segar itu. Seperti Terasi Khas Juwana yang aku jual..alhamdulillah udah ku uji lab..dan lolos semua uji..yaitu bebas pengawet, bebas pewarna dan bebas boraks..semua hasilnya negatif..ada sertifikatnya..alhamdulillah..jadi tenang jualan gitu..hihi. Tips memilih terasi yang bagus dan enak..sudah pernah ku posting di SINI ya teman2.

Tips membuat sambal yang sedep..aku belum pernah ulas ya teman2..baiklah..aku kasih tips2nya ya..semoga bermanfaat..siapa tahu bisa jadi lahan bisnis juga..sekarang ini..sambal rumahan yang di kemas dan di jual kemasan botol gitu kan banyak,  lagi  nge trend ya.
  • Pilih bahan2 yang segar, misal cabai sebagai bahan utama sambal, pilih yang masih segar dan berkualitas, agar rasa sambal juga segar bukan bau nggak sedap karena cabe udah tidak bagus. Apalagi jika mau buat sambal mentah, memakai cabai yang masih segar itu sudah keharusan jika mau sambalnya enak. Jika akan di buat sambal mentah, agar tidak langu, cabe bisa di seduh sebentar dengan air panas, atau ketika sudah jadi sambalnya di siram minyak panas
  • Jika malas mengulek, sambal bisa juga kok di blender teman2..kuncinya cabai harus di matangkan terlebih dahulu, boleh di goreng hingga layu atau di rebus atau kukus...agar tidak langu sambalnya. Kalau dari cabai mentah langsung blender, maka rasanya akan kurang sedep dan beraroma langu. Membender bisa di sesuaikan selera tingkat kehalusannya. Caranya jangan langsung di blender lama, tapi mainkan tombol blendernya. Jika di rasa cukup halusnya..matikan..jika belum..nyalakan kembali sebentar
  • Menumis sambal yang di blender juga harus benar2 sampai matang dengan api kecil, hingga warnanya yang semula pucat jadi kemerahan dan nampak mengkilat matang. Koreksi rasa sebelum di angkat. Perbandingan garam dan gula harus pas, tapi jangan berlebihan. Apalagi jika mau di stock sambalnya sebaiknya jangan terlalu asin dulu, karena nanti akan sering di panaskan kembali.
  • Memakai penyedap alami terasi. Pokoknya..kalau bikin sambal aku paling suka sambal yang pakai terasi..karena terasi ini jadi penyedap alami sambal..jadi buat teman2 yang suka galau..nyambel kok cemplang ( kurang sedep )...coba cari terasi yang bagus dech..pasti sambelnya lebih sedep alami..nggak perlu penyedap dll. Perbandingan garam dan gula yang pas..juga membuat sambal makin nikmat. Sayangnya banyak resto2 yang cenderung menggunakan gula secara berlebihan ya..jadi kadang2 kalau pas makan di resto tuch ketemu sambal2 yang manis banget.
  • Tips memilih terasi yang enak, itu aromanya segar aroma udang dan khas terasi yang gurih manis, bukan bau amis atau bau anah lain. Terasi berwana kecoklatan atau kehitaman alami, jadi tidak mengandung pewarna. Jika terasi mengandung pewarna,...maka terasi jika kita pegang di tangan  warna akan membekas di tangan
Aku..suka banget sambal terasi.....nich bikin sambal bawang aja..tetep aku pakai terasi..karena hasilnya lebih sedep..walaupun tanpa penyedap.


Oke..aku share aja resep sambal bawang yang pakai terasi ya..awas pedas..hihi. Jumlah cabai bisa di sesuaikan selera ya ^^
Sambal Bawang Terasi

Bahan

100 gram cabai rawit merah
1 sendok teh terasi bakar
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula merah
Minyak secukupnya

Cara membuat :
Goreng cabai, bawang merah dan putih hingga layu, ulek kasar dengan garam dan gula merah serta terasi
Tumis kembali dengan sedikit minyak
Sajikan dnegan tahu atau tempe goreng




20 comments :

  1. ngeces aku lihat sambelnya mbak diah, lapeeeeer..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk..ambil nasi mba..mari di pilih sambalnya..yang terong bakar nggak pedes..yang sambal bawang baru super pedes..hihi

      Delete
  2. Mbak, hrg terasinya brapa? kemasan brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Japri ya mba.email aku di bundadidi@gmail.com atau inbox aku di fb ya..:)

      Delete
  3. aku suka sambal mbak, terima kasih tipsnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama2 Mak Lidya..met coba ya..:)

      Delete
  4. Pas saat Maksi Pas Buka Postingan ini...nambah Laper euy!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari ambil nasi Mak Muna....makan sama2..*telat banget ya..nawarinnya ..mesti udah kenyang sekarang ..hihi*

      Delete
  5. Replies
    1. Hihi..ayuk di coba mba..sambel memang selalu menggoda ya..aku juga sukaaa :D

      Delete
  6. Dah lama ga kunjungan kesini, hehe.

    Sambel nya bikin melotot itu. Ngeliat cabe nya merah meriah :D

    ReplyDelete
  7. Duuuhhh.... malem2 lihat postingan sambalnya mbak Diah bener2 bikin laperrr lagi, lha tadi udah makan sepiring bihun goreng mosok iya mau makan lagi....? nggak ahhh ntar tambah ndut... hihih. Sambel bawangnya tuh mengin2ni mbak Diah... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mba..di jamin ya tambah ndut klu makan sambel gini..:D ngabisin nasi..hihi

      Delete
  8. hhnmnn. . bkin kemecer lho mbk :-D

    ReplyDelete
  9. ngiler euy... ini nih kesukaan saya, ada sambaalnya makannya jadi pool. btw kalau cabenya dganti sambal merah biasa bisa ga mba? makasi

    ReplyDelete
  10. mantabb mb sambalnya... aku pecinta blog mb didi loch sering aku curi diam2 resep2 mb didi hehe membantu bngt mb buat aku yg lg belajar masak **** MERSI****

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat sekali artikelnya, semoga dapat menginspirasi yang lainnya. kunjungi juga www.greenmommyshop.com yang menyediakan kosmetik organik yang ramah lingkungan.

    ReplyDelete