Saturday, February 14, 2015

Misoa Kuah Ayam Semur


Sudah pernah makan misoa kuah ayam teman2 ?..Aku baru pertama kali mencoba menu unik ini, beberapa waktu lalu. Ini salah satu menu unik lain yang aku temui pas sarapan pagi beberapa waktu lalu di Simpang lima Semarang teman2..yaitu Misoa Kuah Ayam. Ini aku baru pertama makan ini dan rasanya enak dan unik juga lho. Seperti Mie Ayam..tapi mienya lebih lembut..karena bukan pakai mie kuning biasa, tapi pakainya misoa. Misoa ini adalah jenis mie yang sangat lembut rasanya. Tinggal di telan aja..nggak perlu di kunyah dech kalau makan misoa ini..lembut dan halus banget mie nya. Aku sich jarang ya masak misoa di buat berkuah begini...biasanya cuma ku buat misoa goreng aja. Ternyata di masak kuah begini juga sangat enak.

Memang aku jarang kalau pagi pergi ke Semarang bawah kecuali ada acara penting. Lha biasa..Yodha kalau libur suka bangun siang..paling2 muter atas aja kalau cari sarapan. Dan kalau ke bawah ya lebih sering siang atau malam hari..jadi pas pertama lihat menu ini..wah unik juga. Setelah ku coba..enak dan Yodha suka.
Jadi misoa kuah ayam ini mirip sama mie ayam, mie kuah toping ayam semur coklat gitu. Tapi kayaknya ayamnya di masak semur hingga benar2 meresap dan *mlekoh* gitu..jadi ketika bercampur kuah..kuahnya jadi warna kecoklatan...menggoda selera. Misoa kuah ini di sajikan dengan telur kecap dan cakwe..unik banget kan teman2. tapi rasanya enak kok.


Kemaren sempat mereka2 sendiri membuat misoa kuah ini di rumah, karena Yodha suka. Tapi belum se *mlekoh* kalau beli kuahnya..hihi. Mungkin karena masih baru semurku..jadi belum *medok ( meresap ) gitu semurnya. Next mau coba lagi dan ku inapkan dulu semurnya..biar kuah misoanya sama kayak pas beli..kecoklatan gitu. Aku juga mau cari misoa yang rada besar2 juga. Kemaren punyaku pakai merk biasa aku pakai..terlalu kecil2 dan lembut..jadi kurang sip penampilannya..beda sama pas beli itu misoanya kok agak besar2..hihi. Tapi kalau rasa..*beti* lah..beda tipis alias udah mirip..cuma penampakan aja yang masih beda dari yang ku beli..hihi. Ini dia misoa buatanku.


Resepnya sama kayak buat mie ayam ya teman2..bedanya cuma mie kuning di ganti misoa ini. Resep kuah dan ayam semurnya bisa di lihat di SINI ya.

Semoga menginspirasi ya resep unik ini buat menu harian di rumah teman2..have a nice weekend..^^

10 comments :

  1. pas banget belum sarapan di suguhi mi soa disini :)

    ReplyDelete
  2. Iya Mak Lydia..:) enak seger lho..:)

    ReplyDelete
  3. Pagi2 buka blog mbak Diah dan lihat postingan misoa kuah ayam semur bener2 jadi lapeeerrrrr..... huadeeehhh cuma bisa kemecer aja nih mbak... . ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Erti....seger lho..ayuk bikin..kayak bikin mie ayam biasa..mie ny aganti misoa..mak legender..masuk tenggorokan nggak perlu di kunyah saking lembutnya..hihi

      Delete
  4. Replies
    1. Beda mba..misoa ini lembutttt banget..mulus gitu nggak perlu di kunyah..hihi

      Delete
  5. Mba Diah....saya belum pernah masak misoa. Tapi sering liat mentahnya di supermarket.
    Carane piye? Misoa-nya diseduh ato direbus? (Shiny)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rebus sebentar bisa mba...asal jgn terlalu lama ya..nanti jadi menggumpal misoanya..:)

      Delete
  6. mbah diah boleh minta resep/cara membikin kuahnya ayam semur buat misoa..?

    ReplyDelete