Google Ad

Sunday, November 16, 2014

Sweet and Spicy TongDak ( Korean Spicy Chicken )


Wua....setelah minggu yang sibuk..pengen santai sejenak teman2. Masak kemaren seharian Sabtu..dari pagi sampai magrib itu sibuk packing..hihi..cuma di selingi masak masakan praktis sebentar buat makan siang..habis itu packing lagi..jadi nggak sempat nengok blog kemaren. Alhamdulillah sich pesanan tepung2 semakin banyak..hihi. Dan malam..pengen re freshing sekalian cariin Yodha tas sekolah baru..akhirnya kabur ke Java Mall..kenapa ke mall jadul..karena ada tujuan lain..cari DVD drama Korea terbaru..hihi. Obat lelahku refreshing ya cuma ke Korea bentar..hihi..lewat dra kor tapi..mau ke Korea beneran..belum cukup je tabungannya..haha.

Dan langsung borong dech beberpa DVD Korea terbaru di outlet DVD langgananku di Java Mall..dan yang pertama aku tonton, drama Korea kocak yang sangat seru..masih gress dari Korea sana..baru rilis Oktober kemaren di tivi sana teman2..yaitu Surplus Princess. asli..ini dramanya fresh anget..seru..dan bikin ketawa ketiwi sendiri..lha aku nonton sampai tengah malam..yang lain udah pada lelap..otomatis ketawa ketiwi sendiri..hihi.  Drama Korea ini komedi romantis..yakni komedi tapi cerita dramanya juga ada. Jadi seru banget..rekomended banget dech buat teman2 yang mau nonton. Walau ceritanya..rada2 ajaib juga..tapi buat hiburan..okay lah..suka aku..hihi. Jadi..drama ini bercerita tentang seorang putri duyung yang tinggal di sungai Han..hihi..ajaib kan. Di sungai kota besar di Korea ada putri duyungnya. Sungai Han nich sering banget jadi setting  tempat drama2 Korea ya teman2..aku sering banget liat..jadi penasaran pengen liat sungai yang di tengah2 kota ini...hihi..moga2 some day bisa jalan2 ke sana. Nah..putri duyung dalam cerita drama ini modern teman2..dia punya gagdet smart phone  yang canggih..yang tahan air..jadi dari dalam air dia bisa update kehidupan manusia di Seoul..yang penuh dengan hal2 yang dia impikan..misal aneka makanan..fashion..dll..sampai putri duyung juga terobesi dengan salah satu celebrity chef yang sangat ganteng dan berbody atletis seksi..serta terkenal. Nah..pas chef ini syuting acara masak di pinggir sungai Han..dia nggak sengaja jatuh ke sungai dan di selamatkan oleh putri duyung ini. Saking senengnya chef ganteng ini jatuh..langsung dech di cium sama putri duyungnya..hahaha..dan akhirnya setelah sadar dan selamat chef ini jadi ingat bahwa dia diselamatkan oleh seorang gadis dan gadis tersebut menciumnya. 

Gantian chef ini yang penasaran dan mencari2 keberadaan gadis misterius tersebut. Nah..situasi itu di manfaatkan oleh gadis jahat peran antagonisnya..yaitu assisten chef tersebut untuk menjebak hatinya..karena assisten terebut jatuh hati ke  chefnya. Dan..keseruan2 berlanjut..setelah putri duyung itu..pengen  jadi manusia beneran..setelah tau lewat smart phonenya, bahwa chef idamannya itu mencari2 dirinya..geer gitu nich si putri duyung..hihi. Jadilah dia harus mencari ramuan khusus yang bisa membuatnya jadi manusia..ke seorang putra duyung..hihi..bukan putri lho..tapi seorang ikan duyung jantan yang udah jadi manusia..lha ini yang meranin ikan duyung jantan ini juga..kocak banget,..bukan orangnya yang kocak..tapi karakternya. Kalau pemerannya sich..aku hafal..wajahnya sangar dan dingin..dia itu yang jadi pembunuh berdarah dingin..bodyguardnya Ratu Mi Sil di drama Queen of Seoendeok. Jadi kaget juga di drama ini wajahnya yang dingin dan aneh..jadi malaikat penjaga buat putri duyung cantik ini di dunia..jadi..super aneh tapi kocak banget..karena kontras dengan wajah sangarnya..haha. 

Selain itu casting yang aku suka..malah bukan pemeran utamanya yang ganteng2..tapi salah satu pemain di Saturday Live, acara komedi Korea tuch..yang sering ku tonton di Channel M, yaitu Kim Min Kyo..asli..dia berperan jadi salah satu teman putri duyung  di darma ini dan sangat menyegarkan suasana...dia cinta sepihak yang konyol sama putri duyung..jadi super kocak abis dech. Nah..setelah  berhasil jadi manusia ..akhirnya putri duyung ini tinggal di rumah kost dengan beberapa teman barunya dan harus mencari cinta sejati selama 99 hari , jika tidak maka dia tidak akan bisa jadi putri duyung atau pun jadi manusia  lagi. Singkat cerita..putri duyung ini akan memperjuangkan cintanya untuk chef pujaannya dan ingin jadi manusia sepenuhnya dengan berkerja di perusahaan yang di mana celebrity chef itu bekerja..jadi kebayang dech bakal seru perebutan hati chef ganteng ini oleh dua gadis..putri duyung yang menjelma jadi manusia ini dan assistennya yang licik..siapa yang akan berhasil mengambil hati chef ganteng nya..ya nonton sendiri ya teman2..soalnya aku barus sampai episode itu..nontonnya..hihi. 

Nah..di salah satu adegan drama ini ada satu adegan di mana putri duyung ini memimpikan makanan orang Korea yang sangat populer, yaitu spicy chicken..yang sering banget ya muncul di scene drama2 Korea. Nah...aku jadi ikut penasaran dech..gimana rasanya. Akhir langsung meluncur ke salah satu web Korea fav ku tadi..Aeris kitchen buat cari referensi resep..dan aku coba dech. Tapi tentu saja aku sesuaikan seleraku..karena kalau ikut resep..wah..sausnya bakalan manis banget kayaknya. Kalau aku.,.masih gurih manis, tapi masih nggak neg dech di makan. Ada gurih2nya juga..dan Yodha juga suka dech. Oh ya..ada banyak versi Korean Spicy chicken teman2..aku coba yang versi pakai tepung kentang pati / potato starch buat lapisannya ..karena lebih enak..jadi sebelum di balut saus..di lapisi tepung dulu ayamnya, lalu di goreng dulu hingga renyah kulit luarnya..hemm..jadi enak banget dech. Jadi ingat, sekarang ternyata banyak resto Korea dari berbagai kota yang order tepung kentang pati dari aku..ya mungkin salah satunya buat menu masakan ini kali ya. Untuk resep aslinya aku copiin nich teman..dari web Aeris..siapa tahu mau coba versi aslinya..yang memang asli dari Korea penulisnya. Nah..tapi aku sesuaikan selera dan bahan2 yang tersedia di Indonesia saja dech..kalau aku buat. Jadi,..ada beberapa bahan yang aku sesuaikan. Mau coba teman2..yukk mari..weekend..sambil nonton drakor..sambil ngemil spicy chicken wing ala Korea..duch..berasa ke sana langsung dech..hihi.

Yang ini resep aslinya ya :

Sweet and Spicy TongDak ( from Aeriskitchen )

Main Ingredients
  • 2 lb Chicken (About ½ Chicken)
  • ⅛ Cup Milk
  • ¼ tsp Salt
  • ⅛ tsp Black Pepper
  • 1 Pinch Ginger Powder (Optional)
Batter Ingredients
  • ¼ Cup Potato Starch or Cornstarch
  • ¼ Cup Frying Mix or Flour
  • ½ Tbsp Korean Curry Powder
  • 2 Pinches Salt
  • 2 Pinches Black Pepper
Sauce Ingredients
Directions
Combine 2 pounds of chicken, ⅛ cup of milk, ¼ tsp of salt, ⅛ tsp of black pepper, and 1 pinch of ginger powder (optional) in a bowl. Marinate it for about 10 minutes. This step (especially the milk) helps to reduce some of the bad chicken flavor.
If you don’t want to use milk to get rid of bad chicken flavor, here is another way to marinate the chicken; mix the chicken with 1 tsp of minced garlic, ¼ tsp of salt, ⅛ tsp of black pepper, and 1 pinch of ginger powder (optional). Add 2 Tbsp of water or cooking wine for some moisture.
To coat the chicken, mix the following in a big plastic bag: ¼ cup of potato starch or cornstarch, ¼ cup frying mix, ½ Tbsp of Korean curry powder, 2 pinches of salt, and 2 pinches of black pepper. Shake the bag to mix everything together.
Add all of the marinated chicken to the flour mix and shake the bag: so the chicken will be evenly covered with the powder.
Take out the chicken from the bag and set the pieces aside while the oil is heating. You will have some leftover flour mixture in the bag; save it for later. In this step, pour the cooking oil in a deep frying pan and heat it on high.
By the time, the oil becomes hot, the flour coating of the chicken will become soggy.
Coat each piece of chicken again with the remaining flour mixture right before frying them.
Drop a little piece of the flour mixture to the heated oil, if it floats immediately, the oil is hot enough to fry the chicken. Carefully put the chicken into the oil.
Fry the chicken on high for several minutes (8 to 10 minutes) until the pieces become light brown. We will fry them twice, so you don’t have to fry them too long in this step. Take out the chicken, drain the oil, and set the pieces on a kitchen towel.
For the second frying, fry the chicken in hot oil again for several minutes (5 minutes) until they become golden brown. This time, make sure that the chicken is completely cooked. You can take out one piece and cut it in half with a knife to check if it is cooked
Meanwhile, add all of the sauce ingredients together in a pan, except for the sesame seeds: ¼ cup ketchup, 3 Tbsp red pepper paste, 2 Tbsp corn syrup, 1 Tbsp sugar, 1 Tbsp minced onion, ½ Tbsp soy sauce, ½ Tbsp minced garlic, and ½ Tbsp cooking oil. Cook it on medium. You can use sugar instead of the corn syrup, and you can reduce the amount of red pepper paste if you do not like spicy food. 
Once the sauce starts to bubble, cook it for one more minute. The sauce amount is enough for only half of the chicken, so mix in half of the fried chicken into the sauce. Turn off the heat and cover the chicken with the sauce. If you want to season all of the chicken, double the sauce recipe.
Lastly, sprinkle 1 Tbsp of sesame seeds on top and mix.


Nah..kalau resep di bawah ini versi aku , aku adaptasi dari resep di atas..kayaknya lebih cocok buat lidah Indonesiaku..hihi.
Spicy Chicken Ala Korea

Bahan :
1/2 kg sayap ayam, potong dua bagian
wijen untuk taburansecukupnya
150 gram tepung kentang pati ( potato starch ) , campur dengan 1/8 sendok teh merica bubuk dan kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh . Atau garam sesuai selera.

Bumbu perendam :
100 ml air
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1 sendok makan saus tiram
1/4 sendok makan merica
2 siung bawang putih cincang halus
2 cm jahe, geprek
1/2 sendok teh gul apasir

Saus Pedas :
2 siung bawang putih, halsukan
3 butir bawang merah, haluskan
3 sendok makan saus pedas
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan madu 
1/4 sendok teh merica bubuk
Sedikit saja garam
air 50 ml

Cara membuat :
Rendam sayap ayam dalam bumbu perendam selama 30 menit. Tiriskan. 
Panaskan minyak goreng agak banyak sampai benar2 panas
Gulingkan ayam ke tepung pati kentang sambail di tekan2 agar tepung menempel sempurna di ayam, ketok2 an kelebihan tepung. Goreng di minyak panas hingga matang dan kering luarnya.

Saus :
Tumis bawang merah dan putih halus sampai matang dan harum, masukkan air, dan semua bumbu lain. Aduk rata, dan koreksi rasa. Jika sudah pas seusai selera pedas manisnya..masukkan ayam, aduk hingga saus menyelimuti ayam. Sajikan hangat dengan taburan wijen. " Hemm....delicious..! " kata Yodha..sambil nengok ke komputer pas aku buka web nya Aeris Kitchen..dan liat hasilnya sama..wah..sama kayak yang di Korea..katanya...hihi padahal bumbu2 ala Indonesia sich. Ayam pedas ini paling enak di cemal cemil aja ya  teman2..bukan buat lauk...^^


11 comments :

  1. Haloo mbak didi....saya irena sejak bbrpa minggu lalu nemu blog ini krn suka sama resep2nya...eeh trnyata d baca2 seru baca blog mbak *resepnya terutama*...dan trnyta mbak tinggal di Semarang juga...makasih ya mbak udah berbagi macam2 hehee...jadi blog fave skrng, tiap posting selalu penasaran masakan apa lagi yg di buat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Irena..salam kenal juga ya mba..mskh udah sering mampir ke dapurku ya..:)

      Delete
    2. Mba irena disemarang dmana beli bumbu bumbu koreanya... Saya tinggal di BSB

      Delete
  2. Mba diah ... wijenkalo di bikin garnish..wijennya itu di goreng dulu atau mentah gitu sih menyajikannya ...? Thanks mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma dikit mentah aja ndak pa2 mba..enak kok..kalau di goreng kan ribet ya..kalua cuma dikit..hihi.

      Delete
  3. mbak...ada alternatif lain selain pake tepung kentang gak ya???soalnya di tempatku susah cari tepung kentang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai tapioka mba..tapi ya beda hasil dan kresnya ya :)

      Delete
  4. Mba diah resepnya seru2 :) mba kalo mau tau jenis tepung yg mba jual gmn? Ada pin bb'kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..mskh ya..email aja mba di bundadidi@gmail.com..kebetulan nggak pk BB :)

      Delete
  5. naah~ ini dia mba DD yg aq tunggu.. favorit bgt sm spicy wings yg satu ini, bhkn stiap kali k korean resto pasti menu ini sllu ada d daftar pesananku.. :D kbetulan potato strach yg aq beli dr mba DD jg msh utuh :), sejak punya potato strach pengen nyoba bkin sndri, tp browsing2 resep blm ada yg pas, sllu pake 'sesuatu' dr korea entah itu saus ato apalah :D & susah nyarinya, jadinya kan bingung mw d ganti bahan lain apa.. hihi. seneng bgt mba DD posting resep ini,bahannya gampang dicari semua.. gak sabar ni pengen nyoba, tu potato strach kayaknya udh manggil2 minta di olah.. :D :D
    -Rima, Kulon Progo-

    ReplyDelete
  6. Hi mba Rima..wah ayukk di coba.sayang tepungnay di anggurin..hihi. Bs buat cookies jg amba..enak..atau buat goreng jamur dll ya..:)

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel