Thursday, December 18, 2014

Tips Memilih Terasi Yang Enak


Sambel terasi fresh..merah menggoda ala warung penyetan di atas..siapa yang bisa menolak ya teman2. ayuk ya suka terasi tunjuk jari..hihi. Aku dech pertama ngacung..lha emang penggemar berat sambel terasi. Aroma dan rasa sambel terasi itu..sungguh menggoda selera makan. Jadi..jika pas nyambel terasi..lebih baik sediakan nasi secukupnya saja ya teman2..lha dari pada nambah terus makannya..hihi.

Beberapa teman minta di fotoin penampakan terasi Juwana yang aku jual..jadilah tadi pas nyambel terasi aku ingat..dan sekalian di foto dech terasinya. Jadi terasi Juwana yang aku jual ini..langsung dari produsen dari Juwana, Jawa Tengah  teman2, yang memang terkenal sebagai salah satu penghasil terasi terbaik. Kebetulan tetanggaku..itu keluarganya di Juwana produsen terasi. Nah..Di Semarang, terasi produksi Juwana ini di setor untuk toko oleh2 terkenal di sepanjang jalan Pandanaran semarang itu lho teman2..dengan brand mereka. Alhamdulilah sejak aku bantu pemasaran online melalui web ku ini..laku banyak juga terasinya..jadi..lumayan membatu pengrajin terasi tradisional dech. Jadi..jika aku sering ngulas produk jualan..maaf ya teman2..yang penting niatnya bisa membantu para umkm...memasarkan produk2 unggulan Jawa Tengah..dan alhamdulillah membantu ibu2 juga kan ya..yang butuh produk2 unik dari Jateng sini..ya siapa tahu di daerah teman2 lain nggak ada yang jual..hihi. Jadi..yang penting nggak merugikan orang lain dech prinsipku..Insyaallah jadi berkah.


Nah ini dia penampakan terasi Juwana ya aku jual ya teman2..asli terasi udang,  aromanya segar khas terasi..nggak bau nyengat aneh atau terlalu. Jika di buat sambel..duch enak banget..hihi. Tapi bukan cuma kau lho yang bilang enak..teman2 yang udah coba juga bilang enak. Dulu awal2 mau milih terasi dari beberapa umkm ini aku sampai minta di cicip sama beberapa teman2..dan rata2..pada suka yang dari Juwana ini. Terasi yang enak itu di buat dari udang rebon segar dengan proses yang lumayan panjang, karena perlu masa fermentasi juga teman2. Jadi..jangan takut ya..terasi itu nggak di buat dari produk2 sisa hasil laut kok..tapi ya beneran dari udang, yang di rebus, di jemur setengah kering, di tumbuk , tambah garam, jemur lagi..tumbuk lagi , terus di padatkan dan di fermentasikan dalam jangka awaktu tertentu..jadi aromanya bisa khas, sedep gurih dan  unik khas terasi.


Nah..bagaimana sich cara memilih terasi yang bagus dan enak..mari kita simak tips2 berikut ya :
  • Terasi yang enak..aromanya itu segar..khas terasi..bukan aroma nyengat yang terlalu atau aroma aneh ya teman2.
  • warana terasi juga coklat kehitaman, jika warna ke ungu2 an atau kemerahan, biasanya pakai  pewarna lho.
  • Bentuk terasi itu padat , kering, tapi mudah di cuwil..hihi..bahasa Indonesianya di cuwil : di towel pakai tangan..hihi.
  • Jika di pegang tangan tidak berbekas. Jika berbekas biasanya pakai pewarna terasinya.
  • Karena terasi ini penyedap alami, maka ketika di pakai untuk memasak, tentu saja membuat masakan jadi sedep dan enak, jika rasa masakan malah aneh..ya berarti terasinya kurang bagus...hihi.
Tips untuk menyimpan terasi, simpan di wadah kedap udara ya teman..dan jika mau di simpan dalam jangka lama..masukkan ke kulkas ya. Mau di simpan lama lagi..bisa masuk freezer..hihi. Oke..segitu dulu ya info tentang terasinya teman2..sekarang..silahkan cicipi sambal terasinya ya..yang atas itu sambal terasi ala penyetan..resep sudah pernah ku share di SINI. Sedang di bawah ini..sambal terasi ndeso..atau sambal terasi matang yang di masak hingga tanak , jadi awet buat di simpan buat stock sambal terasi di rumah. resepnya..sudah ada juga dong..klik di SINI ya...teman2.  Semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya.




12 comments :

  1. di cirebon sini ada mbah2 yg jual terasi mba, aseli homemade. Jd gak ada labelnya, mbungkusnya ajah pake klaras (daun pisang kering). Hmmmm... Nikmat bgt mba, pancen jauh beda sm yg kemasan yg diiklanin di tipi2... Hihi... Tanpa pengawet, asalkan kalo mau disimpen dijemur + digarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama mba Lina..terasi Juwana yang aku pakai ini juga nggak berlabel..karena di jualnya blok blok an gitu dech..atau kiloan..nah giliran udah masuk toko oleh2..di labeli sama brand tokonya..harganya jadi selangit..hihi.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nasi anget, ikan goreng, kangkung tumis, sambel terasi, wuiissss manteb mbak :D

    ReplyDelete
  4. halo mba diah, duh sipp banget ulasan tentang terasinya, selama ini memang gampang2 susah milih terasi yang enak yah...... oh iya mbak, kalo tipsnya ibuku, terasi itu semakin enak kalo fermentasinya semakin lama kayak wine gitu ya mungkin... jadi terasinya dibiarkan di tempat terbuka sampe keluar jamur berwarna putih.... heumm. rasanya semakin joss mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..mksh tipsnya..wah iya..jadi makin enak kali ya..semakin lama di simpan..:)

      Delete
  5. mba diah mau dong pesen terasi nya giman cara nya mba

    ReplyDelete
  6. Aku juga mau dong trasinya bisa kirim kepalu g mbak ? Apa ada nomor telpon bisa dihubungi ?

    ReplyDelete
  7. Untuk pemesanan bgm mba..bisa minta contact hp nya..tlg di balas ya mba.tks

    ReplyDelete
  8. Teman2 yang mau order sms atau wa ke 089654712500 ya :)

    DD

    ReplyDelete