Tuesday, December 23, 2014

Potato Hotteok


Menepati janjiku ke teman2..akhirnya tadi aku bikin Korean filled pancake..atau hotteok teman2. Nich dia hasilnya..uenak dech..tak kalah enak sama yang aku beli di Kampung Semawis dulu..seharga 9 ribu rupiah per biji. Setelah bisa buat sendiri..suruh beli 1 biji segitu..ogah ah..hihi. Mak Irit....bikin sendiri..puas makan hotteok..1 adonan bisa jadi 15 hotteok lebih tadi..hihi.

Akhirnya bisa menikmati hotteok hangat di rumah..wah senang sekali. Sayangnya lagi nggak punya dvd drama korea yang baru dech. Aku kemaren beli beberapa..tapi kok rada kuciwa..kurang greget gitu ceritanya..yang apa ya..Fated I love U, sama beberapa lagi..wah..kok monoton dech ceritanya..dan si ganteng  Jang Hyuk, rada aneh castingnya..padahal aku suka dia lho..tapi kalau main drama2 yang dia berperan jadi..cowok cool..atau berandalan...atau agen khusus kayak di Athena..atau gangster sekalian gitu..malah cocok..hihi. Lha di drama yang main sama Jang Nara ini.. si Mas ganteng ini malah konyol perannya..nggak cocok bingits dech sama wajah cool nya.

Akhirnya daku cukup puas menikmati hotteok sambil nonton Mas Joo Sang - Wook..haha. Tapi ceritanya ki tentang detektif yang cool dan dingin gitu..tapi pinter banget mecahin kasus2 kejahatan rumit di Korea. wah..sejak suka nonton Hero..Vampire prosecutor..jadi suka dech nonton drama kayak Ten..ini di channel M..hihi. Seru..soalnya penuh ketegangan..dan alur ceritanya..nggak mudah di tebak...kayak drama2 romantis biasanya. Tapi besok minggu tetep   hunting yang baru lagi ah..dvd drakor..siapa tau dapat yang bagus ceritanya. Buat malam tahun baruan..kalau nggak keluar. Tapi kayaknya mending keluar dech..kalau malam tahun baru..soalnya..tetanggaku kiri kanan heboh pada karaoke an sampai pagi biasanya kalau tahun baru..mana pakai sound sistem kayak hajatan gitu teman2..hihi..jadi lebih baik ngungsi aja besok malam tahun baru..daripada nggak bisa tidur kayak tahun kemaren.

Halah..mau cerita soal hotteok..mesti dech melantur ke mana2..hihi. Oke dech ini dia hasil hotteok yang aku buat yang teman2. Setelah reset dari beberapa blogger Korea ternama..taulah aku..adonan roti hotteok ini sangatlah lembut..lebih lembut dari adonan roti biasa yang di panggang..makanya bisa matang dengan cepat..waau cuma di panggang di atas pan dengan sedikit minyak. Membuat adonannya mudah sekali..nggak perlu repot2 banting2 adonan kayak bikin roti atau donat bisa..cukup di aduk saja..di uleni sebentar..jadi dech. Adonan memang agak lengket2..tapi nggak masalah..mudah di bentuk kok , asal tangan di olesi minyak. Sayangnya tadi aku baru uji coba pertama..kan belum tau bakal sukses apa nggak..jadi nggak ku foto step by stepnya. Ternyata langsung sukses..hotteokku empuk sekali. Apalagi adonan ku tambah kentang..wah lha tambah empuk dan enak banget. Jadi bisa makan hotteok yang empuk dan enak dech, pas turun hujan pula..asyik. 

Tapi karena males ngukus kentang dan cuma butuh dikit..aku pakai tepung kentang seduh aja dech teman2..tinggal seduh air panas, beres dech..jadi lebih mudah dan praktis. Karena untuk hotteok ini nggak perlu di uleni lama2 adonannya..jadi perlu campuran yang lembek saja kentangnya. Jika mau bisa pakai kentang kukus biasa ya...tapi jangan terlalu keset kentangnya kukusnya nanti susah nyampur di adonan..kalau mau bisa pakai labu kuning aja yang lembek ya jika di kukus.

Ok dech ini dia resep Hotteok hasil mofifikasi aku dengan tambahan kentang ya teman2..:) aku adaptasi dari Korean Bapsang yang aslinya pakai labu kuning. Jadi teman2..yang mau coba pakai labu kuning juga bisa lho. Aslinya lagi resepnya pakai tepung ketan juga. Tapi aku suka versi original yang dari terigu saja..jadi ini dia modifikasi ala aku ya teman2.

Potato Hotteok

Bahan :
2 1/2 sendok teh ragi instan
1/3 cup air hangat suam2 kuku
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan minyak
Aduk rata semua bahan di atas, diamkan 10 menit hingga berbusa. ( artinya raginya bagus dan bekerja dengan baik jika berbusa )

Bahan lain :
1 3/4  cup tepung terigu protein sedang
3/4 tepung ketan ( aku nggak pakai, ganti tepung terigu protein sedang juga )
1/2 cup kentang kukus lumat yang agak lembek ( aku pakai  Tepung Kentang seduh yang aku seduh agak lembek agar lebih mudah tercampur di adonan )
1 sendok teh garam
1/2 cup susu cair hangat

Cara membuat :
masukkan tepung terigu, kentang lumat, susu cair, garam  ke mangkuk yang berisi air ragi yang sudah berbuih, aduk rata dan uleni hingga tercampur rata. Adonan memang agak lengket tapi lembut, nggak masalah.
Tutup dengan plastik , diamkan 1 jam di tempat yang hangat agar mengembang dua kali lipat.
Kempiskan adonan, uleni rata sebentar agar  gas di adonan terbuang. Bentuk bulat2 kecil sesuai selera. diamkan lagi agar mengembang kembali sekitar 10 menit. Ambil satu bulatan adonan. Pipihkan beri isian secukupnya.
Goreng di pan datar dengan sedikit minyak saja..sambil di tekan2 dengan sutil kayu pakai irus ( sutil kayu ) saja.haha. Lha nggak punya alat khususnya. Tetep cantik kok hasilnya..teman2..walau cuma pakai irus nekan2 adonannya..hihi.

Tips :
  • Membentuk dan menggoreng hotteok ini harus cepat ya teman2..karena ragi di adonan akan  berkembang terus..jika di diamkan dalam suhu ruang dalam waktu lama nanti akan over proofing..jadi lebih baik gunakan pan yang agak lebar..agak bisa muat beberapa sekali goreng. Tapi jika pakai pan kecil..simpan dulu adonan sisanya di kulkas..agar raginya sedikit terhambat ngembangnya.
  • Selain di isi brown sugar, hotteok ini enak di isi coklat juga. Tadi Yodha habis 2 biji dech isi coklat atau pasta kacang merah, kacang hijau, nuttela..dll tak kira enak juga dech.
  • Hotteok ini bisa di simpan di freezer setelah matang. Jika mau makan tinggal di panaskan sebentar pakai microwave dech atau biarkan suhu ruang, lalau panggang lagi sebentar.
  • Untuk takaran pakai cup ukuran khusus dapur ya teman2..jika tidak punya..liat takaran konversinya di SINI..udah pernah ku ulas dulu ya.
 



Aslinya alat untuk menekan hotteok nya kayak gini nich teman2..tapi kalau aku cukup pakai irus saja..hihi. Hasilnya cantik juga kok...hihi *





13 comments :

  1. Semacam.wingko gitu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda jauh ya..:D..Wingko dr kelapa..ini kayak roti isi tapi di goreng..:D

      Delete
  2. Replies
    1. Ya mba ayukk di coba ya..jk beli diSemawis 1 biji 9 rb lho..hihi

      Delete
  3. Diisi keju cheddar parut kayaknya enak deh mbak...pengen nyoba, gampang kayaknya..Eh kalo pake kentang flake 1/2 cup jugakah mbak? ato 1/2 cup itu kentang flake yang udah diseduhnya?-any-jogja-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba jk suka pasti enak..:) yang udah di seduh agak lembek ya mba..terus di takar 1.2 cup rata ya..:)

      Delete
  4. Kalau pake labu kuning ukurannya brp byk mbak? Mau coba hehe

    ReplyDelete
  5. Mbak kalo pakai tepung kentang, perbandingan tepung kentang sama airnya berapa ya biar kelembekannya pas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal 50 gram itu 150 an ml gitu mba airnya ya..terus di takar pakai cup ya..:)

      Delete
  6. Mba diaah mau ty :) klo konversi air ke cup itu brp ml mba jdnya?? Maacih byk mba diaaah :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. cb di search di pojok kanan atas udah pernah ku tulis lengkap ya..kira2 250 ml

      Delete
  7. Mbak beli tepung kentangnya dimana? :D

    ReplyDelete