Wednesday, December 3, 2014

Kupat Tahu Bumbu Kacang



Waktu belanja ke pasar dua hari lalu, begitu lihat ada penjual ketupat langsung beli dech. Aku memang suka sekali kupat..atau ketupat dalam bahasa Indonesianya. Apalagi di pasar termasuk langka , kadang ada yang jual, kadang juga tidak, kecuali mau Lebaran yang biasanya banyak. Nah...jadi kalau lihat kupat di pasar ya langsung beli aja..walau belum terpikir mau di buat apa. Kemaren mau coba lontong sayur ala Padang..tapi bahan2nya kok nggak lengkap. Lihat di kulkas..cuma ada taoge dan tahu serta sayuran..langsung  kepikiran buat tahu kupat aja. tapi..tahu kupat bumbu kecap dengan beragam variasi..ala Magelang atau ala Yogya sudah banyak aku posting resepnya dan sudah sering sekali buat itu..jadinya pengen sesuatu yang beda gitu bumbunya. 

Akhirnya kemaren kepikiran kupat tahu bumbu kacang  saja..seperti kupat tahu Magelang tapi versi lebih banyak bumbu kacangnya. Jadinya..ya enak itu..hihi...apa karena aku memang penggemar makanan satu pinggan yang komplet, padat isi seperti ini..jadi menurutku..mau bumbu kecap encer..atau bumbu ala Magelang..ataupun bumbu kacang ini..semuanya..enak..walau jadinya kayak bumbu gado2 atau bumbu tahu gimbal Semarang..hihi. Apa aja dech..yang penting enak..! ^^ 

Untuk membuat tahu kupat yang enak..tipsnya tahunya yang enak ya..teman2..aku biasa pakai tahu Cina atau tahu sutra khas daerah Bandungan Semarang sini. Tahunya lembut enak dan nggak asam. Jika pakai tahu pasar biasa, kadang2 sedikit asam ya karena kelamaan di rendam di air. Ada tips kok cara menghilangkan aroma asam tahu. Yaitu dengan cara merebusnya di air mendidih yang di beri sedikit garam, sebentar saja, lalu tiriskan , maka aroma asam tahu akan berkurang.

Oke, ini dia resepnya ya..jika teman2 mau coba di rumah  buat menu makan siang nanti mungkin..selamat mencoba ya ^^
Kupat Tahu Bumbu Kacang

Bahan :
2 buah tahu Cina ukuran sedang
2 buah kupat / ketupat
2 buah bakwan sayur
2 lembar kol, iris halus
50 gram taoge pendek, rendam air panas sebentar
Bawang goreng, sledri atau kucai secukupnya

Bumbu halus :
3 cabai merah besar, goreng utuh
2 cabai rawit merah, goreng utuh
2 siung bawang putih, goreng utuh
1 lembar daun jeruk
100 gram kacang tanah, goreng , haluskan
1/2 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Ulek cabai dan bawang putih, gula merah dan garam serta daun jeruk, masukkan kacang dan air panas secukupnya..hingga jadi adonan saus. Kekentalan sesuaikan selera saja ya teman2. Kalau aku suka sedang saja kentalnya, jadi lebih terasa segar kuahnya.
Susun potongan kupat dan pelengkap lain di piring, siram dengan saus kacang, sajikan dengan kerupuk kanji jika suka.







2 comments :

  1. Mba, jadi inget kupat tahu pojok magelang.
    Tapi kalau dilihat gambarnya, kayak tahu campur Semarang ya, mba..

    ReplyDelete
  2. Hihi..iya mba..ini aliran campur2 tahu kupatnya...:D

    ReplyDelete