Monday, December 29, 2014

Singkong Presto Goreng Sambal Terasi



Wuaa..maaf ya teman2..kemaren absen posting 1 hari..hihi. Soalnya mendadak pulang kampung alias mudik. Lha tiba2 di telp Kakak di Yogya..katanya Eyang Yodha *gerah..alias sakit..anak2nya suruh pulang semua..langsung tanpa pikir panjang pulang dech..kakak2 lain yang di luar kota juga pulang semua. Jebule..alias ternyata cuma kangen anak cucunya..hihi. Lega dech..jadi..di Yogya cuma 1 hari satu malam..langsung balik lagi Semarang..karena banyak tanggungan kerjaan..huhu. Padahal..biarpun bermacet2 ria..karena musim liburan nich..kalau nggak banyak kerjaan ya pengennya lama di Yogya..hihi. tapi karena bukan tanggung jawab banyak yang harus segera pulang. 

Kemaren cuma sempat ke pasar tradisional di deket rumah..beliin krecek rambak pesanan teman2 yang kemaren kehabisan..nich udah ready lagi krecek Yogya yang empuk dan lembut jika di masak. Terus ke toko peralatan dapur, toko Progo..ke Yogya City Mall yang baru tuch di Jalan Magelang sebentar..cuma coba2 outlet kulinernya sich..hihi..nggak belanja..lha kalap belanjanya malah pas di pasar..nemu aneka perkakas antik jadul ya langsung di borong semua..buat properti photo. Giliran liat baju2 bagus dan sepatu2 merk..kok ya lewat saja..hihi. Dasar passionnya itu udah beda..kalau dulu jaman masih muda..sukanya hunting baju dan pernak pernik penampilan..sekarang lebih suka pernak pernik dapur...hihi.

Nah..karena baru datang tadi malam nich belum sempat masak apa2..tapi mendung2 kok pengen nyemil..sambil sibuk lembur packing tadi..jadilah lihat di kulkas..masih ada singkong presto yang aku buat Sabtu lalu. Wah enak dech di goreng akhirnya. Dan anehnya aku makan singkong goreng presto ini pakai sambal terasi..hemm enak banget lho teman2..makan singkong goreng anget yang empuk dalemnya tapi renyah di luar ini pakai sambal terasi. Aneh..tapi enak..hihi. Tapi ya nggak aneh2 banget kan ya teman2..lha ada kan ya..yang unik juga..di Manado..makan pisang goreng juga pakai sambel..hihi.

Singkongnya aku presto..gara2 dapat singkong masih agak muda. Kalau muda tuch singkongnya susah mekar jika di rebus biasa..jadi perlu di presto...biar bisa bisa empuk. Ciri singkong muda itu jika kita rebus udah 30 menit belum mekar alias masih *mbagel* atau *kenyoh kenyoh*..hihi..*bahasanya*..alias keras dan nggak bisa  mekar dan empuk teman2. Nah..dengan bantuan panci tekan atau panci presto..bisa empuk juga akhirnya..dan pas di goreng jadi bisa garing di luar..lembut di dalam singkongnya. Tapi jika singkongnya kuliatas bagus dan sudah tua..ya nggak perlu di presto nggak apa2 teman2. Biasanya 15 menit aja udah mekar di rebus biasa.

Ok dech mau coba menu sederhana tapi uenak ini..yukk cari singkong dulu di pasar ya. Dan ingat..singkong yang bisa empuk dan mempur jika di oleh yaitu singkong yang bagian kulit dalamnya berwarna pink ya teman2. Enak dech di buat singkong goreng yang di rebus atau di presto dulu gini..karena jadi empuk dan lembut, tapi kriuk2 garing luarnya. Yodha yang biasanya *alergi* singkong aja..jadi doyan..hihi. Selamat mencoba ya teman2..cocok nich buat menu tahun baru nanti..murah meriah..enak..dan super ndeso..karena bukan di cocol saus atau mayones..tapi di cocol sambal terasi aja..hihi.
Singkong Presto Goreng Sambal Terasi

Bahan :
1 kg singkong, potong2 sesuai selera
Air secukupnya hingga singkong terendam
Garam 1 sendok teh

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke panci presto, masak kira2 30 menit. 
Goreng hingga matang, garing di luar dan renyah di dalam
Sajikan dengan sambal terasi matang, resep liat di SINI ya sambalnya.

Tips :
Jika mau lebih gurih , sebelum di goreng bisa di rendam bumbu lagi, yaitu garam, bawang putih halus, dan ketumbar secukupnya.
Jika mau di sajikan tawar, bisa juga di celup coklat leleh kali ya..anak2 pasti suka..hihi..jadi singkong coklat dech.
Jika nggak ada panci presto..pilih singkong yang tua dan kualitas bagus agar bisa empuk di rebus biasa.


10 comments :

  1. Bener Mba singkong anget2 dicampur keju dan susu coklat enak bingit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..Yodha biasanya nggak mau singkong..kalau di cocol saus coklat jd mau..hihi

      Delete
  2. Sy biasa bikin cemilan spt ini krn adik2 d rumah suka dg singkong yg direbus dulu baru digoreng krn hasilx akan krispi d luar n lembuut d dlm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentul mba ..memang enak banget ya.nggak kalah sama kentang goreng ya..:D

      Delete
  3. ooh ternyata supaya empuk di presto dulu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya singkongnya muda Mak..kalau udah tua dan mempur ya di rebus biasa aja bisa empuk juga..:)

      Delete
  4. Mbak mau nanya nih,,kenapa ya .saya masak singkong itu kalau udh dingin singkong nya keras lagi,tegang gt,,padahal pas panas empuk,,,,apakah itu singkong muda ya,,bagi tips nya mbak u sin kong tua yg kyk mana ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu mba..mungkin dapat singkong yang mudah..kayak punyaku..jadi di rebus lama pun nggak bisa empuk..:) Coba cari singkong yang bagian dalamnya berwarna pink mba..dan nggak berair jika di parut..itu tandanya singkong udah tua..dan bis aempuk jika di rebus...:)

      Delete
  5. Mba didiiii beli perkakas apaan n di pasar apa ? Dipoto dong mbaaa..... oya ke progo nya kapan ? Kok gak ketemu.. aku tgl 27 nya kesana, pulangnya macettt cettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu kmrn mba..aku ke Progo..hihi. Eh aku dapat mangkuk2 jadul..piring blek jadul..teko jadul..dll..hihi. Iya pasti ku fotoin buat properti foto kok..:)

      Delete