Thursday, December 11, 2014

Maxim Ecopan Dari Lazada, Panci Serba Guna Bebas PTFE dan PFOA



Memenuhi janjiku kemaren kepada teman-teman..hari ini aku akan posting tulisan khusus tentang Maxim Ecopan..yang sebelumnya udah aku uji coba untuk aneka masakan dan postingan resep-resepnya sudah aku posting di SINI ya. Nah..kali ini giliran membahas pan nya secara khusus. Karena..aku suka dech jika punya *gadget* dapur baru yang oke..jadi ingin berbagi info juga buat teman-teman. Semoga bermanfaat ya ulasanku berikut tentang Maxim Ecopan..salah satu koleksi  peralatan dapur dari  www.lazada.co.id ini.



Dari dulu aku memang sedikit sekali koleksi pan anti lengket, aku cuma punya dua pan anti lengket untuk sekedar membuat dadar atau crepes yang memang perlu anti lengket. Tapi untuk masakan sehari-hari yang sering di pakai lebih sering pakai alat masak satu set berbagai macam dari stainless steel. Karena lebih tahan banting dan aman untuk sehari-hari membuat aneka masakan. Tapi kadang-kadang kendala lengket misal untuk menggoreng..itu yang membuatku jadi kembali melirik pan anti lengket untuk menambah koleksi alat dapur. dan alhamdulillah..sekarang aku punya Maxim Ecopan ini sekarang. Maxim Ecopan ini..adalah pan anti lengket yang bebas PTFE dan PFOA, jadi tenang dech , karena bisa di pakai untuk masakan sehari-hari. 

Apa itu PTFE dan PFOA..pasti tahu dong teman-teman..itu adalah zat zat kimia yang di pakai untuk lapisan anti lengket pada teflon biasa. Penelitian menemukan bahwa kandungan zat kimia yang terkandung di dalam wajan anti lengket biasa yaitu Ammonium Perfluorooctanoate (APFO) atau Perfluorooctanoic (PFOA) yang mengganggu lingkungan..yang biasa di gunakan bersama dengan PTFE. Kalau pemakaian hati-hati dan nggak terlalu sering ya aman-aman saja ya..tapi akan berbahaya..jika lapisan itu sampai terkelupas teman...karena mengandung logam yang berbahaya seperti mercuri dan zat PFOA yang bersifat karsinogen. Makanya setelah tahu Maxim Ecopan ini non PTFE dan PFOA dan ramah lingkungan sesuai dengan visinya..aku sangat senang dech untuk mengulasnya di sini.

Maxim Ecopan ini lapisan anti lengketnya berbahan dasar keramik dari Jerman, jadi sangat aman di gunakan untuk aneka masakan sehari-hari. Ecopan ini juga ramah lingkungan , karena hanya sedikit sekali mengeluarkan CO2 ( karbondioksida ) selama proses pemasakan. Dengan bahan utama Alumunium dan stainless steel, membuat Ecopan ini juga lebih kokoh dan kuat di banding dengan pan anti lengket lain. Designnya juga cantik dan modern..jadi sangat manis untuk di pajang di dapur..hihi. Tentu saja nggak cuma buat pajangan teman2. Ecopan ini multi fungsi. Karena bentuknya yang besar dan lebar, serta dalam, jadi selain untuk membuat tumisan, masakan, untuk memanggang, bisa buat merebus juga, dan yang paling aku suka..bisa buat menggreng deep frying. Deep frying adalah teknik memasak bahan makanan dengan menggunakan minyak banyak sehingga bahan makanan benar-benar terendam minyak. Biasa..aku kan paling suka masak yang di goreng-goreng teman..jadi dengan Maxim Ecopan ini..menggoreng makanan dengan cara deep frying seperti ayam goreng krispi, donat, kentang goreng, bakso goreng dll..jadi lebih mudah dech sekarang. Bahan yang di goreng bisa matang sempurna dan nggak mudah gosong. 

Sering dech aku dapat email atau keluhan dari teman-teman yang mencoba resep-resep ku di web ini, karena ada yang mencoba , misal goreng donat, atau roti goreng kenapa cepat gosong, dalam belum matang dll. Itu karena pemilihan wajan atau alat penggorengan yang kurang tepat teman-teman. Misal..memakai penggorengan yang tipis..otomatis..akan sangat mudah panas jika di buat menggoreng, jadi lebih cepat menyebabkan masakan gosong, tapi bagian dalam belum matang. Kalau pilihan peralatan menggoreng tepat, contoh seperti Maxim Ecopan ini..makan hasil gorengan akan lebih sempurna. Matang sempurna sampai bagian dalam, warna luar gorengan juga cantik..nggak cepat gosong, karena pan ini sangat bagus menghantarkan panas yang stabil selama proses memasak. Walaupun api kecil..tapi panas yang di hasilkan bisa maksimal. Duch..jadi jatuh cinta dech sama Maxim Ecopan ini..next time mau nabung ah..buat beli koleksi lainnya di Lazada Indonesia..hihi.

Tips untuk merawat pan anti lengket seperti Maxim Ecopan ini, jika selesai di pakai , biarkan dulu ya teman..hingga suhu dingin, baru di cuci, jangan langsung di cuci ya dalam kondisi panas ya teman - teman. Untuk mencucinya selalu gunakan spon yang lembut, jika ada sedikit spot2 noda bekas memasak atau sisa bahan yang tertinggal di dasar panci, bisa di hilangkan dengan air jeruk nipis atau cuka, lalu bilas hingga bersih. Jangan gunakan cooking spray untuk memasak memakai ecopan ini ya teman-teman, karena akan mudah terbakar dan terkarbonisasi lapisan keramiknya. Untungnya di Indonesia..cooking spray itu nggak begitu populer ya teman-teman..karena kita terbiasa pakai minyak goreng atau margarin ya untuk menumis atau mengoles pan anti lengket. Selain itu gunakan juga sutil dari kayu untuk mengaduk masakan. 

Hindari juga pemakaian Maxim ecopan dengan panas yang tinggi terlalu lama ya..apalagi tanpa pengawasan alias di tinggal tinggal..wah..sayang dong teman-teman, nanti pan cantiknya jadi buruk rupa..karena gosong kan..hihi. Kalau hanya untuk memanggang sebentar dengan panas tinggi nggak apa-apa. Tapi kalau untuk memasak..pakai api kecil atau sedang saja..sudah bagus kok menghantar panasnya. Simpan Ecopan ini terpisah dari peralatan dapur yang tajam-tajam ya teman..jika perlu bisa di gantung terpisah di dinding dapur..bisa sekalian jadi hiasan dan dekorasi dapur kan..hihi..karena bentuknya yang cantik dan modern.

Nah..itu tadi kelebihan Maxim Ecopan ini teman2, jadi kesimpulannya..pan ini rekomended dech karena :
  • Multi fungsi, bisa untuk memasak harian, menumis, merebus, memanggang, sampai menggoreng dengan cara deep frying. Jadi cukup modal satu pan ini cukup dech untuk memasak aneka masakan..jadi hemat tempat di dapur kan..hihi.
  • Memudahkan dalam memasak,  karena anti lengket dan mudah di bersihkan.
  • Ramah lingkungan, karena terbuat dari alumunium dan besi yang recyclable.
  • Bebas PTFE dan PFOA, karena bagian dalam pan terbuat dari lapisan keramik yang lebih aman   dan sedikit sekali mengeluarkan CO2.
  • Ukuran besar, lebar dan dalam, jadi bisa muat banyak masakan atau bahan yang di masak, jadi lebih hemat waktu dong, misal, menggoreng kentang goreng, jika pakai pan bisa yang kecil atau yang pendek ukurannya kan terbatas jumlah kentang yang di masukkan..jadi musti bolak balik menggoreng, nah kalau pakai Maxin Ecopan ini..bisa menggoreng dalam jumlah banyak sekali goreng, jadi hemat waktu dan gas juga kan teman2..hihi.
  • Design yang manis dan modern , warna warni cerah bagian luarnya..jadi bisa buat hiasan dapur nich..hihi.
  • Mudah di peroleh, Maxim Ecopan ini mudah di peroleh di situs belanja terpercaya yaitu di Lazada Tinggal pesan online..barang di antar ke rumah kita dech. Packaging sangat bagus, rapi dan aman...serta bisa COD..asyik kan teman-teman..jadi nggak perlu capek ke luar rumah. 



Oke..semoga bermanfaat ya teman2..sedikit reviewku tentang Maxim Ecopan dari Lazada. ini. Semoga bisa sedikit memberi informasi ya untuk teman2 yang lagi mencari alat2 masak yang berkualitas dan aman untuk keluarga. Happy cooking..! ^^





6 comments :

  1. Harganya brp mb Didi.. coz kmrn smpat searching di Lazada, ternyata bnyk mcmnya... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..klik aja tulisan Lazada yang warna merah muda paling bawah itu mba..langsung menuju ke link keterangan pan dan harganya.

      Delete
  2. Weiss dah...mbak Diah ini...mengen2ni aja...hihi. Jadi tertarik deh pengen punya juga tuh Maxim Ecopan. Asyik ya mbak punya satu pan tapi multifungsi. Di dapur aku sudah punya 2 pan dari maxim, satu utk bikin kulit risole dan dadar2an, satu lag utk tumis2an. Sepertinya harus nambah nih...heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Ertina..keren kok pannya ini..warnanya itu lho ijo..seger banget..:D Yukk kembaran panci sama aku..:D

      Delete
  3. mbak Diah....,tadi siang aku liat di global teve acara kulinernya si chef Juna. lha dia pake Maxim Ecopan. secara warna yg dipake persis spt punya mbk Diah. duhh...,jadi pengen deh. ^_^
    hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya tho mba..jadi kembaran panci ya..sama Chef Juna..hihi. Wah..kemaren harusnya pas Jumat itu mba..ada diskon gede2 an di Lazada..aku liat sampai 300 rb diskonnya..tapi sekarang udah normal lagi harganya kayaknya..:)

      Delete