Wednesday, December 10, 2014

Balado Cumi & Petai


Sudah makan siang teman2 ?..Jika belum..yuk..ambil piring..hihi. Buat penyuka pedas dan petai..segera antri merapat kemari ya..hihi. Biarpun cabe lagi mahal..buat yang hobi makan pedas2 bukan masalah..kayak aku nich..tetep aja yang pertama di cari di tukang sayur..yang cabe. Di budhe sayur langgananku..udah di plastik kecil2 tuch 2 ribu dapat 5 biji..hihi. Ya nggak apa2 dech..beli 5 bungkus kan udah pedes ya teman. Untung dech petai lagi murah..lagi musim di sini teman2..dan kemaren dapat kiriman petai dari kebun mertua..lupa belum ku masak. Tengok freezer masih ada stock cumi segar sedikit..jadi dech balado cumi dan petai yang yummy..!

Tips untuk membersihkan cumi..segera setelah di beli, keluarkan isinya ya teman2..buat tulang yang bening itu..cuci dengan air mengalir. Jika tinta tidak di gunakan untuk memasak..biar dapur kita nggak belepotan tinta cumi..potong saja sampai batas kepalanya aja..jadi kantong tintanya nggak pecah. Bagian kepala cumi jangan di buang ya.enak juga itu..sayang kalau di buang.

Selanjutnya..masak cumi..jangan terlalu lama ya teman..jika terlalu lama nanti bakalan mengeras dan kayak karet dech rasanya. Citarasa manis dan gurihnya juga bakalan hilang. Cukup tumis sekitas 3 menit saja dengan api besar ya jika di masak  tumisan. Jika kita masak dalam kuah santan atau semur misalnya..tetep..jangan terlalu lama di masaknya. Matangkan dulu kuahnya hingga bumbu2 pas dan agak mengental, baru masukkan cumi, dan masak sebentar saja. Agar bumbu meresap..misal buat semur cumi gitu..simpan dulu di wadah kedap udara, dan taruh di kulkas semalaman, jadi bumbu2 akan lebih meresap ketika di panaskan sebentar.

Cumi yang bagus..kondisi masih segar ya teman2, warna masih merah dan terang dan kulit belum mengelupas. Jika kita pencet tuch terasa kenyal cuminya Daging cuminya juga masih putih bersih, nggak berubah warna..dan tintanya belum pecah. Jika kita benar dalam memilih cumi..maka hasil olahan cumi juga lebih nikmat dan nggak akan terasa amis. Cumi sangat cocok buat tumisan, di semur, di masak gulai, buat campuran cap cay, campuran nasi goreng seafood, dll. Buat campuran bakso goreng juga enak banget teman2. jadi..jangan ragu buat ngolah cumi ya teman2..^^

Oke..sekarang simak resep balado cuminya ya :

Balado Cumi & Petai

Bahan :
250 gram cumi segar, bersihkan, potong2 bulat kecil
Petai 1 papan, belah dua
50 ml air
1/2 sendok teh kaldu bubuk ( aku pakai Alsultan, kaldu bubuk tanpa msg yang aku jual nich..*sekalian promo*..hihi. enak buat aneka tumisan gini teman2. Tapi jika nggak ada yang pakai kaldu bubuk lain boleh..atau nggak pakai juga nggak masalah jika nggak suka kaldu bubuk )
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
Garam secukupnya
 2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan

Bumbu2, ulek kasar :
10 buah cabai merha 
5 buah cabai rawit merah
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi
1 buah tomat, potong2 kecil

Cara membuat :
Tumis bumbu2 hingga matang dan harum , masukkan daun salam dan serai, masukkan air dan bumbu2 lain. Koreksi rasa. Masak hingga meresap. terakhir masukkan cumi, lalu tutup wajan dan masak sebentar saja hingga meresap. Sajikan hangat. 

 



8 comments :

  1. Nanya gak nyambung sama resep gpp ya Mbak? Saya nih pengen bikin kue lumpur kentang pake kentang flake. Di resepnya (resep Mbak Diah juga) perlu kentang (mentah) 250 gram. Nah kalo pake kentang flake, jadi segimana ya mbak pakenya? tengkiyu...=Any-Jogja=

    ReplyDelete
    Replies
    1. separonya saja mba Any..:) maaf telat bales ya..:)

      Delete
  2. Waawww..... mauuu mbak Di...!! Coba tetanggaan sama mbak Diah, tiap hari aku intip deh dapurnya biar dibagi...hihih. Petainya menggoda mbak...apalagi dimakan pakai nasi anget...wuihh mantabs..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Erti..sini tak bagiin yg byk petenya..hihi. Aku kalau pete cuma suka buat masakan aja mba..suamiku tuch yang suka banget..:)

      Delete
  3. mak, ini klo d tmbah daun jeruk purut mesti tambah sedep.. BTW aku udah coba nggoreng tepung kremes yang kemarin aku order. wuuiihh ternyata jadinya cantik banget.. berasa jadi chef bneran haha.. tengkiu ya mak... #Yayuk_Purworejo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..tambah harum ya pakai daun jeruk..:)

      Sipp syukurlah jika sukses bikin kremesannya..sama2 ya mba :)

      Delete
  4. mb, gmn tipsnya biar cumi ga amis ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di cuci pakai air jeruk nipis mba, lalau bilas bersih ya..:)

      Delete