Friday, December 26, 2014

Lumpia Rebung Mini



Lumpia..salah satu cemilan favoritku sejak dulu waktu masih di Yogya dan kini, selama 10 tahun terakhir tinggal di Semarang. Kalau dulu sich pas waktu di Yogya..serasa makanan enak dan langka..hihi. Soalnya di Yogya jarang yang jual. Masih ingat dulu..sebelum kenal mantan pacar..( baca : papine Yodha..hihi )..aku udah sering makan lumpia Semarang..karena sering di oleh2 hin dulu sama relasi..pas aku masih  tarakhir kerja di ekspor impor furniture..kan banyak tuch perusahaan *forwading nya dari Semarang..nah dulu sering dech di bawain..alias di beri *sogokan lumpia Semarang dkk..setelah kami pakai jasa forwading mereka..hihi. 

Setelah menikah dan pindah ke Semarang..wah ya jadi semakin suka lumpia Semarang..apalagi udah bisa buat sendiri..ya..jadilah sering banget buat ketimbang beli kan mahal ya..satu bisa 10 ribu..hihi..sayang atuch. Bikin sendiri aja murah lagi. Sayangnya Yodhaku nggak terlalu suka lumpia..mungkin karena rasanya yang tajam dan berbumbu..jadi kalau aku buat lumpia jarang mau makan. Tapi aneh bin ajaib..beberapa waktu lalu kami iseng beli lumpia pasar yang harga 1500 rupiah..eh lha kok Yodha malah doyan. Lumpianya itu mini..isinya dikit..minus udang..ayam dan telur pun nggak pake..jadi cuma rebung aja..hihi. Aku heran kok Yodha malah doyan. Setelah aku resapin dan cicipin rasanya..oh memang unik sich lumpia mini ala pasar ini..rasanya ringan tumisan rebungnya..cukup manis gurih aja..tanpa udang dll, tetep enak. Kayaknya bumbunya cuma mengandalkan gurihnya ebi. Karena isiannya dikit..jadinya kulit lumpianya malah bisa renyah kres2 gitu..hihi.

Oke dech...untuk Kak Yodha yang udah mau makan lumpia..akhirnya aku coba buat sendiri lumpia mini ini. Dan hasilnya beneran bisa kriuk2..karena isinya sedikit, jadi kalau di makan panas2 gitu enak banget..kriuk2 gurih manis. Akhirnya jadi tau dech..jenis lumpia yang di sukai anak2..hihi. Lha selama ini lumpia Semarang yang ukuran besar memang bikin mblenger teman2..makan 1 aja pasti kenyang..karena isinya super banyak dan ukurannya memang besar..tak heran kalau harganya ya..ada yang sampai 10 ribu per biji. Apalagi kalau beli itu..duch kadang terlalu manis berbumbu tajam, jadi anak2 kurang suka. Jadi mari kita buat sendiri aja ya di rumah..lumpia mini..imut renyah dan kriuk...dan ringan rasanya.

Tips membuat lumpia mini ini..pakai saja kulit lumpia siap pakai ya..karena di jamin kriuknya..kalau bikin sendiri ya di dadar..ya..nggak bisa kriuk..karena kulit lumpia yang kriuk itu cara buatnya dengan cara di beset atau di oleskan ke wajan. Kapan2 dech kalau ada waktu pengen liputan ke kampung kulit lumpia di Semarang teman2..biar bisa kasih resep kulit Semarang yang otentik ya  ke teman2..jika ada penjual kulit lumpia yang mau kasih bocoran resepnya sich..hihi. Jadi untuk sekarang..jangan tanya resep kulit lumpianya ya..karena aku pakai kulit lumpia siap beli..hihi..di pasar..murah..1500 dapat 10 lembar. Untuk lumpia mini ini biar isinya variasi..aku tambah wortel..jadi ada manis2nya..tambah enak dech. Biarpun nggak pakai udang atau ayam..lumpia ini tetep gurih..karena pakai bumbu ebi...jadi lebih irit kan teman2..cocok buat snack jualan yang murah meriah nich. Kalau di sini lumpia mini ini di jual 1500 - 2000 rupiah 1 biji nya. Selamat mencoba ya..^^

Lumpia Mini

Bahan:
Kulit lumpia siap pakai 10 lembar
200 gram rebung rebus yang sudah iris2 korek api, 1 buah wortel, iris korek api, 1 batang daun bawang, potong kecil2
2 butir telur, buat orak arik
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Gula pasir dan kecap manis secukupnya
Air 100 ml
Putih telur secukupnya untuk perekat

Bumbu Halus :
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran, 1/2 sendok makan ebi yang sudah di rendam air panas

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, aduk sampai berubah warna. Masukkan air, rebung , telur orak arik dan bumbu2 lain, aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera gurih manisnya. Dinginkan.
Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan bahan isi secukupnya, lipat dan gulung. Rekatkan sisi2nya dengan putih telur. Goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan hangat.

7 comments :

  1. Waaaaah asiiiiik...mau coba bikinin tuk suami aaah..sp tau aku jg jd doyan..
    Scra aku ga prnh suka sm aromanya..
    Makasi mba DD
    #Hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Hani..coba di bumbuin ringan saja..sapa tau malah doyan.kayak Yodha..hihi. Tambahin wortel juga bisa netralin aroma rebungnya..:)

      Delete
  2. s!aya doyan bgt makan yg begini mbak :D

    oh y mbak diah, tanya resep bikin kulit martabak telur dong mbak? :D makasih..

    ReplyDelete
  3. Kemaren pas ke pasar lihat rebung sdh mateng, dirajng halus & muda... langsung inget lumpia mininya mbak Diah. Wis langsung tak beli 3 plastik tuh mbak, murah cuma 5rb dan sekarang udah tak masak jadi isi lumpia tak simpen di kulkas... besok tinggal beli kulitnya. Akhirnyaaaa..... kesampean jg nih bikin sendiri lumpia isi rebung...matursuwun ya mbak Diah...^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba Erti..udah mateng pastinya..atau udah habis..hihi..*balesnya telat bingits yo mba..sorry..:D

      Delete