Friday, December 12, 2014

Empek - Empek Adaan Ekonomis


Punya sisa ikan tenggiri sedikit , kadang2 bingung mau di masak apa ya teman2. Mau di buat aneka empek2 yang ribet , misal kapal selam gitu kok nanggung. Kalau buat siomay atau empek2 yang perlu di isi dan di rebus dulu begitu aku sukanya langsung banyak..jadi di simpan dalam freezer dalam kondisi udah di rebus. Jadi kalau mau makan tinggal di biarkan suhu ruang, lalu di goreng. tapi jika hanya ada tenggiri 100 gram..ya males juga bikin empek2 yang ribet. Tapi mau nggak di oleh ya sayang kan mahal tenggiri..hihi. 

Kemaren iseng tanya Yodha..sore mau empek2 nggak dan dia mau ternyata. ya udah langsung kepikiran di buat empek empek adaan saja yang praktis dan mudah dengan tenggiri seadanya. Jadilah empek empek adaan ekonomis. Ya lumayan lah..masih jauh lebih enak ini dari pada empek2 yang beli di pinggir jalan tho..walau ikannya dikit..hihi. Gurih juga kok teman2.

Jadi jika mau buat empek2 untuk usaha..cocok nich karena ekonomis , nggak perlu banyak ikannya. Empek2 adaan adalah jenis empek2 yang praktis pembuatannya, karena nggak perlu di rebus dulu, langsung goreng, jadi membuatnya lebih cepat. Apalagi jika ada food proccessor di rumah..ya tambah cepet lagi..sebentar saja udah siap goreng adonannya. Mau coba..yukk simak resepnya ya teman2. Kunci empek2 adaan nggak alot..jangan di uleni terlalu kuat ya..adonan ikan dan tepungnya. Cukup di aduk ringan saja. Jika adonan masih agak lembek nggak kalis nggak pa2.,.jangan langsung tambah tepung. Olesi saja tangan dengan minyak waktu membentuknya. Atau di bulat2 pakai 2 buah sendok saja juga bisa. Menggoreng empek2 adaan , pakai sistem deep frying ya teman2..jadi harus minyak banyak dan terendam agar matang sampai bagian dalam. tapi jika masih ragu matang tidaknya bagian dalam..setelah setengah matang, angkat dulu..lalu belah jadi 4 bagian adaanya. Goreng kembali hingga kering bagian luarnya..pasti dech jadi matang sempurna.

Oke..selamat mencoba ya jika suka teman2..^^
Empek Empek Adaan Ekonomis

Bahan-bahan:
    100 gram ikan tenggiri yang sudah di haluskan
    1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
    1 sendok teh gula pasir
    1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk / optional  aja
    3 butir bawang merah, dihaluskan
    125 gram Tepung Bakso dan 25 gram tepung terigu
    1 sendok makan santan kental instan
    1 butir telur, kocok lepas
    Minyak  untuk menggoreng
Cara Membuat :
Uleni tenggiri, garam, gula pasir, kaldu bubuk, bawang merah
Tuang telur dan santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut ( jika mau mudah pakai food processor atau mixer agar adonan benar2 halus )
Tambahkan tepung sagu. Aduk rata, tapi jangan di uleni lagi ya supaya tidak alot adaannya. Koreksi rasa dulu ambil sedikit adonan, lalu goreng dan cicipin rasanya..udah pas atau belum. Ambil 25 gram adonan. Bentuk bola-bola dengan tangan yang dilumuri tepung sagu atau minyak.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( Dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( atau sesuai selera )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.
Note :
Untuk empek2 ini aku pakai Tepung Bakso yang aku jual..tekture..jadi sipp..enak kenyalnya pas. Apa itu tepung bakso ? Tepung khusus buat aneka bakso, empek2, siomay dll. Jika tidak ada yang pakai tapioka biasa atau sagu juga boleh, jumlah sesuai di resep ya. Jika mau order tepung bakso ke aku..di tunggu ya..hihi. Selalu ready ini..bisa via contact form bagian samping kanan atas web ini, atau via email bundadidi@gmail.com..atau mau inbox di fb ku di  SINI juga boleh..nanti langsung nyambung ke messenger di hp ku kok..inboxnya..:)

untuk variasi resep adaan silahkan cek di video you tube aku di SINI ya :



7 comments :

  1. Hmmm.... yummy! !!

    Ida

    ReplyDelete
  2. Mba Di,
    kalau ga punya tepung bakso diganti tepung apa? takarannya berapa? nuhun.
    sekarang resep2 mba Di semuanya mengandung unsur jualan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Note udah di jelasin ya mba...kan bisa di ganti tepung sagu atau tapioka..nggak semua juga jualan..kalau masakan sehari2 kan nggak jualan ya..ya harap maklum mba..cari sesuap nasi..:)..buat biaya maintanance blog ini juga yang semua berbiaya..lumayan dech..:)

      Delete
  3. Mksh mbak Diah resep2nya praktis n mudah dibuat, mau tak eksekusi nich empek adaannya kebetulan ada stok tenggiri segar, salam kenal. Iva

    ReplyDelete
  4. wah ini nih mengundang selera makan, pengen empek2nya :)

    ReplyDelete