Friday, December 19, 2014

San Bao Chi..Chinatown Street Snacks, Di Pusat Kuliner Kampung Semawis Semarang



Jika teman2 berkunjung ke Semarang..sempatkan mampir ke Kampung Semawis ya..di daerah Pecinan dekat Gang Baru Semarang. Seru teman2..jika malam hari terutama weekend...jalan sepanjang gang di kampung Semawis ini sangat ramai..dengan aneka macam kuliner yang di jajakan. Pengunjung juga banyak banget..lalu lalang dnegan berjalan kaki..menyusuri sepanjang jalan atau sekedar duduk2 menikmati kuliner yang di sukai. Berasa di mana gitu..hihi..beda sama suasana jalanan lain di kota Semarang yang udah mulai macet di setiap tempat.

Di warung Semawis selain aneka kuliner tradisional..aneka gerai makanan modern juga jadi salah satu daya tarik sendiri. Salah satunya..San Bao Chi, gerai ayam goreng krispi rasa oriental yang cukup populer di kawasan Kampung Semawis ini teman2. Outletnya menarik dech..jadi mudah di cari. Gerai San Bao Chi ini juga menonjol, karena walaupun sekelas street food, tapi penyajiannya menarik..di tempatkan di kantong kertas yang manis dan praktis, jadi bisa di nikmati sambil berjalan2 menikmati lalu lalang Kampung Semawis. Biarpun kedai kecil, karyawannya lumayan banyak juga,.jadi walaupun gerai ini selalu  ramai pengunjung, penyajiannya cepat. Nggak kalah sama gerai2 snack cepat saji di mall dech.

Untuk menu yang di tawarkan menu utama tentu saja ayam goreng krispi. Ada yang daging ayam atau ada juga yang bagian kulit. Kulit ayam krispi ini jadi salah satu menu favorit lho di San Bao Chi. Kemaren aku coba keduanya. Rasanya memang beda sama ayam goreng krispi biasa, karena ada sentuhan bumbu oriental khusus yang merupakan resep warisan keluarga dari pemilik outlet San Bao Chi ini..yaitu Mas Willy..yang sahabat dekat suamiku. 

Ini outlet San bao Chi nya teman2..cute dan menarik ya..aku suka icon ayamnya..lucu banget. Sayangnya rada gelap outletnya kemaren..jadi aku nggak banyak bisa foto2 dengan maksimal. Coba di buat lebih terang ya..pasti akan lebih menarik lagi. Next time dech kalau aku ke sana lagi aku foto yang banyak dulu ya teman2. Jika penasaran gimana rasa ayam goreng krispi oriental ini..datang saja ke Kampung Semawis ya teman2. Atau mau usaha yang sejenis..bisa juga mungkin ya,..buka franchise outlet nya di kota  teman2..hihi.  Selain di Semarang..di Yogya udah ada cabangnya juga lho San Bao Chi ini teman2...di Yogya City Mall, kata Mas Willy. Sipp dech..mudah2 an segera menyebar ke seluruh Indonesia ya Mas outletnya.



Ini dia menu andalan di San Bao Chi, ayam goreng krispi ala Oriental, yang di goreng hingga garing dan renyah luarnya. Cara penyajiannya juga unik, bukan di cocol saus, tapi di potong2, kemudian di  beri bumbu taburan sesuai selera pembeli. Ada yang rasa barbeque, keju, garlic dll. Enak dan unik dech. Jadi konsepnya memang bukan ayam krispi untuk lauk yang di makan dengan nasi dan saus seperti yang di gerai2 ayam krispi ternama ya teman2..tapi lebih ke arah untuk snack aja ayam krispi ala San bao Chi ini.

Oke...jangan lupa mampir ya..kalau ke Kampung Semawis untuk mencicipi kuliner unik khas Chinatown ini teman2.






1 comment :

  1. Mbak Diah nanti coba dibuatkan ayam san bao chi ala mbak Diah dong biar yang pada ngeces nun jauh dari Semarang ga penasaran. Pasti ga kalah mantepnya deh...

    ReplyDelete