Tuesday, December 16, 2014

Jamu Jun


Wua..hari ini super bete..mau edit foto satu aja kok lama banget..gara2 komputer error di servis sama tukang servis..lha kok pogram di ganti semua. Padahal aku cuma minta di benerin aja..komputernya. Duch..jadi mulai dari nol  belajar program baru..jadilah hari ini banyak waktu terbuang di depan komputer..huhu.

Jadilah belum bisa posting masakan baru ya teman2..ya udah..ini di draft kemaren ada satu foto unik nich..aku posting ini aja. Yaitu Jamu Jun..jamu khas Semarang. Jamu Jun ini super unik..karena jamu tapi dalam bentuk bubur. Di sebut jamu Jun..karena tempat jualannya itu unik teman2..pakai kayak gentong air gitu..yang katanya namanya ya Jun ini. Duch aku ada fotonya padahal..tapi belum bisa upload. Biarpun jamu, api rasanya enak lho teman2..kayak bubur jahe..aroma jamu..hihi. Pokoknya ini jamu teraneh dan terunik yang pernah aku coba. Karena biasanya kan jamu dalam bentuk minuman ya..kalau jamu Jun ini..jamu tapi dalam bentuk bubur. Kata penjualnya buburnya terbuat dari tepung beras, gula merah, di campur aneka ramuan jamu itu tadi.

Duch..aku nggak kebayang..kalau di suruh buat yang seenak itu dengan bahan jamu..ya belum tentu bisa ya..karena bahan2 rempah jamu..kalau nggak pas takarannya..bakalan jadi bubur jamu beneran nanti..hihi. tapi kalau jamu Jun ini..beneran..bubur jamu yang enak teman2. Penasaran mau coba..yukk ke Semarang..cuma ada di sini lho kayaknya. Kalau asalnya sich dari Jepara atau Demak katanya..tapi lebih popoler di Semarang jamu ini. Kalau di Semarang bawah..masih ada kata penjualnya yang di jual keliling. Tapi yang sudah langka juga. Jadi jika mau mencicip jamu jun ini..mampir saja ke kampung semawis di daerah Pecinan..deket pasar gang baru ya teman2.

Jamu jun ini aku cicip di warung semawis kemaren pas ke sana malam2 itu. Sempat ngobrol sama penjualnya..katanya jamu ini terbuat dari 21 macam rempah jamu..hihi. Terus ada bola bola kecil jahe juga..pokoknya unik dech teman2. Terus di kasih sedikit santan atau apa nggak tau yang kuah warna putih gitu..ya persis kayak bubur sumsum merah, tapi rasa jamu..hihi. Kalau bola bola jahenya dari tepung ketan, jahe dan kelapa parut. Unik dech. Tapi rasanya kok ya enak ya menurutku..hihi. Selain unik, dan enak..jamu ini juga berkhasiat teman2..untuk tubuh..karena yang jual nggak mau kasih tau rahasia ramuannya..ya taunya aku buat menghangatkan badan aja kali ya..sama tenggorokan..kalau habis makan jamu ini terasa hangat dech. Moga2 warisan kuliner unik ini tetepa lestari ya teman2..karena beneran ini super unik dan keren..sayangnya..kurang nge top aja ya..hihi.

Sebenernya ada beberapa foto jamu Jun ini...tapi aku nggak  bisa edit photo hari ini gara2 ganti program..nggak seperti biasa yang aku pakai..:D..Nunggu balik ke semula aja dech programnya..udah apal..tiap hari make kalau yang lama buat ngutak atik foto..dll.

Ya udah...postingannya bersambung ya teman2..nanti kalau aku udah bisa edit foto lagi aku upload dech foto2 jamu jun lainnya...^^





8 comments :

  1. Mba Didiii ini Semarang banget, sy asli daerah sana mba..
    Jadi mengingatkan masa kecil sy, mba..
    Enak banget tu mba Jamu Jun, anget2, dikasih yg pedes2 dikit gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..pertama nyoba tak kr aneh rasanya..jamu kok kayak bubur..enak ya.hihi

      Delete
  2. Walah...mbak Diah selalu mengin-mengini.... kuliner di Semarang sepertinya unik2 yo mbak..? Berbahagialah yang tinggal di Semarang krn bisa menikmati aneka macam kuliner yg unik, menarik dan pastinya enak. Wis pokoke yg bukan asli Semarang cukup mbayangin aja...hihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy amba Erti...aneh bin unik ini jamunya...aku yo baru pertama nyoba..hihi

      Delete
  3. salam kenal mba saya penggemar foto dan resep2 makanannya,,,,maaf mba kalau boleh tau mba pakai program apa yah utk editing fotonya hehe,,,saya pengen belajar juga hehe,,,mksh sblmnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaku malah nggak pake editing mba..asli dr jepretan kameranya itu..:D..

      Delete
  4. Lhaaahhh..... Tak kira jamu jum bikinan sendiri mbak...
    Hadeeehhh.... Ini jamu paporitku mbak... Kebetulan aku blesteran Demak... Trakhir menikmati jamu jum ini 10 tahun yang lalu.. Mungkin lebih....
    Duuhhh... Jadi kangen nih ma jamu jum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,,wah...itu beli mba Mitha di Kampung Semawis..yang jual aku korek2 resepnya nggak mau ngasih je..haha

      Delete