Monday, December 1, 2014

Cendol Tepung Garut Dengan Pewarna Bunga Telang



Hore...bunga telangku akhirnya berbunga dengan lebat dan seger setelah turun hujan. Alhamdulillah..akhirnya setelah sekian lama..berbunga juga. Tapi ya bukan salah tanamannya sich ..nggak mau berbungga cepat2..akunya aja yang kurang mau merawat..hihi. Nggak sempat tepatnya..hihi. Dulu senenag banget waktu di kirimi bibit bunga telang sama mba Rina..langsung dech semangat nabur benih banyak di halaman belakang. Eh lha kok yang numbuh dikit..haha. Terus di bantuin sama mba art ku nanem lagi..tanahnya di kasih pupuk dulu dll..akhirnya numbuh banyak. Tapi..setelah sekian lama..kok nggak tinggi2..apalagi berbunga..baru beberapa minggu kemaren, setelah di buatin tiang2 untuk penyangganya sama pak tukang kebun yang biasa membersihkan rumput di rumahku..akhirnya tumbuh dengan subur dan lebat sekali daun2nya. Ternyata tanamanpun butuh di rawat ya teman2..^^

Dan beberapa hari terakhir ini udah banyak berbunga..walau belum banyak banget..nggak sabar dech buat ngolah bunga telang ini. Maafkan ya bunga telangku tersayang..baru aja dirimu berbunga bunga dengan indahnya..udah ku petiki...hihi...*lebay..*


Tapi setelah aku cek tadi udah ada juga beberapa yang jadi polong atau biji buahnya..jadi nanti jika udah banyak..boleh kok teman2..yang mau minta bibitnya..hihi. tapi tunggu banyak dulu ya beberapa bulan lagi...sekarang baru sedikit.  Uji coba iseng pertama dengan bunga telang dari kebun sendiri..tadi aku bikin es cendol..hihi. Lha mendung2 bikin es cendol..nggak apa2 dech..seger juga lho teman2..hihi. Soalnya nggak ada bahan lain..haha. Tadi cuma iseng liat ada tepung garut nganggur yang udah kebuka dan sisa dikit..jadi aku buat aja cendol tepung garut dengan pewarna bunga telang ini. cantik dech jadinya cendolnya teman2. Sebenernya warna aslinya akan biru ya..kalau hasil perasan bunga telang..tapi aku kok lebih suka ke efek ungu warnanya. Nah..untuk merubahnya sangat mudah dari ungu ke biru..tetesi aja sedikit air jeruk nipis..sedikit saja ya..nanti kalau kebanyakan jadi asem..cendolnya..hihi. Jadi dech..dari warna asli biru..berubah ke ungu..karena apa..karena terkena asam. Dulu nggak sengaja sich tau perubahan warna dari biru ke ungu ini. Dulu kan bikin kolang kaling pakai bunga telang juga..nah..kolang kaling kan agak asam ya jika lama di rendam di air..jadi lah kolang kalingnya berubah jadi ungu cantik. Pernah juga ku uji coba pas bikin sirup bunga telang..dari biru sirupnya aku kasih air jeruk nipis..jadi ungu cantik juga warnanya.

Wah..nggak sabar pengen bereksperimen dengan bunga telang ini baut puding, kue2 tradisional dll. Bunga telang ini berfungsi sebagai pewarna saja kok teman2..nggak merubah atau memengaruhi rasa..atau aroma dari suatu makanan..jadi sangat oke banget buat pewarna makanan yang alami. Jadi..ayo...nanem bunga telang ya di pekarangan rumah..jadi nggak perlu beli pewarna makanan lagi dech..Allah sudah menyediakan ya aneka pewarna makanan alami yang sehat buat kita.

Oke..aku share resepnya ya..siapa tahu teman2 mau buat juga cendol dari tepung garut ini..jika tidak ada bunga telang..pakai aja pewarna lain..misal sari pandan dan daun suji..atau pakai pasta pandan juga bisa atau pewarna lain sesuai selera ya.Cendol tepung garut ini enak sekali..kenyal tapi lembut. Jika teman2 kesulitan cari tepung garut..aku ada lho..kemaren dulu pas mudik impor dari Yogya..hihi. Tapi tepung garutnya bukan buatan pabrik ya..tapi yang tradisional aja, jadi warnanya nggak seputih gilingan pabrik..enak buat bubur..atau ongol2..cendol..cookies dll.
Cendol Garut Bunga Telang

Bahan:
60 gram tepung garut
40 gram tepung beras
600 ml air
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat :
Aduk rata tepung garut dan tepung beras, masukkan air , garam dan daun pandan.
masak sampai meletup letup dan jadi adonan yang kental. Siapkan baskom berisi air dingin ber es.
Cetak adonan dengan cetakan dawet dan tampung dengan air dingin.
Sajikan dengan santan, sirup kinco gula merah , dan nangka jika suka.




15 comments :

  1. Tepung garut banyak dijual di pasarankah mbk diah? Saya blm pernah tahu tepung garut..hiks..selain tepung garut, pakai apa ya mbak utk bikin cendol? Ataokah cukup dg tepung beras?
    Trims...i like the menu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku jual mba Ratna tepung garut..hihi. Jk mau coba email aja ya di bundadidi@gmail.com. Atau bs pakai tapioka..tapi beda tekture ya..:)

      Delete
  2. Uniiiik mbak cendolnya...dimana bisa beli bibit bunga telangnya mba Di...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di internet pernah baca ada yang jual mba..di web2 yg jual bibit tanaman gt..kalau mau sabar bbrp bulan lagi ku kasih bibitnya..hihi..tgg byk dulu biji buahnya..:)

      Delete
  3. mbak, kalau masih ada boleh minta bibitnya mba??? heheheeee.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu biji buahnya banyak dulu mba ..ntar ku kasih ya...:)

      Delete
    2. baik mbak, kalau sudah ada ngabari ya mbak, supaya bisa meluncur sekalian beli tepungnya, hehehe.....

      Delete
  4. alhamdulillah kalo dah berbunga. Punyaku sekarang juga berbunga banyak tapi dipetikin sama orang yang lewat depan rumah hahahaaa....ya sudah deh pemiliknya ngalah dulu. nggak disangka bunga telangku diminati orang sekitar rumah. alhamdulillah lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..cepet ya setelah di kasih penyangga dan menjalar berbunganya..krm tak printisi semua bnunganya..lha kok pagi tadi udah bermekaran cantik lagi yang kmrn2 baru kuncup..hihi..seneng dech..:) mksh ya mba..:)

      Delete
  5. Cantik mba warnanya, mau juga dong mba bibitnya...hehe...tepung garut itu arrowroot kan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Anna..nanti ya mba..jk udha banyak buahnya aku kasih..hihi

      Delete
  6. bunda,request bibit bunga telangx juga ya..hehehe..udah nyari di sawah2 n hutan kecil tp tetep g nemu juga..hadeh..makasih sebelumx..
    *sigma*

    ReplyDelete
  7. Bunga telang ini kalo di tempatku biasanya tumbuh liar disemak-semak, dulu waktu kecil sangat banyak tap sekarang sawahnya sudah berubah jadi perumahan jadi jarang lihat lagi. Pas kecil dulu nggak tahu gunanya, eh ternyata pewarna alami

    ReplyDelete