Saturday, December 13, 2014

Hotteok..Korean Filled Pancake




Live report..Korean street food teman2..!..Dari Korea langsung bu ?..Oh iya..hihi..*boong banget*. Nggak perlu jauh2 ke Korea kok teman2..jika cuma mau menikmati Korean street food. di Semarang sini juga ada. Otentik lho..outlet tendanya juga ala2 Korean street food gitu..bisa liat langsung cara buatnya juga..terus bisa menikmati Hotteok anget2..sambil jalan2 malam..jelajahi kuliner lain..seru kan. Di mana tuch di Semarang..?..Di Kampung Semawis teman2..salah satu pusat kuliner malam di Semarang. Nanti aku liput terpisah ya..tentang Kampung Semawis ini ya.

Tadi seharian memang muter2 menikmati macet di Semarang bawah..dari satu tempat ke tempat lain..muter2 in Yodha yang habis exam..biar refreshing. Dari siang muter ke banyak tempat, belanja sana sini..hihi..cari piranti saji buat properti foto, sampai ke mall..sampai malam jalan2 ke Kampung Semawis untuk memenuhi janji ke salah satu sahabat suami yang buka usaha kuliner di sana..dari dulu mau liputan belum jadi2..akhirnya ada waktu juga tadi. Eh..malah nemu outlet Hotteok ini juga..dan juga aneka kuliner jadul Semarang yang unik2..besok aku ulas terpisah ya teman2. Sekarang lagi semangat posting yang Hotteok ini dulu.

Sekarang aku tulis dulu tentang Hotteok ini..soalnya seru..tadi belajar langsung membuat Hotteok ini dan mencicipi begitu langsung dari penggorengan..wah enak sekali. Beda sama yang pernah ku coba buat sendiri dari resep dari tabloid dulu..kok keras..haha. Ternyata aku tau rahasianya..sekarang. Membuat Hotteok ini bukan di panggang, tapi di goreng di wajan datar dengan minyak..kayak goreng martabak gitu lho teman2..makanya bisa matang sempurna dan empuk. Dulu aku pernah buat ngikutin resep dari tabloid..cuma di panggang di teflon gitu tanpa minyak..kurang enak..karena kering dan keras. Wah..kapan2 harus coba buat sendiri Hotteok versi yang di goreng ini..karena rasanya enak sekali.

Oh ya..apa itu Hotteok ?..Saking semangat cerita sampai lupa jelasin..itu lho..salah satu jajanan street food dari Korea teman2..kalau di drama2 Korea kan sering juga lihat ya jajanan satu ini. Hotteok ini, di sebut juga pancake isi, kalau adonannya itu seperti adonan roti biasa..kemudian di beri isian. Aslinya sich isiannya itu gula palem dan kayu manis..tapi ada juga isian lain seperti isi coklat, isi kacang merah dll. Aku tadi coba yang isi kacang merah..enak sekali. Wua..kurang dech kalau cuma makan satu..hihi..tapi mahal dech..1 biji 9 ribu..hihi. Lebih baik besok bikin sendiri aja..haha..biar bisa puas makanya..kan udah tau trik2nya tadi liat langsung cara buatnya.

Saking semangatnya mau share tentang Hotteok ini..pulang2 belum beresin belanjaan, langsung buka komputer dan edit foto2 dech..hihi. Sipp dech biar aku ingat besok kalau buat Hotteok sendiri..aku posting dech..cara membuat Hotteok ala kaki lima di Kampung Semawis..soal rasa..enak banget..! Jadinya kau mau niru ini aja langkah2nya..resep gampang yang otentik tinggal liat di web2 blogger Korea banyak. Tunggu aku bikin dulu ya teman2..jika mau coba bikin Hotteok ini..nanti aku share dech jika berhasil. Sekarang simak dulu nich cara buatnya ya..dan cicipin dulu Hotteok hangat isi kacang merah yang baru mateng nich...beneran..enak banget..!


 Cara Membuat Hotteok , Pancake isi Ala Korea

  • Adonannya ini adonan roti biasa teman2..tapi lembut dech..empuk gitu hasilnya tadi pas habis di goreng.

  • Menggorengnya juga unik..di goreng di wajan datar, dengan sedikit minyak..jadi kayak wajan buat martabak ya tapi bentuknya kotak lebar..jadi bisa goreng beberapa buah Hotteok sekaligus.
  • Yang unik juga..cara memipihkannya di pencet2 pakai alat khusus kayak gini nich teman2...jadi rotinya nggak ngembang pas di goreng..dan jadi gepeng kayak pancake.


  • Jadinya bisa pipih gini dech rotinya..^^
  •  Nich tanya aja Kak Yodha rasanya..enak nggak Kak ?..hihi..

8 comments :

  1. Mau dech ikutan mampir ke kampung semawis, bukanya cm malam hari ya mbak diah...salam kenal, Iva

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Iva..iya mba..ayukk sini banyak makanan enak2..:)

      Delete
  2. D tunggu bangeett mbak resepnyaa....huhuhu pengenn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Irena....tgg ya..aku juga mau buat..kmrn beli kurang..hihi

      Delete
  3. Hehe lm tak komen diblog pean mb.apa kbr..? Aq selm di korea sini mlh blom pernah tau ada ho tteok dg isi lain varian.yg isi nya gula itu.ama kacang dan biji bunga matahari po ya..hihi ga tau biji apa mb..ini jajan aq suka banget.harganya jg cm ₩500~₩1000 dg kurs sekitar Rp11
    aduh semarang ku makin keren aja..kangen poll ma semarang heehèe
    Itu yg jual org mn mb.? Indonesia.? Kok bs punya ide jual itu ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Yessi baikk mba..wah aku jadi pengen coba versi asli yang di Korea.....lemparin satu mba ke mari..hihi. Kapan ya aku ke Korea..hihi..
      Kmrn ada isian original itu mba...ada juag coklat dll..mungkin di sesuaikan dengan lisah Indonesia ya..hihi..tapi gerai dan car abuatny aitu lucu ya mba..kayak beneran di Korea ya..:)

      Delete
  4. duh ..kayaknya enak ya, anget2 gitu ... ditunggu ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  5. Makanannnya bikin makin pengen ke Korea.. tapi kapaaan gitu.. heheheh..
    Segera dishare mba resep hoteok-nya.. biar kalau nonton drama korea bisa sambil nyantap hoteok.. jadi pengen lihat oppa min ho deh.. wkwkw..

    ReplyDelete