Monday, December 15, 2014

Tumis Jamur Saus Tiram


Hari ini edisi masak praktis saja ya teman2..karena banyak kerjaan yang harus segera di selesaikan..huhu. Bailah ..tanpa banyak cerita..aku cuma masak tumis jamur aja..sama bakso..pakai saus tiram..udah enak..gurih..dan super cepat masaknya. Jamur tiram nich jenis sayuran yang nggak perlu di masak lama2 teman2. masaknya juga nggak perlu tambah air udah cepat matang, karena pas di cuci kan nyerap air.

Untuk memilih jamur tiram yang segar, pilih yang masih putih bersih warnanya. Jika di tekan masih kenyal..batangnya. Jamur tiram yang masih segar jika di cuci..nggak akan berubah warna jadi coklat. Beda jika sudah layu..itu kandungan airnya udah tinggi...jika di cuci..apalagi di peras..langsung lembek dech berubah jadi coklat warnanya.

Kayak gini nich jamur tiram yang masih segar teman2..buat yang baru belajar masak..semoga bisa bermanfaat ya tipsnya. Jika mau segera beli saja di pasar tradisional..biasanya kan tiap hari ganti baru..kalau di supermarket biasanya sudah di taruh di rak pendingin..itu sudah berhari2..nggak segar lagi.


Ok..aku share langsung ya menu ku hari ini teman2 resepnya..^^
Tumis Jamur Saus Tiram 

Bahan :
200 gram jamur tiram, cuci, suwir2 kasar
5 buah bakso sapi, belah 2
5 cabe merah, iris serong
5 cabe hijau, iris serong
3 cabai rawit, iris serong
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 sachet saus tiram  ukuran sekali pakai
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
Garam secukupnya jika suka lebih gurih, tapi saus tiram sudah asin ya teman2..jadi hati2 jika pakai tambahan garam, jangan terlalu banyak ya.

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan semua cabe, aduk hingga layu. Masukkan bakso, jamur, aduk rata, masukkan saus tiram dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak sebentar hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan hangat segera setelah matang.

8 comments :

  1. aku pernah beli masakan jamur ini tp kok pahit ya mba rasanya... bener ya rasanya pahit?? apa yg jual yg salah masak apa gmn ya?? thx.. vero

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jamurnya udah nggak bagus mba kualitasnya..hrsnya sich nggak pahit ya..:)

      Delete
  2. Enak x coba nnt ah hihihi sedep banget kyax ....

    ReplyDelete
  3. itu berkuah dikasih air mbak?

    ReplyDelete
  4. resep ini simple tapi enak mbak. bikinnya juga cepet. cocok kalo lagi pengen masak dalam waktu singkat. kemarin aku bikin pake sosis dan tahu. makasih resepnya mbak.

    ReplyDelete