Wednesday, December 17, 2014

Tumis Kacang Panjang & Tempe Bumbu Ulek


Hari ini menunya sederhana saja ya teman2..cuma tumis tempe dan kacang panjang. Bahannya mudah di dapat...di tukang sayur selalu ada kan tempe tahu. Dan aku kok ya selalu reflek gitu..kalau belanja di tukang sayur atau di pasar..pasti walau cuma 1 papan, selalu beli dech. Tempe memang nggak pernah mbosenin..enak di masak apa aja ya teman2.

Biasanya..kalau  numis kacang panjang atau tempe kan aku bumbu iris ya teman2..nah kali ini versi malas alias versi cepat nich..jadi di ulek saja semua bumbunya..hihi. Enak juga lho teman2..malam merasuk bumbu2nya. Biar lebih cepat juga..tempenya aku goreng dulu setengah matang..jadi nggak perlu lama2 numisnya. Biar kacang panjangnya masih kres2 renyah. Tuch lihat masih ijo seger ya kacang panjangnya teman2. Tapi jika suka kacang panjangnya empuk..ya di masak aja lebih lama ya..airnya tambahin aja dikit ya. 

Aku suka juga sich bikin oseng kacang panjang yang *overcook..tapi itu yang versi ndeso..yang di oseng sama tempe semangit gitu..wah masaknya pasti sampai empuk kalau itu..kalau perlu di inapkan dulu..pas di panaskan paginya..enak banget..hihi.

Kalau yang ini versi tumis modern ya teman2..yang fresh dan di tumis sebentar saja..jadi kuncinya menumis bumbunya harus sampai benar2 matang ya..biar nggak langu. Ok..ini dia resepnya ya teman2 jika mau coba ya ^^
Tumis Kacang Panjang & Tempe Bumbu Ulek

Bahan :
10 lonjor kacang panjang, potong2 sesuai selera
200 gram tempe, potong kotak 
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
10 buah cabe merah
5 cabai rawit jika suka pedas
Terasi bakar 1 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap manis 1 sendok makan
Kaldu bubuk 1/4 sendok teh
Garam sesuai selera
Air 100 ml

Cara membuat :
Haluskan cabe dan bawang merah, putih serta terasi, tumis hingga benar2 matang dan harum. Masukkan kacang panjang, aduk hingga layu, masukkan tempe, air, dan bumbu2 lain. tutup panci, masak hingga meresap. Koreksi rasa. Sajikan hangat.

1 comment :

  1. Sederhana tapi nglawuhi ya mbak Di... apalagi buat nemenin nasi anget... mantabs deh pokonya.

    ReplyDelete