Thursday, December 4, 2014

Tips Membuat Keripik Tahu Pong


Wah..udah jam segini belum sempat postingan baru hari..hihi. Alhamdulilah akhir ini banyak orderan sampai dengan pengiriman cargo yang memang sangat lebih murah dari harga kurir retail. Jadi buat teman2 di luar Jawa..bisa lho kalau mau ongkir murah banget bisa pakai jasa cargo ini..hihi. Tapi ada minimal ya kalau tarif cargo itu..untuk wilayah Jawa min 20 kg, kalau ke luar Jawa min 50 kg. Tapi jatuhnya memang sangat murah..ongkos kirimnya teman2. Kemaren ke Jakarta kirim 100 lebih  tepung leker, ke Jawa Timur tepung kremes 20 an kilo..besok tepung kentang dll 50 kg ..belum orderan harian yang selalu ada belasan paket rutin alhamdulillah..wah...sudah saatnya cari assisten ini kali ya..hihi. Tapi ya..pekerjaan kalau di nikmati ya selesai juga..jadi yang penting enjoy aja..^^

Nah berhubung tadi nggak masak yang baru..cuma goreng sayap ayam krispi..tahu pong krispi...sore kami makan bakso...hihi. Tahu pong krispi  ini beda sama yang versi dalam basah..luar kriuk..kali ini bikin yang versi super renyah kering..jadi kayak keripik. Resep juga dulu pernah aku posting yang versi pedas.....nah..kalau ini yang  versi gurih biasa nich dan aku lengkapi dengan foto cara mebuatnya ya..semoga lebih jelas ya teman2. Untuk tepung pelapisnya..aku pakai tepung krispi yang aku jual. Hasilnya jadi makin renyah, kriuk dan gurih. Jika nggak ada ya pakai tepung bumbu lain juga bisa ya sesuai selera.

Apa itu tahu pong ?.Buat teman2 yang belum tau..tahu yang kopong dalamnya. Jadi ingat ngobrol dengan  Tante Francine dari Amerika..yang sering diskusi kuliner di email bebarapa waktu lalu, beliau usul agar bahan2 mentah yang unik2 itu di foto sebelum di masak agar  beliau yang tinggal di luar negeri..jadi ada gambaran bahan2 yang aneh2  dan unik yang aku masak, dan teman2 yang belum tau jadi tau bentuk dan penampakan bahan2 tersebut...pasti akan terbantu jika mau mencoba dan mencari bahan2nya. Wah usulan bagus Tante..makasih sarannya..karena memang kadang2 aku  masak pakai bahan2 yang rada unik2 ya teman2..jadi oke dech next time akan aku foto bahan2 tersebut sebelum di masak..misal kayak tempe semangit..tahu pong ini..ternyata ada juga teman yang belum tau bentuknya..dll.

Tahu pong ini intinya tahu yang di goreng dengan tehnik tertentu sehingga hasil bagian dalam tahu jadi kopong. Harga tahu pong ini relatif murah meriah, 10 biji cuma 3 ribu saja..kalau aku beli di budhe sayur langganan. Kalau di Jawa biasa buat tahu isi sayur, atau buat di masak oseng, sambel goreng, campuran brongkos, sayur empis2 dll. Bahkan kalau di Yogya..tahu pong ini di iris2 tipis..bisa buat campuran bakso lho teman2..enak sekali rasanya. Kuah bakso yang gurih..meresap ke pori2 tahu pong yang kenyal luar dan lembut di dalam..wah sedapnya..hihi.

Nah selain di masak..tahu pong ini juga enak di buat keripik teman2..caranya mudah sekali..simak caranya ya :

Ini dia penampakan tahu pong. cuci bersih dulu, lalu di belah dua ya bentuk serong


Keluarkan bagian isinya, lalu balikkan permuakan tahu hingga berntuk bulat.


Celupkan ke air agar agak basah permukaan tahu pongnya, tiriskan..lalu gulingkan ke TEPUNG CRISPY ( atau tepung bumbu lain ) hingga rata menutupi semua bagian tahunya.


Goreng hingga matang dan renyah. Menggorengnya juga cepat sekali...jadi dech cemilan kriuk..gurih dan enak. Cara membuatnya mudah..bahannya..murah..jadi..yukk..di coba ya teman2.












5 comments :

  1. asiiik gampang ya mba...tapi sayang isi tahunya dibikin apa ya

    ReplyDelete
  2. segampang ini ternyata bikinnya yah ckkckc
    mba didiiii aku suka banget sama tepung kentangnya, kemaren aku malah buat gantiin tepung panir pas lagi bikin tahu goreng tepung.
    lebih kriukkk, dibikin buat perkedel juga jadi kres kres perkedelnya.

    ReplyDelete
  3. Wah...infonya sangat bermanfaat sist. Agar jadi sprti krupuk,apakah mnggorengnya harus lama?

    ReplyDelete
  4. wah infonya bagus mba bisa juga nie wat nambah-nambah usaha saya hehehe, mba klo mau pesen tahu pong asli bisa langsung dateng ke pabrik saya, terimakasih mba informasinya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  5. wuihh enak tuhh...simple but maknyusss hehe
    thank's infonya ya..
    baca juga tips kesehatan sis

    ReplyDelete