Google Ad

Friday, August 1, 2014

Tips Membuat Donat Kentang Praktis dan Enak Dengan Campuran Tepung Kentang


Masih pada sibuk liburan ini pasti ya teman2 ?..Alhamdulillah tadi udah semangat bersih2 dapur..hihi. Dan semangat mau bereksperimen lagi dengan resep2 baru. Cuma..masalahnya belum mood belanja nich teman2..soalnya di pasar2 pasti masih harga Lebaran ya teman2..hihi. Apalagi di Semarang dan sekitarnya nich kan ada tradisi lebaran ketupat..yaitu Lebaran kedua..hihi..jadinya harga2 bahan2 di pasar bakalan anteng nich ndak mau turun sebelum lebaran ketupat. Jadi..di tahan2 dulu dech belanja banyak2..cukup seperlunya dan ngabisin stock apa yanga da di kulkas aja dech.

Oke dech sementara belum banyak bahan...aku posting dulu tips membuat donat kentang praktis dulu ya teman2...pakai apa..pakai tepung kentang seduh jualanku lah..hihi. Udah bisa mulai order lagi nich teman2 yang kemaren mau pesan di deket2 hari lebaran..Senin Jne udah buka kayaknya ya..jadi bisa aku data2 dulu yang mau order tepung kentangnya ya. 

Oh ya..buat yang belum tau..tepung kentang kayak gini nich teman2..ini buatan ukm binaan kami nich..tapi kualitas udah standar masuk pasar modern..tapi harga masih terjangkau..karena aku ambil langsung dari produsennya dan udah kerjasama dengan aku untuk jadi distributor penjualan online. Jadi..di jamin lebih murah dari yang merk impor lho teman2..hihi. Oh ya kegunaan tepung kentang seduh ini banyak banget dech..bisa menggantikan kentang kukus di aneka olahan masakan atau kue2 yang pakai kentang kukus. Jadi intinya ini adalah kentang kukus yang di keringkan. Jadi cara pakainya tinggal seduh air panas aja..jadi dech kentang kukus halus..bisa buat perkedel, kroket, kentang panggang..aneka campuran buat kue atau jajanan tradisional..roti..donat dll. Jadi..praktis banget kan nggak perlu ngukus atau numbuk2 kentang jika mau bikin masakan atau kue2 yang pakia kentang kukus. Kayak gini nich...bentuk tepung kentangnya teman2..dalam bentuk flake atau serpihan gitu..dan ini kemasan 1 kg ya, banyak lho..kalau mau buat perkedel aja bisa..10 kali pakai lho. Sekali pakai setara dengan pemakaian 250 gram kentang segar..jadi irit juga kan teman2.

Oh ya..aku udah uji coba buat donat pakai tepung kentang seduh ini..dan hasilnya..oke banget lho teman2..enak..sama kayak pakai kentang kukus segar hasilnya..menul menul dan lembut. Oh ya..resep donat kentang ini aku sertakan ya..jika teman2 beli tepung kentangnya. Tapi biar lebih jelas..aku posting tips2 urutan cara pembuatannya di sini dengan foto agar lebih detail. Oh ya..jika teman2 berminat pesan tepung kentangnya..silahkan isi aja contact form yang ada do pojok kanan atas header blog ini ya..atau email aja di bundadidi@gmail.com...atau inbox di fb ku atau di page. Sertakan sekalian no hape dan alamat lengkap termasuk kecamatannya ya..biar bisa fix dan detail cek ongkirnya. Tepung ready stock nich dan siap kirim ke seluruh Indonesia..via jne. Oke..cekidot dulu yuks..tips membuat donat kentang pakai tepung kentang seduh ini..:
  • Langkah pertama..ambil tepung kentang, seduh dengan air panas secukupnya..sampai jadi kentang kukus halus.
  • Hasilnya kayak gini nich..nggak beda kan..sama kentang kukus segar yang di kukus, kemudian di haluskan.
  •  Campur tepung kentang  yang sudah di seduh dengan bahan2 donat lainnya
  •  Uleni hingga setengah kalis, lalu masukkan margarin / mentega dan garam
  •  Uleni lagi hingga benar2 kalis dan elastis seperti ini ya adonannya teman2.
  • Adonan setelah di fermentasi...kempiskan adonan. Ciri adonan mengembang jika kita tarik bagian dalam dengan tangan kayak ada serat2nya gitu ya teman2.
  • Adonan yang mengembang dengan baik..mudah sekali di bentuk. Dan hasil bulatannya juga ngembang dan udah keliatan menul2 kan walau masih mentah dan belum di goreng.
  • Goreng donat kentang di minyak banyak dan sudah dipanaskan, sambil di putar2 agar matang merata dan bentuknya bulat cantik ya teman2..kayak gini nich. Hasilnya empuk..dan menul2 dech donatnya..^^






57 comments :

  1. mb DD,pnah aku mau buat donat pake kentang.tpiii,si kentang yg udah dduk manis di kukusan stngah jam,keraass,ehh,trnyta kentang yg tak pake msh muda.ya wis,gak jd.di pkir2 bkin donat pake kentang kalo buat jualan gak dpt untung.aku jga udah nyobain pke labu kning,cntik nian donat aku.jga kokoh.sblmnya aku bkin donat slalu empuuuk bngits.hahaha.enak,tpi,ya ttep aja pas di jual krg menarik.tp alhamdulillah,kdg ada yg psen.
    Elmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu makanya pake tepung kentangnya kmrn Mba Elmi..cobain kan ndak perlu ngukus2 kentang..hihi..hemat tenaga..waktu serta hemat gas tho..:D

      Delete
  2. Mba mau pesen tepung kentangnya piye carane mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Jeani..email aja aku di bundadidi@gmail.com..kasih alamat biar aku cek ongkirnya..atau tinggalin no hp aaja di email ntar ku sms..:)

      Delete
  3. iya aku juga pengen mbak, piye carane ??
    Eka - Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Eka..boleh bingits..hihi..email aja ya..di bundadidi@gmail.com alamat mba, lengkap dgn kecamatannya ya..biar aku cek ongkirnya..atau tinggalkan no hp di email..ntar aku sms..:)..atau via contact form di atas juga bisa..:)

      Delete
  4. enaaak deh liatnya...semua bahan ada nih, termasuk potatp starch..tinggal cari buat fermentasinya..makasih tipsnya ya mak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak Indah..met coba ya...eh tapi resep ini pakenya yang flake yang Mak..tepung kentangnya..bukan yang starch..:)

      Delete
    2. Beda dr apanya mbak?flake apa starch....bgmn cara bedainnya ?
      Saya beli di Harmony..adanya cuma tepung kentang aja tulisannya

      Delete
    3. Beda dr apanya mbak?flake apa starch....bgmn cara bedainnya ?
      Saya beli di Harmony..adanya cuma tepung kentang aja tulisannya

      Delete
  5. Aiih mba Diah, ko sama. Saja juga masih malas kepasar, kebetulan ini masih mau menghabiskan sisa alias stock dikulkas aja, yang kebetulan masih lumayan banyak lah, sampai masa lebaran habis dan mudik alias macet didepan perum nanti berlalu baru rencananya mau belanja2 lagi kepasar, walaupun sebenarnya kangeeenya sama suasana pasar hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Tina..masih kena macet lebaran ya Mba..klu mau ke pasar. Kalau di sini nunggu lebaran ketupat mba..wah..lebih rame itu harga di pasar..sama kayak lebaran biasa..hihi. Soalnya udah tradisi..lebarannya dua kali..hihi..kurang puas kali yach kalau cuma sekali lebarannya..:D

      Delete
    2. Saya kalau lebaran ketupat gini jadi makin kangen kampung halaman mba, tetangga saya yang kebanyakan orang jawa, pasti deh merayakan lebaran ketupat. Dan saya suka banget tuh kalau dapat kiriman ketupat dari mana2,,, g pernah bosan, apalagi tetangga kalau bikin kuah ketupatnya supeeer pedaaass huuaah (duuh lapeer)

      Delete
    3. Sama mba..aku kalau lebaran biasa atau lebaran ketupat juga ndak pernah masak..mesti di kirim mertua..hihi

      Delete
  6. Mba diah itu nguleninnya make mixer atau tangan ?suka pengen bikin donat sendiri tp gak pede kalo pake tangan. Kira2 pake tangan nguleninnya brp lama ya mba?wini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Wini..pakai tangan aja mba..bisa kalis juga kok..ayukk di coba dulu..:)

      Delete
  7. Mbak diah, mnt tlg dong....ak kyknya pernah liat resep cemilan kuno dr mbak diah *gak tau namanya* yg sm mbak diah dibentuk kyk donat tp warna warni dan ada gula halusnya....sekilas rasa mirip dg bidaran tp tekstur dlmnya lbh berongga.....kmrn pas lebaran gak sengaja mkn itu diwarung sate yg nyediain suguhan buat pembeli, tp mau mkn banyak2 kan malu, hihihi.....trus keinget kyknya pernah baca d blognya mbak diah, betul g ya? Kl ada ngrepotin tlg di kasi link nya ya....mai cb nikin sendiri gr2 kmrn blm puas mknnya....makasih....
    Ayu, jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..seru sekali mba Ayu..makan sate dapet cemilan gratis ya..hihi. Itu namanya kerupuk donat pong Mba..iya kayak widaran dari tepung ketan. resepnya di sini yach...: http://www.diahdidi.com/2014/05/donat-pong.html

      Delete
    2. Iya mbak kl di kotaku tp yg bnr2 di desanya kyk gt kebanyakan, hihihi....mknya kl lebaran lbh suka menjelelajah desa, cari jajan lebaran, wkwkwkwk...ok makasih ya....

      Delete
    3. Wah.,.seru malah..:) Iya Mba..sama2..met coba ya..:)

      Delete
  8. Mbak donat pong iti,untuk gorengan kloter kedua minyaknya kan udah panas.masih bs dipake minyaknya?ato hrs pake minyak baru lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa di pakai dong mba..kan masih bersih..dan lanjut aja buat goreng terus minyaknya. Jika udah selesai goreng donat dinginkan..masih bs pake lagi buat goreng makanan lain..:)

      Delete
  9. mb.Diah....donatnya di cetak atau di apain sihh...aku belum bisa buat donat seperti itu...btw aku mau pesan donk mb...tepung kentangnya..harganya berapa ya...nanti aku email via office aja ya,,,mksh

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cetak pakai tangan Mba..hihi. Kalau adonannya kalis dan ngembang..mudah kok mba..di bentuknya. Iya mba..via email aj aya lebih enak dan private hihi..

      Delete
    2. dibulat bulatkan trus dibolonginnya pake jari ya mb....walah pasti aku ga iso dech....hehehe, ini koq mb.Diah bisa bagus banget sih,,,heran loh aku (lebay dech)

      + Ara +

      Delete
    3. Hihi..makanya ayukk praktek Mba..lama2 bisa bagus juga lho nanti..:)

      Delete
  10. mba dah..klo tuk tep kentang spti yg di posting di atas bisa gak dpke bt pastel kentang /pastel tutup???....soalnya suka skali ma pastel kentang cuma malas sj klo hrs ngulek kentang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba Ivanna, jadi intinya semua makanan yang biasanya kita pakai kentang kukus..bisa di ganti tepung flake ini mba..krn setelah di seduh air panas..ya jadi kentang kukus lumat yang udah halus.:).

      Delete
  11. kalo boleh tau harganya berapa ya??
    baru disini nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja mba Yessy..di bundadidi@gmail.com ya..atau inbox di fb..biar lebih detail infonya ya..TQ

      Delete
  12. Mba Didi, bahan-bahan donatnya apa aja?
    tampilannya enak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nich pake tepung kentang flake yang aku jual mba..jadinya resepnya di kemasannya..kalau beli dpaet resep donat ini..hihi.

      Delete
  13. Wah...mau dong Mba tepung kentangnya, ada resep donatnya sekalian kan?.. Kalau tepung garut jual juga ga Mba? (Nita)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgll isi contact form di pojok kanan atas itu Mba Nita..atau email ya biar privat komunikasinya jika mau order,.Iya nanti di kasih resepnya..:)

      Delete
  14. Gak sabar mau nyoba kiriman tepung kentang flakenya nih mbaa, hehehe. Apalagi dpt resepnya sekalian. Guemes sama donatnya. Menul2...

    ReplyDelete
  15. Hallo Mba salam kenal..aku penggemar blognya..makasih buat sharing resepnya..aku coba isi contact form nya kok susah banget ya Mba..hiks
    berminat sama tepung kentangnya nih..(citra)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak bs email di bundadidi@gmail.com ya Mba CItra..Tq :)

      Delete
  16. Mba, tepung kentangnya dah sampe. Tp koq gak ada resep donat kentangnya yaa? Penasaran mau praktek nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketinggalan ya mba..hihi..udah tak email ya..maklum yang packing assisten..hihi

      Delete
    2. Saya jg wkt itu ga ada resepnya lho mbak... Sy udh email ya tlg direply

      Delete
  17. Mb diah klo mau pesen tepung hrs lewat email ya..klo sms atau WA bisa ga ? Thx mb - yuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggalin no hp aja di contact form mba..nanti aku sms ya..:)

      Delete
  18. Mba Diah,
    tips biar bentuk donat mulus dan rapi nya gimana? karena saya kalo buat selalu kurang cantik..tepungnya berapa 1 Kg mba?
    thanks- Tika

    ReplyDelete
  19. mbak diah biasanya saya bikin cake pake kentang kukus mau tak ganti pake tepung kentang flake. di resep cake saya kentang kukusnya butuh 100 gram, kalo pake kentang flake butuh brp gram ya? #mohon infonya-kinan

    ReplyDelete
  20. Mbk diah kan saya nyoba buat donat kentang dengan cara pakai tepung kentang kok hasilnya tepung kentang yg saya sedu itu kayak kanji mbk modelnya lengket dan berwarna bening gt kl di uleni sama tepung terigu itu gak mau nyatu jadinya mengumpal kecil kecil gt.. kenapa ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba pakai yang mana tepung kentang kan ada dua macam..yg seduh itu kuning bentuk serpihan..yang satu pati kentang kayak kanji memang..kalau yg itu untuk kue kering dan gorengan..bukan donat ya..:)

      Delete
  21. Mbak, saya beli tepung kentang flakenya sdh agak lama. Pas hari ini mau buat koq ga ada resepnya ya? :( boleh minta tlg diemailkah resep bikin donat pake tepung kentangnya mbak Didi?. Email saya yettisalaka77@gmail.com . Terimaksih bnyk sblmnya

    ReplyDelete
  22. Hai mbak, salam kenal. Boleh minta detail resepnya? Kebetulan saya sudah beli tepung kentangnya, tapi resepnya ga ada, hehehe.. Terimakasih sebelumnya mbak 😊

    ReplyDelete
  23. Boleh minta nomor WA ? Mau tnya informasi tepung donut nih

    ReplyDelete
  24. Alviandy_putra@yahoo.com
    Tolong di informasikan di email ya buk
    Terima kasih

    ReplyDelete
  25. suka dengan resep resep masakannya. Terimakasih sudah berbagi.

    ReplyDelete
  26. Tepung kentangnya harga berapa mbak?

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Mb Diah.. Slm kenal ya.. Saya tertarik sm tepung kentang nya.. Bs tlg dm sy di 08179888906 tq

    .

    ReplyDelete
  30. Hola las cantidades de los ingredientes

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel