Google Ad

Friday, December 22, 2017

Lodeh Campur Putihan



Selamat hari Ibu ya bunda-bunda semua...
Buat para Bapak,  jangan lupa Kadonya ya...hahah

Menu hari ini favorit ibu-ibu sedunia..hahah..lebay dech..se Indonesia..maksudnya..eh di persempit lagi se Jawa Tengah kali ya...karena yang kenal lodeh model begini mungkin hanya di Jawa Tengah dan sekitarnya.
 
Menu hari ini Lodeh campur, ada kluwih, ada kacang panjang, ada tempe semangit, ada daun so. Lodehnya kali ini lagi kepengen versi putihan yang tanpa di tumis. Kemaren waktu makan di warung bu Fat aku coba lodeh putihan gini kok suka rasanya. Langsung dech coba bikin sendiri dan memang seger rasanya. Jadi buat yang lagi mengurangi minyak-minyak, bisa nich buat menu diet ya teman-teman. Tapi santannya encer aja ya jika mau jadi menu diet..hihi. Atau ganti pakai cream pengganti santan...ada kok. Beberapa waktu lalu aku upload di instagramku produknya. Aku udah coba, oke untuk bahan pengganti santan pada masakan.

Menu Yodha dan Papinya Ayam Kremes...tadi udah nyicil bikin kremesan, pakai Tepung kremes jualanku, biasa yang super praktis, tinggal campur air aja sam sedikit telur...langsung goreng dech. Sekalian bikin banyak tadi kremesannya, soalnya besok ada keponakan dari Karawang ya datang ke rumah, jadi sekalian nyetok kremesan, sama ayam ungkep. Jadi besok tinggal goreng ayamnya aja, kremesannya sudah ready. Jika di pisah dan di letakkan di wadah kedap udara, awet kriuk beberapa hari kok teman-teman, kremesannya. Jadi lebih mudah dan praktis, sewaktu-waktu mau makan Ayam kremes, tinggal goreng ayamnya dech. Yang mau coba Tepung kremesnya, silahkan wa ke 089654712500 ya teman-teman.

Tadi sekalian aku bikin tempe kremes dua biji untuk diriku sendiri..hahah. Lha kalau seorang ibu itu lebih milih Tempe Kremes di banding Ayam Kremes. Lauk ayam mending buat suami dan anak aja. Seorang ibu itu rela..kalau makan ayam cuma kebagian kepala dan ceker ayamnya..hahah. Yang penting suami dan anak makan enak. Tapi kalau aku memang suka masak enak buat suami dan anak, tapi kalau buat sendiri lebih suka sayur lodeh atau nyambel gitu misal sambal korek dadakan, goreng tempe...praktis dan enak.

Seorang ibu itu rela makan terakhir aja, dan sibuk  meyiapkan ini, itu keperluan makan..ketika suami dan anak makan, seorang ibu akan bilang sudah kenyang, jika makanan hanya cukup untuk anak dan suami dan mereka suka..*padahal kadang ya karena udah kenyang beneran..udah nyicip sepiring ya teman-teman waktu masak..hahah. Seorang ibu itu, akan mikir 10 kali untuk makan di resto mewah dan mahal...karena mikir mending uangnya bisa buat belanja keperluan bahan dapur selama seminggu..hahah...bener nggak teman-teman ?...Lol..!

Ya...yang penting kita sebagai ibu..tetap semangat selalu ya teman-teman, menyiapkan menu favorit keluarga, Selamat hari Ibu untuk semua ibu-ibu di Indonesia...:D

Oke, aku share resep Lodeh Putihan ya, karena ini bumbunya ala Semarangan yang beda sama resep aneka lodeh sebelumnya yang aku share di webku ini.
Sayur Lodeh Putihan


Bahan :

1 buah Kluwih, potong sesuai selera, jika sudah tua, buang bijinya

5 lonjor kacang panjang, potong-potong

1 genggam daun so

200 gram tempe yang sudah menginap beberapa hari ( semangit ), potong-potong-

10 buah cabai rawit ( sesuai selera ), potong serong

2 buah cabai merah , potong serong

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, memarkan

½ sendok makan gula merah

1 sendok teh garam, satu sendok teh kaldu sapi

1 sendok makan rebon

1000 ml santan encer saja

Bumbu halus :

5 buah bawang merah, 2 bawang putih

1 sendok teh ketumbar

4 butir kemiri

Cara membuat :

Didihkan santan

Masukkan semua bumbu

Masukkan kluwih dan tempe semangit, masak api kecil hingga kluwih empuk

Masukkan kacang panjang dan daun so

Masak sebentar lagi

Koreksi rasa

Sajikan hangat

7 comments :

  1. Jawa timur bagian barat juga mbak, di tempatku kalau masak lodeh ya begini ….

    ReplyDelete
  2. Mba Diah..ini bener santannya hanya 100ml?

    ReplyDelete
  3. Mb diah maaf mw tny ini g pake bwang putih y? ..klo d ig ad bwg pth mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai mba..sudah di edit yo..thanks :D

      Delete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel