Google Ad

Tuesday, December 19, 2017

Tips Sukun Goreng Agar Gurih


Lagi musim Sukun di pasar ya teman-teman. Dari kemaren nemu Sukun yang bagus dan tua. Jika di goreng rasanya mempur, enak sekali. Sebenernya kemaren ke pasar itu nemu Sukun, pikirku mau tak masak lodeh, eh tapi sudah ketuaan, jadi paling enak ya di goreng saja.


Sukun bisa di sayur ? Bisa kok teman-teman, tapi yang belum terlalu tua ya, biasanya di rumahku di Yogya di buat sayur lodeh pedes sama ibuku. Caranya Sukun di iris kotak kecil, lalu di masak seperti Sayur lodeh  biasanya. Sudah sejak kecil sich biasa makan sayur lodeh Sukun..hihi.

Rasanya enak juga, empuk dan mempur, apalagi jika di masak pedes. kemaren kangen masakan ibuku itu, jadi pengen bikin, eh nemunya Sukun yang tua terus di pasar. ya udah di goreng aja, enak sekali rasanya...manis dan mempur, legit...berpadu gurih luarnya. Di makan anget-anget gitu enak banget.

Cara menggoreng Sukun mudah saja, tinggal di kupas, terus di rendam bumbu, lalu di goreng. Walau ada juga yang menggoreng Sukun dengan lapisan tepung, kalau aku kok lebih suka Sukun Goreng polosan aja...lebih enak dan gurih menurutku.

Apalagi jika di iris tipis-tipis, jadi bumbunya meresap ke Sukunnya itu enak banget. Jika mengirisnya terlalu tebal, nanti yang terkena bumbu hanya bagian ujung aja, jadi kurang sip. Kalau jaman kecil dulu sukanya yang bagian ujung, yang gurih..hahah. Tapi sekarang udah tau triknya di goreng tipis-tipis, jadi semua bagian terasa bumbunya.

Jika mau lebih merasuk bumbunya, sebelumnya rendam dahulu dalam bumbu yang di campur air, jadi bumbu akan semakin meresap. Bumbu Sukun goreng ini, jika mau simple dan soft rasanya, bisa pakai bumbu minimalis garam dan bawang aja, tapi jika mau lebih gurih, bisa di tambah kaldu ayam sedikit. Rasanya akan semakin gurih.

Oh ya, menggoreng Sukun juga harus terendam minyak ya teman-teman, agar hasilnya cantik, empuk mempur dan matang sempurna. Memasukkan Sukun ke wajan yang berisi minyak panas juga jangan terlalu banyak agar stabil suhu minyaknya, jadi Sukun akan cepat  matang dan tidak menyerap minyak.

Jika mau di buat keripik, iris Sukun lebih tipis, kemudian di rendam bumbu, lalu di goreng hingga kering. Pemakaian minyak tentu harus lebih banyak lagi atau deep frying ya jika mau membuat keripik Sukunnya warnanya cantik dan renyah merata.

Oke, semoga bermanfaat sedikit tipsnya ya teman-teman..

-

5 comments :

  1. Dear mbk Dd...
    Mbak katanya sukun bisa d buat tape. Apa iya??enak g?Kira22 rasanya manis g?? Katanya kalo buat tape pake suku yg kemampo/tua. Trial dong mbak..ntar tak tiruu wes resep nya. mumpung lg musim sukun. Thanx b4....

    ReplyDelete
  2. Dear mbk Dd...
    Mbak katanya sukun bisa d buat tape. Apa iya??enak g?Kira22 rasanya manis g?? Katanya kalo buat tape pake suku yg kemampo/tua. Trial dong mbak..ntar tak tiruu wes resep nya. mumpung lg musim sukun. Thanx b4....

    ReplyDelete

Diah Didi YouTube Channel