Wednesday, November 22, 2017

Mie Tom Yum


Musim hujan telah tiba ya teman-teman, jadi menu yang pas itu menu berkuah dan hangat. Indonesia kayak menu berkuah yang enak dan segar ya. Tapi sekali-kali tak ada salahnya mencoba menu berkuah dari Negara lain yuk. Salah satunya menu Sup Tom Yum dari Thailand.


Kali ini aku kombinasikan sama Mie, rasanya enak..seger, asem pedes dan gurih kaldu ayam berpadu kaldu seafood. Pernah makan Mie seafood ala Korea yang instan...rasanya lebih enak dari itu..hahah. Karena aku pernah coba kok rasanya agak amis. Nah, kalau bikin sendiri begini, asal bahan yang di pakai fresh dan segar, rasanya itu gurih sekali teman-teman.

Cara memilih Udang segar. Udang masih kenceng, keset dan bening badannya. Kepal dan badan juga belum terpisah. Jika mau cantik warnanya seperti di fotoku itu, pakai Udang Bago ya teman-teman. Untuk Cumi, pilih yang masih keset dan kenceng juga badanya, kemudian kantong tintanya belum pecah. Untuk meminimalkan aroma amis khas seafoodnya sebelum di olah kucuri dengan air jeruk nipis, lalu cuci kembali hingga bersih.

Dengan begitu, kuah Sup Tom Yumnya akan gurih dan segar, tanpa aroma amis. Apalagi di tambah penambahan aneka rempah yang membuat aroma supnya makin segar. Dulu aku kurang begitu suka Sup Tom Yum ini, karena kadang nemu yang amis, atau terlampau asam, dll. Tapi pas terakhir itu mencicipi Sup Tom Yum ala salah satu resto Thailand di Citraland mall, itu rasanya enak banget, pas sesuai seleraku. Jadi sekarang bisa bikin sendiri, dengan patokan rasa yang aku pernah cicipi di restoran itu..hihi.

Oke, langsung aja ya, ini dia resepnya teman-teman, selamat mencoba ya...
Mie Tom Yum

Bahan :
200 gram Mie kering, rebus 
1500 ml air Kaldu Ayam
100 gram Udang Segar, kupas
100 gram Cumi Segar, kupas
100 gram Ikan Fillet Kakap Segar ( nggak pakai nggak apa2 jika untuk Mie )
50 gram Jamur kancing / merang
1 sendok teh kaldu ayam / garam
1 sendok teh kecap ikan ( nggak ada nggak pakai juga enak :D )
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
2 batang serai, memarkan
5 buah cabai merah keriting, haluskan
2 cm jahe, memarkan
2 siung bawang putih, geprek
1/2 buah bawang bombay, iris 
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh gula pasir atau sesuai selera
1 sendok makan air jeruk nipis ( sesuai selera asamnya )

Cara membuat :
Tumis Bawang bombay dan Bawang putih hingga harum
Masukkan air kaldu dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan seafood
Masak sebentar hingga meresap
Sajikan Mie dengan kuah Tom Yum, sajikan dengan daun ketumbar atau sledri.


2 comments :

  1. Hallo, Mba. mau nanya, saya kan tidak suka jahe, kalau dihilangkan apakah akan merusak rasanya ya? terima kasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahe buat ngilangin amis seafood mba, juga bikin kuah seger.

      Delete