Tuesday, November 28, 2017

Bebek Goreng Bumbu Bacem


Akhir-akhir ini aku sering masak Bebek, karena Yodha sudah suka Bebek. Dan kebetulan di pasar juga sering ada yang jual Bebek mentah sekarang. Jadi sering beli dech...karena harga juga tak jauh beda dengan Ayam. Jadi buat variasi  lauk Yodha aku semangat masaknya.

Walau kalau aku sendiri aku kurang begitu suka Bebek, tapi tetap doyan sich, apalagi jika masak sendiri yang bumbunya bisa sesuai selera. Tapi...kadang karena suami dan anak suka, aku lebih suka nggak makan..biarin aja di habiskan berdua..hihi. Jadi istilahnya itu..doyan, tapi nggak terlalu suka banget sama Bebek.

Kalau Yodha ikut tim Papinya yang suka Unggas apa aja..Burung Puyuh, Burung Dara, Yodha juga suka seperti Papinya. Kalau aku kurang suka Burung kecil-kecil gitu..hihi. Senengnya masak aja buat Yodha dan Papinya. Tapi ya memang di umur yang ngga muda lagi gini, baguslah ya jika mengurangi lauk pauk ya teman-teman. Aku kok lebih suka makan Urap, Sayur lodeh, dll..lauknya Tahu, Tempe, sudah cukup..atau kadang lebih suka Ikan asin..hihi.

Tapi kalau untuk Yodha dan Papinya, tetap masak lauk pauk minimal Ayam...sudah wajib jadi menu sehari-hari, karena mereka nggak baisa, makan dengan cuma Urap atau Tahu Tempe...hihi. Kalau Emak-Emak itu makan pakai Sambel sama tempe aja bisa ya teman-teman, tapi kalau untuk anak dan suami ya nggak tega...hahah. 

Iya lho, kadang kalau siang udah sibuk kerja di rumah, tau-tau udah jam 12 dan lapar, belum masak, paling mudah dan cepat pasti ya nyambel, bikin telur dadar, goreng tempe, dll udah..cukup buat makan sendiri..hihi. Baru dech sore aku masak yang untuk suami dan anak. Karena Yodha juga sekolah full day, pulang sore, jadi masaknya aku biasa sore yang lauk lengkap.

Nah kemaren  beberapa hari lalu aku masak Bebek lagi, tapi beda versi..biasanya di bumbu gurih, tapi biar Yodha nggak bosan, kemaren aku coba masak bumbu bacem, ternyata Yodha juga suka..dan bilang enak sekali. Pokoknya mau bumbu gurih atau bumbu sedikit manis ala bacem gini, asal bumbunya pas, enak semua kok teman-teman Bebeknya. Sebenernya pengen juga coba olahan Bebek lain misal di masak Rica-Rica, dll, cuma takutnya malah kurang suka Yodha, jadi aku selalu buat jadi Bebek Goreng aja, paling variasi bumbunya yang beda.

Oke, aku share ya resep Bebek bumbu Bacemnya teman-teman. Tapi Bebeknya cuma tinggal sepotong itu di fotonya..hihi...di maka pakai Urap. Kalau resep Urap sudah pernah aku share ya di SINI.
Bebek Bacem

Bahan :
1 ekor Bebek, bagi menjadi 4 atau 6 bagian
800 ml air kelapa
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
40 - 50 gram gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh garam / secukupnya

Bumbu Halus :
6 butir Bawang merah
2 siung Bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
Masukkan semua bahan ke dalam panci
Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap
Jangan lupa koreksi rasa 
Jika sudah hampir habis kuahnya, tiriskan dulu, dinginkan, baru di goreng sebentar saja saat akan di sajikan.

Tips :
Agar Bebek tidak amis, buang bagian Brutu / ekornya
Bebek akan empuk dan lembut dagingnya jika di masak api kecil, bumbu juga makin meresap, jadi tidak di presto juga nggak masalah.


4 comments :

  1. Halo Mbak Diah, salam kenal.

    Mbak mau nanya dong, kebetulan di tempat saya enggak ada lengkuas. kira2 gimana cara ngakalinnya ya? trims.

    efi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pakai nggak pa2..itu buat bumbu :)

      Delete
  2. Terima kasih resep nya, sudah dibookmark, entah kapan dicoba.

    untuk raun round jika boleh ikut menjawab, bisa pakai kelapa parut

    ReplyDelete