Friday, November 10, 2017

Misoa Goreng Versi Adonan Kukus


Misoa, salah satu cemilan favorit di rumah. Sering bikin, tapi yang versi prkatis, yang setelah di masak, langsung di dinginkan, di potong-potong, lalu di goreng dengan adonan tepung pencelup atau kocokan Telur. Jadi hasil Misoanya lembut dan masih terasa tekture Mienya.


Tapi ada beberapa teman yang kontak dan minta saran, kok Misoanya ketika di potong jadi hancur. Hemm..seharusnya sich tidak ya, karena Misoa akan menggumpal ketika dingin, apalagi  jika di dinginkan terlebih dahulu di kulkas, baru di potong-potong.

Tapi ada teman yang coba, tetap hancur katanya waktu di iris..dan request resep adonan yang lebih kokoh dan mudah di iris.
Baiklah, aku kasih resep yang adonan lebih kuat, yang versi di kukus adonan nya ya teman-teman..jadi jika ada yang kesulitan mengirisnya, dengan di kukus adonan lebih padat, rapi dan mudah di iris.  Oh ya teman-teman, jika mau tanya-tanya tentang resep atau interaksi langsung dengan aku bisa follow instagram aku ya @bunda_didi..aku sering share foto, video dan juga tips praktis sehari-hari.

Tapi, kalau aku sendiri lebih suka Misoa yang versi, setelah di masak di cetak di loyang, di dinginkan, terus di potong-potong dan di goreng. Tekture Mie nya masih lembut dan terasa. Untuk pencelup, bisa pakai kocokan telur dan adonan Tepung seerti Tepung Mendoan.

Oke, langsung saja aku share resepnya ya teman-teman, selamat mencoba....

Misoa Goreng Versi Adonan Kukus
Bahan :
Bungkus Misoa
50 - 100 gram Daging /Ayam cincang, atau pakai daging ayam asap / sosis enak juga
Wortel 1 buah di potong kotak kecil /di parut kasar, daun bawang 1 btg , di iris halus
Air 600 cc
Bumbu :
1 siung bawang putih,2 siung bawang merah , 1/2sdk teh merica,1 sdk teh garam atau bubuk kaldu, 1 sdk teh gula pasir

Adonan tepung  : Aku pakai Tepung Mendoan, di aduk bersama air hingga jadi adonan pencelup yang sedang kentalnya.

Cara Membuat :
Tumis bawang putih halus,tambahkan wortel dan daging..aduk sampai matang daging  dan wortelnya, tambahkan air, bumbu lainnya dan daun bawang, lalu masukkan misoa, masak sampai air habis dan terserap di misoa. Lalu ratakan adonan di loyang persegi, kukus 20 menit, dinginkan, potong-potong persegi, lalu celup goreng ke adonan tepung mendoan, goreng sampai kuning kekemasan, atau di goreng pakai telur kocok juga bisa , lebih praktis.

Kesimpulan :
Untuk  Misoa yang versi kukus, tekture lebih padat dan mudah di iris, tidak mudah terburai mienya, tapi tekture Mienya jadi tidak terasa. Kalau gurihnya sama, hanya beda di tekture saja dengan Misoa goreng yang setelah di cetak, langsung di potong-potong.


Untuk tepung pencelup, aku pakai Tepung Mendoan siap pakai yang aku jual. Sudah berbumbu, jadi jika butuh adonan pencelup untuk bikin Mendoan, Misoa Goreng, Tahu Isi, dll..tinggal di tambah air aja, cepat dan praktis. Jika minat dan pengen coba, silahkan wa 089654712500 ya teman-teman.

Ini penampakan Mendoan yang pakai Tepung Mendoan yang aku jual, ini Yodha aja sendiri habis sepiring kemaren..hihi..tapi memang kecil-kecil sich Mendoannya...:D


No comments :

Post a Comment