Friday, November 24, 2017

Sambal Bawang Terasi Kering



Kemaren sore aku masak Terik Ayam. Nah..lagi mikir Sambal apa yang beda biar nggak bosan Sambal Tomat, Sambal Korek, dll.  Nah, jadi ingat Sambal versi keringan gini. Dulu pernah di kirimin teman Sambal Bawang campur Terasi aja ala Cirebon, hem..langsung kepikiran..di Bali ada Sambal seperti itu ya, namanya Sambal  Embe.


Tapi, jika Sambal Embe ada yang pakai Bawang Putih ada yang tidak, jadi daripada takut salah persepsi, aku sebut saja Sambal Bawang Terasi kering ya teman-teman. Sambal ini awet beberapa hari karena kering. Jika mau buat banyak sekalian, bisa di taruh toples, terus simpan di kulkas ya. Pasti dech jadi penyelamat di kalan lapar melanda, tapi nggak ada lauk lain...hihi..lebay ya..:D

Cara membuatnya juga mudah sekali, dan nggak perlu bumbu apa-apa udah enak dari terasinya. Apalagi aku pakai Terasi Juwana, jualanku. Terasinya selain gurih sudah ada aroma manis, karena terbuat dari udang rebon kecil yang segar, itu yang bikin aroma agak manis, jadi tanpa perlu garam dan gula, sudah pas rasanya. Terasi Juwana yang aku jual ini juga udah aku uji lab di Dinas Kesehatan Semarang, dan sudah ada sertifikat bebas bahan-bahan yang aneh-aneh seperti pewarna, Boraks dll..jadi aman dech. Selain aman..rasanya juga Juara..enak sekali.

Jika mau versi basah ala Bali, di buat agak basah numis Bawangnya, kemudian agak berminyak, dan di kucuri jeruk nipis. Tapi kalau aku suka yang versi keringan gini. Di makan pakai Nasi anget yang agak lembek gitu, udah enak banget dech, nggak perlu lauk lain juga enak..hihi.

Menu yang cocok dengan Sambal ini misal sayur Sop atau Terik Ayam seperti yang aku masak kemaren, rasanya gurih dan sedikit manis..enak sekali rasanya.  Jika versi kering ini, bisa di simpan buat persediaan beberapa hari. Tips agar Sambel ini enak, gunakan Terasi yang enak ya teman-teman, karena bumbu utamanya ya hanya Terasi ini. Tapi jika menggunakan Terasi biasa, koreksi rasa aja, kurang garam atau gula tidak.

Kalau aku pakai Terasi Juwana yang aku jual, sudah pas rasanya, gurihnya..jadi mudah dan praktis. Yang mau coba Terasi Juwana jualanku sms atau wa aja ya 089654712500...no call ya...hanya melayani via sms atau wa aja, untuk menghindari orang-orang yang hanya iseng ..:D

Selamat mencoba teman-teman, jika suka.
Sambal  Bawang Terasi Kering


Bahan :

10 buah Bawang merah, iris tipis

5 siung Bawang putih iris tipis

10 buah Cabai Rawit merah, iris tipis

½ sendok makan Terasi

Cara Membuat :

Goreng  Bawang merah dan putih hingga agak kering, angkat dulu, sisihkan

Goreng Cabai hingga agak kering

Kurangi minyak

Masukkan Terasi dan Bawang

Aduk rata dan masak api kecil hingga Terasi matang

Angkat, sajikan atau simpan di toples untuk persediaan


No comments :

Post a Comment