Saturday, December 16, 2017

Oseng Usus Pedas




Punya Usus sedikit yang sudah empuk di rebus di kulkas, harus segera di olah, biar nggak kelamaan numpuk bahan di freezer, hihi. Aku suka menyimpan bahan, tapi ya nggak lama-lama waktu nyimpannya. Jika kelamaan ya beda aja rasanya. Yodha juga terbiasa lauk fresh gitu jadi tahu bedanya huhu. Jadi paling lama nyimpan bahan beberapa hari aja.


Karen bosan di masak Sate, aku Oseng aja Usus Ayamnya..enak juga rasnaya asal pas dan kuat ya bumbunya teman-teman. Cabenya kudu banyak..hihi. Selain itu pengolahan Usus sebelumnya juga harus di perhatikan agar empuk dan tidak amis.

Banyak  teman yang ragu mengolah Usus, padahal jika tahu triknya, bisa kok enak dan tidak amis. Caranya...sebelumnya di cuci dulu berkali-kali hingga bersih. Kucuri air jeruk nipis, remas-remas, cuci kembali hingga benar-benar bersih. Selanjutnya rebus pertama hingga mendidih, lalu buang air rebusannya. Lalu rebus kedua dengan rempah...yaitu daun salam dan jahe, serta sedikit garam. Ini untuk menghilangkan aroma amisnya. Rebus hingga empuk dan selanjutnya siap di olah. Di jamin, nggak akan amis dech ususnya teman-teman.

Jika mau cepat empuk, cara terbaik ya di presto. Oh ya, jika malas membersihkan biasanya di supermarket sudah ada ya usus yang bersih teman-teman..hihi. Kalau aku suka beli usus di tukang ayam langganan sich, jadi terjamin selalu fresh, karena tiap hari ke pasar jadi tau, mana pedagang yang suka jualannya habis atau yang suka nimbun dagangan..hahah. Daku kan Miss Pasar banget...lol..!

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya...teman-teman....

Oseng Usus Pedas

Bahan :
300 gram Usus Ayam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok teh terasi bakar
2 sendok makan kecap manis
15 buah cabai rawit, iris halus
5 buah cabai merah, iris halus
6 butir bawang merah, iris tips
3 siung bawang putih, iris tipis
1 sendok teh gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
500 ml air

Cara membuat :
Rebus Usus yang sudah bersih dengan rempah jahe dan salam dan sedikit garam, agar tidak amis
Tumis bumbu iris hingga harum
Masukkan usus, air dan bumbu lain
Tutup wajan , masak api kecil hingga bumbu meresep
Koreksi rasa
Sajikan hangat

No comments :

Post a Comment