Google Ad

Wednesday, December 13, 2017

Tempe Krispi Aroma Daun Bawang



Menu cemilan atau lauk ya ini ?..Tempe Krispi...bukan mendoan lho ya ini teman-teman. Tapi Tempe di lapis adonan Tepung krispi. Biar harum, di tambah daun bawang. Jadi kriuk, gurih..enak sekali. Bisa buat cemilan, bisa buat lauk, misal di makan dengan sup atau menu berkuah lainnya.

Cara membuat Tempe Krispi ini mudah saja. Tempe di iris tipis-tipis. Rendam tempe dalam bumbu sedikit saja, garam / kaldu dan bawang putih. Tiriskan...lalu selanjutnya kita siapkan adonan pelapis. Untuk adonan pelapis, bisa memakai Tepung bumbu apa saja sich.

Kalau aku pakai Tepung Krispi, jualanku...hihi. Lha tiap hari jika buat adonan lapisan Krispi ya pakai itu. Caranya mudah, kita encerkan sebagian Tepung berbumbu dengan air hingga jadi adonan yang encer, celup Tempe, gulingkan ke Tepung berbumbu kering, sambil di cubit-cubit hingga keriting, lalu goreng hingga matang.

Menggorengnya ketika minyak sudah panas ya teman-teman, jadi begitu masuk, lapisan adonan tepung langsung mengembang, jadi hasilnya bisa keriting cantik. Begitu sich tipsnya. Selain itu juga adoan harus terendam minyak ya, jadi bisa kriuk dan matang sempurna. Oh ya, masukin adona tempe ke minyak juga jangan terllau banyak, agar suhu tetap terjaga stabil panas minyaknya. kalau kebanyakan masukin adonan tempe, yang ada suhu jadi turun, akibatnya apa....menggoreng jadi lebih lama, dan jadi keras dech...lapisan tepungnya..atau istilah dalam bahasa Jawa..jadi mbeling..hihi.

Agar adonan keriting juga, jangan lupa juga kibaskan adonan, agar sisa-sisa tepung yang menempel jatuh sebelum di goreng...jadi nanti akan keliatan keriting cantiknya. Untuk daun bawang di iris, lalu di campur adonan basah ya, jadi waktu tempe di celup, daun bawangnya kan pada nempel tuch di tempe, tinggal di gulingkan ke tepung kering, jadi nanti akan cantik warnanya ada hijau-hijau daun bawangnya.

Selain itu aroma dan rasanya juga makin gurih. Jika mau lebih kreatif lagi, bisa di teruskan jadi Tempe Geprek..hihi. Sekarang kan lagi kekinian ya yang namanya Ayam Geprek...Ayam Krispi yang di geprek dengan Sambal bawang mentah, nah..tempe pun enak juga kok..jadilah Tempe Geprek ya..haha.

Oke, semoga jelas ya sedikit tips hari ini teman-teman, selamat mencoba. Jika mau coba Tepung Krispiku juga boleh, wa atau sms ya ke 089654712500. Alhamdulillah banyak yang suka, Tepung krispiku kres renyahnya. Karena aku pakai Tepung khusus dari pabrik tepung terigu terbesar di Jawa Tengah sini yang memang premium, nggak di jual bebas di pasaran, tapi biasa di jual ke pengusaha-pengusaha kuliner...jadi hasilnya memang lebih kres di banding tepung biasa.


No comments :

Post a Comment

Diah Didi YouTube Channel