Friday, November 17, 2017

Lontong Gulai Kikil



Kemaren libur posting ya teman-teman, lagi ada acara, mengisi kuliah umum di UNNES jurusan PKK. Kemaren sibuk bikin materi dadakan. Lha awalnya tak kira materinya tentang usaha kuliner berbasis potensi  bahan lokal, jadi usah nyiapin itu..ternyata materinya Potensi lokal dan Pariwisata hihi...akhirnya malam bikin materi lagi dadakan...mau posting udah nggak sempat..hihi.

Tapi seneng bisa sedikit berbagi dengan para mahasiswa yang penuh semangat belajar, semoga bisa sedikit menginspirasi. Tapi nggak sempat foto banyak, tukang fotonya biasanya suamiku sich jika ada acara di luar, tapi karena hari kerja ya nggak bisa ikut..hihi. Cuma ini kemaren sempat foto bersama Ibu-Ibu Dosen di sana yang baik-baik dan ramah.


Kemaren masih punya stok Kikil dan tetelan sedikit, mau di oseng kok bosan. Akhirnya aku gulai aja, di makan sama Lontong, jadi dech Lontong Kikil tapi nich bumbunya Gulai Jawa aja, bukan Gulai Kikil ala Padang ya...hihi.

Di makan sama Lontong, kasih sambal cabai rawit, kucuri sedikit kecap manis...hihi..Jawa banget tho. Menu-menu Gulai seperti ini biasanya pakai Tetelan, tapi di ganti Kikil enak juga kok..dengan catatan Kikilnya bagian Kikil yang nggak berlendir ya jika di masak, yaitu bagian kaki sapi. Jadi kuahnya tidak akan mengental. Atau jika pakai Kikil biasa, di rebus aja dua kali, agar lemaknya berkurang.

Kalau pakai Kikil bagan kaki sapo ini Kikilnya keset..di rebus sekali aja, di masak santan nggak kan mengental kuahnya. Makanya Kikil jenis ini biasa di pakai di warung-warung Padang untuk di buat Gulai. Jadi walau di sajikan dingin kuahnya tidak akan mengental seperti jelly...hihi. kalau Kikil biasa, jika dingin kuah langsung mengental gitu...jadi cocoknya memang di Oseng aja dan di nikmati ketika hangat jika jenis Kikil biasa. Atau ketika sudah dingin ya terpaksa di panaskan lagi.

Oke, langsung aja ya teman-teman, ini dia resepnya...
Lontong Kikil



Bahan Kuah:
300 gram kikil sapi, dipotong-potong, plus aku tambah sedikit tetelan juga kemaren, plus Jahe, Lengkuas dan daun salam untuk merebus kikil.
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2 sendok  teh garam, 1 sendok teh kaldu sapi
1 sendok teh gula pasir


Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm kunyit

1 sendok teh ketumbar

¼ sendok teh jintan

4 butir kemiri, sangrai

 
Bahan Pelengkap:
3 buah lontong, dipotong-potong
Sambal rawit secukupnya

Kecap jika suka



Cara Membuat :

Rebus Kikil bersama 3 lembar daun salam, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas agar tidak amis hingga setengah empuk. Jika mau cepat di presto. Jika nggak ada presto ya di rebus biasa. Atau pakai Rice cooker 8 in one, aku kemaren iseng coba, bisa empuk juga..pakai tombol stew.

Potong-potong kikil sesuai selera

Tumis bumbu halus hingga matang dan harum

Masukkan santan, dan bumbu lain

Didihkan

Masukkan Kikil

Masak hingga meresap api kecil

Cek rasa sebelum di angkat

Sajikan hangat dengan lontong, atau Nasi biasa ya enak-enak aja..





6 comments :

  1. nice informasinya kawan.. di tunggu kunjungan baliknya
    www.essenaquatic.xyz

    ReplyDelete
  2. Bunda...salam kenal dr aku yah "Nury". Aku penggemar blog bunda didi. Membantu sekali buat sy yg pemula 😁. Mau masak lauk apa aja, kue, pasti search dlu di blog bunda didi. Haha

    Bunda, maaf mau tanya..hehe
    Aku kemarin bikin bakpia pathok resep dr blog bunda. Enaaaak bget mendekati 100% berhasil wkwkwk. Tp aku pakenya tepung yg all purpose. Hehe soalnya gk punya yg tepung protein tinggi atau pun sedang. Emang ngaruhnya apa ya bun?

    Hihihi waduh maaf nih jadi kepanjangan curhatnya.

    ReplyDelete
  3. Bunda...salam kenal dr aku yah "Nury". Aku penggemar blog bunda didi. Membantu sekali buat sy yg pemula 😁. Mau masak lauk apa aja, kue, pasti search dlu di blog bunda didi. Haha

    Bunda, maaf mau tanya..hehe
    Aku kemarin bikin bakpia pathok resep dr blog bunda. Enaaaak bget mendekati 100% berhasil wkwkwk. Tp aku pakenya tepung yg all purpose. Hehe soalnya gk punya yg tepung protein tinggi atau pun sedang. Emang ngaruhnya apa ya bun?

    Hihihi waduh maaf nih jadi kepanjangan curhatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba..salam kenal juga...nggak pa2 sich jk pakai all purpose, jika pakai tgg adonan leboh lentur aja mba :)

      DD

      Delete
    2. Iya sy ulenin smoe bner2 kalis dn lentur bund.. Alhamdulillah lembut juga setelah dibiarin semalaman. Krn punya sy kemarin juga agar kriuk pas hbis dioven. Kalo apinya kegedean itu yg bkin matangnya gk merata ya bun? Soalnya di bagian dalamnya ada sedikit gt yg kelihatan kurg matng. Tp rsanya udh enaaak bgt . Hehehehe makasi ya bunda didi

      Delete
  4. Bunda itu santannya berapa liter ya, makasih...

    ReplyDelete