Tuesday, November 7, 2017

Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit Melinjo


Hari ini hujan seharian, udah rencana mau motret banyak, karena udah nyiapin beberapa menu untuk Buku, gak jadi dech. Aku lebih suka ngandalin cahaya alami luar ruangan untuk motret. Nggak tau..kurang sreg aja..jika di dalam ruangan hasilnya, walau di dalam ruangan ya banyak tempat dan bisa pakai cahaya buatan.


Jadilah akhirnya sore baru reda hujannya..cuma sempat motret yang buat menu harian. Iseng aku posting di instagram, kok banyak yang menanyakan resepnya..padahal cuma sayur Lodeh biasa sich..hahah. Cuma memang aku buat lebih menarik kuahnya. Aku ulek sebagian Cabe, jadi warnanya lebih genjreng Lodehnya, nggak pucat seperti biasanya.

Jadi baiklah, walau sering aku posting juga ya resep Sayur Lodeh di webku ini, tapi karena ini penampakan nya beda, jadi aku posting aja dech. Bahan yang aku masak juga beda, biasanya Kacang panjang sama daun so, tempe, dll..kali ini aku kombinasinya dengan thokolan ( kecambah ) yang terbuat dari kedelai, serta kulit melinjo. Kebetulan pas ke pasar kok nemu kulit melinjo cakep. Jadi tergoda untuk beli dech.

Kulit melinjo, salah satu bahan masakan yang udah nggak asing lagi sich buatku. Dari kecil itu udah sering makan gitu di lodeh sama Nangka muda, Pepaya muda, dll. Bisa di masak santan, di oseng, bahkan jika sudah tua dan warnanya merah ranum, bisa di buat keripik, rasanya manis gurih, enak...hihi.

Kalau jaman dulu sich nggak usah beli. Jika panen Melinjo tinggal petik di kebun, aku mesti pilih yang merah ranum buat di masak..hemm enak rasanya. Dulu mah jaman kecil perasaan sayuran nggak pernah beli, tinggal petik di kebun. Di satu pohon aja bisa berbagai macam sayur di petik..misal pohon melinjo, jika daunnya masih muda, namanya Daun So, enak di masak, jika sudah berbunga, namanya Kroto, enak juga di sayur, jika melinjo udah matang, kulitnya juga bisa di sayur..hahah. Enak dech pokoknya kalau nanam tanaman itu. Lebih sehat dan fresh.

Oke, langsung aja aku share resepnya ya teman-teman, selamat mencoba jika suka ya...
Lodeh Kacang, Thokolan Dele, dan Kulit melinjo

Bahan :
10 lonjor  kacang panjang
100 gram thokolan dele 
50 gram Kulit Melinjo
6 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis
5 buah cabai merah keriting, haluskan
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai
2 butir cabai merah besar, dipotong serong
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )
1000 ml santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukkan ebi, cabai halus, cabai merah besar, daun salam dan lengkuas
Tuang santan. Masukan kacang panjang dan sayuran serta bumbu-bumbu lain. Masak sampai lunak dan bumbu meresap, cicipi rasanya hingga pas

No comments :

Post a Comment