Monday, November 13, 2017

Ayam Panggang Pedas Manis


Hari ini masak Ayam Panggang. Ayamnya utuh, aku ungkep dulu hingga bumbu mengental, lalu aku panggang di oven. Kebetulan dapat kiriman oven baru dari Mito, untuk di review kualitas ovennya..sip dech jadinya pakai oven baru manggangnya..hihi.

Kalau bikin Ayam Panggang utuh, paling pas memang di panggang di oven, karena api bisa atas bawah merata. Sebenernya tadi mau coba pakai alat panggangan di oven yang muter gitu, cuma kok males masang alatnya..hahah. Akhirnya aku taruh loyang aja...jadi dech, sama enaknya.

Untuk Ayamnya, aku pakai Ayam pejantan, lebih gurih dari Ayam broiler, tapi nggak terlalu alot dan lama masak seperti Ayam Kampung. Harga juga lebih murah Ayam Pejantan nich, seekor 35 ribu. Jika Ayam Kampung kan sampai 75 ribu per ekor..bisa dapat dua..hahah.

Tapi percuma juga sich beli Ayam Kampung di Semarang ini rasanya kok nggak *sekampung jika di Yogya..hahah..bahasanya aneh. Maksudnya..rasa Ayamnya kok ya kurang gurih, dan tekturenya tetep empuk ngga ada alot-alotnya sama sekali. Daging Ayamnya juga tetap putih. 

Beda sama di Yogya, kalau Ayam Kampung itu beneran gurih dan sedikit liat tekturenya dan aromanya itu khas. Di rebus pakai garam aja udah enak jika Ayam Kampung asli. Ah..jadi kangen makan Ayam Kampung ala Yogya..kalau nggak di masakin Ibu di rumah, ya makan di Ayam Goreng Kampung Mbah Cemplung...itu di jamin..asli Kampungnya..hihi.

Oke, dech aku share ya resep Ayam Panggang pedas manisnya ya teman-teman.  Sebenernya nggak pedes banget sich ini karena aku masak untuk Yodha dan papinya. jadi biji cabainya aku buang. Jika suka pedas beneran, bisa pakai cabai merah keriting dan di tambah cabai rawit pasti lebih mantap ya pedasnya. Kalau aku tadi pakai cabai merah besar dan cabai keriting, tapi buang biji semua..hihi.


Ayam Panggang Pedas Manis

Bahan :
1 ekor Ayam, aku pakai Pejantan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk, sobek
1 sendok makan gula merah
2 sendok makan kecap manis
2 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu ayam
600 ml air kelapa

Bumbu :
10 butir Bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar, sangrai
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kunyit
4 buah cabai merah besar, buang biji
5 buah cabai merah keriting, buang biji

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan air kelapa, ayam, dan bumbu lain, kecuali kecap
Kecap masuk ketika bumbu sudah hampir mengental
Ungkep api kecil hingga meresap dan bumbu mengental, jangan lupa cek rasa di tengah2 proses masak ya
Dinginkan
Oles sisa bumbu ke seluruh bagian ayam
Panggang hingga matang di oven sekitar 10 - 15 menit , aku pakai suu 200 C tadi api atas bawah.
Selamat mencoba


6 comments :

  1. enak bangett bund keliatannya...
    mau resep sambelnya jg donk Bund,
    itu warna sambelnya bisa pekat gitu,, menggugah selera...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sambal terasi matang yang di tumis hingga tanak, resep sudah pernah aku share kok mba..:)

      Delete
  2. Review n gambar ovennya mana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar ya di postingan cake, aku fotoin , yang ini aku post di instagram kemaren, @bunda_didi

      Delete
  3. mba diah aku msih bgg maksudnya ayam pejantan kyak apa?ayam jagokah?atau ayam petelur merah?Mksh mbk diah
    #maryati gamping

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, Ayam pejantan itu yang ayamnya langsing, rasanya lebih gurih dari broiler, bukan Ayam merah ya...nanti aku share dech postingan aneka Ayam ya...:)

      Delete