Tuesday, December 5, 2017

Lodeh Bumbu Iris Tempe Semangit dan Kacang Panjang


Kemaren aku masak ini buat diri sendiri...hihi. Lha kalau masak tempe semangit gini yang doyan cuma aku di rumah. Paling aku bagi ke Bude sayur langganan jika nggak habis. Kemaren beberapa hari kok agak males makan. Gantian yang nge drop dech setelah suami dan anak.

Makanya cara paling ampuh untuk mengobati rasa malas makan itu adalah...sayur ndeso, alias lodeh seperti ini. Rasanya itu sedep, seger, apalagi di makan ketika masih hangat..udah dech..lupa kalau lagi nggak nafsu makan..hahah.

Apalagi di buat pedes, pakai cabai rawit yang banyak..mumpung buat sendiri..hihi. Jadinya pedes seger, sedep sekali, di makan pakai nasi merah enak sekali rasanya. Oh ya, memilih tempe semangitnya jangan yang terlalu matang ya terman-teman, maksudnya udah umur beberapa hari, tapi belum lembek dan beraroma menyengat tempenya. Paling enak sich  bikin sedniri kalau aku.

Cara membuat tempe semangit, beli aja tempe yang kualitas bagus, yang keset dan putih bersih , kemudian simpan di dapur, di ruang terbuka selama 3 hingga 4 hari. Jika kualitas bagus tempenya, 4 hari masih keras, tapi udah jadi semangit, ada aroma khasnya..tapi masih keras dan di potong-potong nggak hancur. Jika di masak, tempe semangit yang pas seperti ini ada aroma khas dan ada samar-samar sedikit rasa manis-manisnya..enak...!

Jangan gunakan tempe semangit yang sudah lembek dan aromanya tajam, itu sich bukan semangit, tapi tempe busuk..hihi. Kalau di Jawa masih bisa di olah juga sich tempe yang udah lembek gitu, jadi gembrot atau buat sambal jenggot..hahah..yaitu sambal kelapa muda kukus. Rasanya juga sedep, cuma aroma tempenya agak menyengat jika nggak biasa makan..hahah. Kalau aku sich doyan-doyan aja..dari kecil udah biasa makan begitu.

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya teman-teman, walau menu sederhana, tetap aja di posting ya...hihi..karena kemaren banyak yang menanyakan resepnya di instagram aku @bunda_didi.
Lodeh Tempe Semangit dan Kacang Panjang Bumbu Iris

Bahan :
10 lonjor kacang panjang ( beli 2 ribu di pasar ), potong-potong
1 papan kecil tempe yang sudah semangit, potong kotak kecil
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh kaldu sapi
1 sendok teh ebi, seduh air panas ( optional, ngga pakai ya nggak masalah )
1000 ml santan sedang aja, jangan terlalu kental ya
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai rawit merah, iris serong ( sesuai selera )

Cara membat :
Tumis Bawnag merah, bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan cabai, aduk rata hingga layu
Masukkan santan, dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan tempe 
Masak hingga meresap
Masukkan kacang panjang terakhir jika mau masih kres rasanya, jika mau medok, boleh bareng tempenya
Koreksi rasa
Sajikan hangat


No comments :

Post a Comment