Google Ad

Thursday, December 28, 2017

Tumis Soun Jamur


Ini menu simple dan enak...jika lagi malas masak yang ribet-ribet. Tumis soun dan jamur kuping cabai hijau. Jika di sini jadi menu hajatan atau menu prasmanan kondangan..hihi. Tapi bikin sendiri lebih sedep menurutku, karena bisa sesuai selera bumbunya.


Syarat utama satu, sounnya harus pakai soun lokal, yang panjang-panjang di ikat bambu itu. Aslinya dari daerah Klaten. Sounnya enak, kenyal dan bisa jadi besar-besar dan bening, nggak  mudah patah. Jadi penampakan masakannya jadi lebih cantik juga di banding pakai soun yang kecil-kecil

Rasanya juga beda, khas ndeso gitu kalau pakai soun besar ini. Biasa banyak di jual di pasar tradisional sich di sini satu ikat 3500 -  4000 aja, jika di masak mengembang jadi banyak. Cara mengolahnya sebelumnya di seduh air mendidih dulu, jangan terlalu lama, segera tiriskan. Nanti waktu di tiriskan dia akan mengembang sounnya...tapi tekture masih kuat. Jadi nanti ketika di masak lagi tidak akan  mudah hancur ya teman-teman.

Untuk menumisnya air jangan terlalu banyak ya. Cukup untuk sekedar mencampur bumbu. Kalau terlalu banyak nanti jadi lembek sounnya. Jika kurang suka jamur kuping bisa di ganti telur puyuh, tahu goreng, bakso, dll...enak-enak aja kok.

Untuk bumbu, kecap masuk terakhir aja, jadi warnanya bisa jadi cantik sounnya. Oke, selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..dan selamat liburan tahun baru juga ya...

Tumis  Soun Jamur

Bahan :
1 bungkus soun yang gede2 panjang ikat tali bambu ( soun lokal, bukan impor )
50 gram jamur kuping kering, rendam air mendidih hingga mekar, potong
2 sendok makan kecap manis atau sesuai selera aja ya
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu jamur / ayam atau sapi bubuk, jika tidak suka, ganti garam sesuai selera
Air 200 ml
8 buah cabai hijau, potong serong 

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Masukkan soun di air mendidih, biarkan hingga lemas dan bening. Tiriskan.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, air dan semua bumbu lain. Masukkan jamur, tutup dan masak sebentar hingga meresap dan kuah menyusut setengahnya. Terakhir masukkan soun, aduk rata hingga kuah terserap di soun dan bumbu merata. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan hangat.

Note, karena aku pakai jamur kuping,  kemaren aku pakainya kaldu jamur..sip rasanya. Yang mau coba kaldu jamur, aku ready ya teman-teman..wa aja ke 089654712500. Asultan kaldu ayam dan sapi tanpa msg buatan juga ready, tapi tinggal yang sapi..yang ayam habis stoknya.



5 comments :

  1. Sudah saya coba mbak... mantap..terima kasih atas resep2nya yg membuat saya PD untuk memasak hihi..maklum masih belajar masak :D

    ReplyDelete
  2. Sudah saya coba mbak... mantap..terima kasih atas resep2nya yg membuat saya PD untuk memasak hihi..maklum masih belajar masak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba, semangat selalu ya di dapur :D

      Delete
  3. Enak banget soun dimasak gini. Apalagi pedes, bisa menghabiskan banyak nasi. hihihi....jadi ingat dulu di kampung kalau ada orang hajatan sering masak mi soun ini tapi nggak pakai kecap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp mba, menu yang nggak pernah bikin bosen ya :)

      DD

      Delete

Diah Didi YouTube Channel