Sunday, November 12, 2017

Molen Ubi Ungu



Masih punya stok Ubi Ungu...mikir mau di buat apa lagi ya...karena di webku ini sudah banyak dech olahan Ubi Ungu...hihi. Aneka macam jajanan hingga Mie Ubi Ungu, Nasi Ubi Ungu, semua udah pernah aku posting. Akhirnya  mikir, sepertinya belum pernah bikin Molen isi Ubi Ungu aku, jadilah aku bikin itu aja dech kemaren. Oh ya, kalau mau cari resep olahan Ubi Ungu dariku, ketik aja di google ya judul resepnya, misal..Mie Ubi Ungu Diah Didi, ntar muncul linknya kok teman-teman. Jangan lupa, follow instagram aku @bunda_didi, jika mau tau behind the scene dari dapurku sehari-hari ya.

Untuk resep Kulit Molen nya pakai resep andalan yang sering aku pakai buat bikin Molen Pisang. Untuk isiannya, Ubi Ungu di kukus dulu, di haluskan, kemudian di masak bersama santan kental, gula, garam dan vanili hingga kesat dan kalis. Rasa isiannya jadi legit dan enak sekali. Di cemilin isiannya aja enak.

Untuk kulit agar bisa tipis maksimal, aku pakai penggiling mie untuk menipiskan adonan. Jadi lebih tipis dan praktis juga. Tapi jika tidak ada ya bisa di tipiskan manual ya teman-teman, pakai rolling pin atau botol kaca kecap tuch bisa..hihi. Tapi harus benar-benar tipis ya, jika ketebelan nanti nggak matang kulit nya.

Membuat adonan kulit Molen, jangan di uleni terlalu kuat ya teman-teman, agar hasilnya tidak keras dan alot. Hasil kulit Pisang Molen ini harus renyah dan kres ya. Jika terlalu lama di uleni, jadi alot dan susah matang. Oh ya..tips mengukus Ubi ungu, sebelumnya di kupas dulu ya teman-teman, agar kita bisa melihat, apa ada yang boleng ( kehitaman ) atau tidak. Jika boleng, nanti Ubinya akan pahit...serta warnanya kurang cantik.

Oke, langsung aja..ini dia resepnya ya teman-teman..selamat mencoba ya jika suka....

PISANG MOLEN RENYAH 

Bahan Kulit :

• 250 gram tepung terigu protein tinggi
• 50 gram gula halus
• 60 g mentega , cairkan ( pakai margarin juga bisa )
• 50 ml air hangat
• 1 kuni
ng telur
• Garam 1/4 sendok teh
• 1 sdt vanilli


Bahan Isi :
Ubi ungu kukus 500 gram, gula pasir sekitar 100 - 150  gram ( atau sesuai selera ya manisnya ), garam secukupnya dan daun pandan 2 lembar, santan instan 2 sendok makan. Aduk rata dan masak hingga kalis dan kesat. Dinginkan...bentuk bulat lonjong kecil.
 
Cara Membuat :

Campur terigu, gula, garam, vanilli, aduk hingga rata. Masukkan kuning telur dan mentega, tuang air sedikit-sedikit, ulenin adonan hingga kalis. Tutup adonan dengan plastik/serbet bersih, diamkan ± 20 menit 
Ambil secukupnya adonan, giling setebal kira-kira 2 mm, lebar ± 3-4 cm, kira-kira sepanjang 30 cm. 
Gulungkan ke dalam Ubi Ungu, lakukan hingga adonan habis. 
Goreng dalam minyak, usaha kan semuanya tercelup. Setelah kuning balik, angkat, tiriskan.


No comments :

Post a Comment