Google Ad

Thursday, December 21, 2017

Buttercake Ubi Ungu


Lama nggak baking...padahal suka baking juga..cuma kadang-kadang yang makan yang nggak ada teman-teman..hihi. Orang rumah jika keseringan di buatin cake lama-lama nggak pada mau nyentuh cake lagi. Jadi kudu jaraknya jauh-jauh gitu jika bikin Cake..hihi.


Kebetulan Yodha lagi libur, iseng kemaren aku buat Cake Ubi Ungu. Dari warnanya yang ungu..sudah mudah ketebak sama Yodha. Kata Yodha..." Ini pakai Ubi Ungu pasti ya Mi..?"..hihi..tau aja dia. Waktu matang aku sodorin aja..eh Yodha noel secuil...lalu noel lagi..lalu habis juga beberapa potong hahah.

Enak dech...Kue ini legit, dan terasa Ubi ungunya. Tapi...warna ungu cake ini tergantung dari jenis ubi ungunya ya teman-teman. Jika aku suka yang kecil-kecil ubi ungunya, itu lebih mantep warnanya jika di buat kue-kue atau cake. 

Oh ya, jika mengukus Ubi ungu sebaiknya di kupas dulu ya teman-teman, agar tahu jika ada bagian yang kurang bagus atau boleng. Jika masih mentah akan keliatan bolengnya, yaitu bintik hitam-hitam dan agak bau. Nah itu di buang aja. Jika udah terlanjur di kukus, nanti susah bedainnya, karena warnanya udah sama gelapnya.

Jika bagian bolengnya nggak di buang, rasanya akan pahit kuenya...dan kurang cantik warnanya. Menghaluskan ubi ungu pakai garpu aja ketika masih hangat mudah kok. Tapi jika untuk di buat cake, sebaiknya di saring, pakai saringan ya teman-teman...agar lebih halus...dan mudah tercampur rata ke adonan cakenya.

Oke, selamat mencoba ya teman-teman...jika suka.
Cake Ubi Ungu


Bahan :

250 gram margarin

175 gram gula pasir halus ( dari gula yang di blender )

100 gram Ubi Ungu kukus, haluskan

5 butir telur

250 gram Tepung terigu protein sedang

1 sendok teh baking powder

100 gram Santan kental 


Cara membuat :

Kocok Margarin dan gula hingga lembut, putih dan creamy

Masukkan Ubi, kocok rata

Tambahkan Telur satu persatu agar adonan tidak pecah

Masukkan  tepung bergantian dengan santan, sambil di kocok perlahan

Tuang di loyang 22x22x4 yang di oles margarin

Oven 35 menit dgn suhu 180 c

1 comment :

  1. Selamat pagi mba Diah.. saya lagi mencoba rebake resep ini, saya baca di cara buat blm tertulis kapan memasukkan baking powder, tapi saya inisiatif saya campur dengan tepung terigu dan semoga benar ya 😄

    ReplyDelete

Google Ad

Diah Didi YouTube Channel