Sunday, November 19, 2017

Sayur Pedas Buncis & Tempe



Hari ini masak sederhana aja..Sayur pedas santan, seperti sambel goreng sich, tapi ini lebih seger aja, Karena sebenarnya walau nampak merah merona, itu cabainya cuma sedikit. Kalau Sambel goreng itu cabenya musti banyak. Kalau Sayur pedes biasa itu rasanya, karena  cabainya nggak terlalu banyak dan ringan rasanya.


Kalau ini, walau cabenya sedikit tapi kok bisa tetap merah merona kuahnya ? Bisa dong…tak kasih tau ya rahasianya teman-teman..pakai lah cabai merah yang keriting. Pilih yang keriting kecil-kecil ya, jangan yang besar. Soalnya sekarang banyak juga Cabai keriting, tapi cabai keriting agak besar, nah itu warnanya jika di masak jadi orange, nggak merah merobna kuahnya.

Kalau aku selalu pilih cabe yang keriting kecil, dan itupun belinya di tukang bumbu langganan, Mbah-Mbah yang jual gitu, tapi laris manis jualannya..walau kayak warung di pasar. Lha dia itu jual segala macam termasuk bumbu dan sayuran. Yang jual Mbah-mbah sepuh sejoli…rukun gitu seneng ya..lihat orang tua sampai usia tua masih berkarya dan kompak berdua. Itulah mengapa justru berkah usahanya mungkin, malah ramai setiap hari yang beli…hihi.

Nah, kalau beli cabenya di situ pasti udah tau seleraku Mbahnya di kasih cabai keriting yang biasa genjreng warnanya jika di buat masak menu bersantan. Mbahnya bilang juga, memang langganan dia banyak yang usaha warung matengan, jadi ya pada complain jika cabainya nggak merah merona jika buat masak.  Jadi buat penjual makanan olahan matang tentu bisa irit dong ya, jika pakai sedikit saja cabainya, warna masakan sudah merah merona.

Jadi untuk resep Sayur Pedas ini aku Cuma pakai 6 biji tadi, tapi keliatan tetap cantik kan teman-teman kauhnya..ya itu tadi, karena aku pakai cabai merah keriting yang kecil-kecil. Jadi walau nggak terlalu pedas, warna kuah tetap cantik.

Oke, aku share aja ya resep sayur favorit suamiku ini. Lauknya juga favorit suami ini…Pindang Kemul. Untuk Yodha, masih belum bisa move on dari Ayam Bacem Pandan, seperti yang aku posting kemaren. Hari ini aku bikin lagi, Yodha makan dua kali, nggak ganti lauk mau dia, Ayam terus..tumben..hihi. Karena dia suka Ayam Bacemnya..enak banget katanya.
Sayur Buncis & Tempe


Bahan :

200 gram Buncis, potong sesuai selera

½ papan Tempe, potong kotak ( aku pakai yang agak semangit, udah umur dua hari dari Tempe yang udah  jadi )

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas

1 sendok makan ebi, rendam air panas

1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )

1 sendok teh kaldu sapi / dan atau garam secukupnya

8 buah bawang merah, iris tipis

4 siung bawang putih, iris tipis

6 buah cabai merah keriting, haluskan

Cara membuat :

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum

Masukkan cabai halus

Masak hingga matang cabainya dan harum aromanya

Masukkan santan, lengkuas , salam

Didihkan

Masukkan tempe, dan bumbu lain

Masak hingga tempe hampir matang

Terakhir masukkan buncis, masak hingga meresap, tapi buncis masih kres cantik

Koreksi rasa

Sajikan hangat


Untuk Lauknya Pindang Kemul, simple aja, aku pakai tepung mendoan jualanku..yang praktis aja, tinggal kasih air..hihi. Jadi tadi pas teng jam 12 siang, lauk lain udah matang, tinggal ambil sebungkus Tepung Mendoan, kasih air, jadi dech buat goreng pindangnya. Praktis dan cepat, jadi jam 12.30 udah bisa makan siang dech.
Yang mau coba aneka Tepung praktis yang aku jual, ada Tepung kentang, Tepung kremes, Tepung mendoan, Tepung krispi, cireng, aci, dll, silahkan wa atau sms ya ke 089654712500.
Pindang kemul

Bahan :

3 Keranjang Ikan Pindang ( isi 3 masing-masing )

1 bungkus TEPUNG MENDOAN

350 ml air ( sesuai selera , jangan terlalu kental )


Cara Membuat :

Campur air dan tepung, aduk rata

Panaskan minyak agak banyak

Celup ikan ke dalam adonan tepung, goreng hingga matang


Tips :

Agar Ikan matang dan cantik lapisan tepungnya, minyak agak banyak, dan api jangan terlalu besar

Jika minyak sedikit, lapisan tepung cepat gosong dan Ikan tidak sampai tergoreng dengan benar

Walau Ikan Pindang sudah matang, tapi jika menggorengnya kurang matang juga akan terasa agak amis

Buang bagian kotoran ikan dan cuci di air mengalir, karena biasanya Ikan Pindang belum di bersihkan bagian dalamnya waktu di buat Ikan Pindang Jika mau praktis buang tulang dan durinya, serta kepalanya jadi aman untuk anak-anak waktu makannya.

Selamat mencoba ya…jika suka teman-teman..mudah kok.




No comments :

Post a Comment