Wednesday, November 29, 2017

Sop Makaroni Sosis & Perkedel Crunchy Daging Asap


Kemaren Yodha dan papanya sakit barengan, pada meriang dan nggak mau makan..padahal sehari sebelumnya Yodha lahap makan Bebek Bacem habis dua potong. Sedih rasanya jika pada nggak mau makan. Akhirnya cuma masak Bubur aja kemaren. kerja juga nggak kosentrasi.

Alhamdulillah  pagi ini udah baikan, dan Yodha udah request Sup Sosis..tapi masih ijin sekolah biar pulih dulu, papinya udah berangkat kerja, karena sudah dua hari nggak ngantor. Nah supnya, biar ada karbonya aku tambah makaroni dech, jadi sup Sosis Makaroni. Dan Yodha sudah habis lumayan banyak tadi buat sarapan.

Yang aku takutin kalau Yodha nggak mau makan itu nanti bisa demam, terus sakit merembet yang lain, misal ke gangguan pencernaan, radang tenggorokan, dll. Tapi kalau udah mau makan lagi..udah tenang rasanya. Tapi jika lagi sakit, apalagi meriang itu memang kadang kurang nafsu makan ya teman-teman. Jadi paling enak makan yang ringan dan nggak terlalu berbumbu seperti Sup ini. Nah biar tetap bergizi, aku kasih Sosis yang kualitas bagus, jadi lembut juga rasanya.

Sekarang cuaca lagi agak ekstrim memang ya teman-teman, dingin banget di sini. Denger dari keponakan juga di Yogya lagi banjir ya, duch...moga aman-aman saja. Kemaren seharian di Semarang juga hujan terus, jadi mudah sakit. Makanya justru makananlah yang penting buat menangkal sakit. Sekarang ini yang penting sehat, nggak usah mikir banyak pantangan dulu wis, daripada pusing dan sakit hahah. Yang penting untuk daya tahan tubuh, makan seimbang, bergizi dan cukup ya teman-teman, daripada sakit..ya kan..hihi.

Di rumah juga aku sedia Jahe dan sereh, jadi tiap sore minum Teh campur Jahe, dan sere, buat penghangat badan sekaligus buat menangkal penyakit. Buat anak-anak , walau musim dingin karena sukanya jus ya tetap aku buatin Jus buat Yodha. Yuk semangat membuat makanan bergizi dan sehat untuk keluarga tercinta ya teman-teman. Dan ingat..Emaknya juga harus makan cukup ya, biar kuat, jika ada anggota keluarga yang lain sedang sakit...tetap kuat untuk merawat. Dietnya..esok aja..hahah...masih ada hari esok kok untuk diet ..lol ! ( jangan di tiru ya kalau yang ini teman-teman..alasan aja..karena memang alhamdulillah selalu doyan makan...:D )

Oke, aku share resep Sup nya ya..
Sop Makaroni Sosis

Bahan Sup :
100 gram makaroni
1 buah wortel, bentuk bungga
1/2 kuntum bunga kol, potong-potong
2 batang daun bawang, potong-potong
5 buah Sosis, bentuk bunga

Bahan kuah :
1 liter air kaldu ayam bening
 3 siung bawang putih, goreng, geprek
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kaldu ayam / jamur
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Didihkan bahan kuah Sup di atas, jika sudah mendidih, masukkan wortel, Kembang kol, Daun Bawang, sosis, dan makaroni yang sudah di rebus dulu hingga setengah mengembang
Koreksi rasa, terakhir masukkan dan bawang dan taburi bawang goreng, sajikan.

Untuk perkedel, aku bikin Perkedel Crunchy, yang renyah di luar, lembut di dalam, aku pakai Tepung Kentang Flakes yang di seduh air panas, kemudian di beri bumbu-bumbu, resep sama sepeerti Perkedel Crunchy yang sudah pernah aku share di SINI , http://www.diahdidi.com/2015/10/perkedel-kentang-crunchy.html#.Wh46NTRx3IU, bedanya tadi aku tambahin Daging Asap, jadi makin gurih dan bergizi. Di cemil juga enak lho Perkedel ini. Dan di jamin anti gagal, nggak akan ambyar waktu di goreng, karena tekturenya beda sama perkedel biasanya. 

Yang mau coba Tepung kentang flakes yang bisa buat Perkedel, Donat, Kentang panggang, dll, silahkan sms atau wa 089654712500, yuk buruan baru datang stok baru banyak...tapi cepet habisnya lho..hihi. Karena sangat praktis buat bikin cemilan berbahan kentang, Tepung Kentang Flakes ini.

No comments :

Post a Comment