Friday, November 17, 2017

Bolu Durian


Waktu ke pasar kok masih ada aroma Durian di penjual buah langganan. Iseng tanya harga, kok masih murah. Ya udah aku beli aja,  kayaknya stok terakhir kata yang jual...hahah..percaya amat ya aku. Dasar memang lagi pengen baking aja..jadi kepikiran bikin Bolu Durian, karena dari dulu penasaran, jika di buat Cake enak atau tidak Durian itu.

Akhirnya aku beli tadi, 50 ribu, dapat besar. Setelah jadi cakenya, hasilnya cantik, mengembang dan tekturenya bagus..padahal nggak pakai bahan tambahan apapun lho misal baking powder atau SP. Jadi, sebenernya bisa kok teman-teman jika mau mengurangi zat-zat tambahan dalam cake, cuma kuncinya..harus telaten dan sabar ya.

Telaten mengocok adonan hingga betul mengembang dan kental, jika pakai SP lebih mudah dan lebih cepat, kalau tanpa SP, tentu akan sedikit lebih lama. Perhatikan juga, telur harus benar-benar fresh agar bisa mengembang sempurna dan kental berjejak. Jika Telur kurang fresh tentu lama kentalnya, atau malah nggak akan bisa kental jika di kocok.

Selanjutnya, perhatikan wadah adonan, agar bebas dari lemak, jadi adonan telur bisa  mengembang bagus.  Nah jika udah mengembang telurnya, yang perlu di perhatikan lagi adalah waktu mencampur tepung dengan kocokan telur yang sudah kental tadi, harus perlahan dan di aduk balik hingga rata ya. Apalagi jika ada tambahan bahan seperti Durian yang di lumatkan, tentu tambahan bahan bersifat basah, jadi harus perlahan di aduk hingga rata, agar kocokan telur yang sudah mengembang tidak turun lagi.

Apa jadinya jika adonan turun ?..Tentu saja cake nggak jadi, alias bantat..hihi. Jadi kadang-kadang, di resep aku tetap tambahkan sedikit SP, agar adonan lebih stabil...jadi jika teman-teman yang pemula di dalam membuat cake bisa lebih aman. Tapi kadang ada juga teman yang minta resep tanpa tambahan bahan-bahan pengembang..bisa sich...salah satunya resep Bolu Durian tradisional ini.

Terinspirasi dari Bolu tradisional ala Medan yang namanya Tampu Banda...cuma takaran Durian yang aku kurangi, karena aku cuma beli satu Durian, dan aku timbang cuma ada 210 gram setelah di lumatkan..hihi. Aslinya bisa memakai hingga 250 gram daging Durian lumat.

Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman..walau irit telur, tapi tetap moist dan empuk kok Bolunya, dan wangi Duriannya. Oh ya bolu ini juga nggak pakai margarin atau mentega, atau minyak, jadi lebih sehat ya buat yang mau mengurangi konsumsi lemak. Cuma tetap pakai santan...hihi.
Bolu Durian

Bahan :
Kocok hingga mengembang dan kental : 5 buti telur dan 175 gram  gula pasir
Ayak : 250 gram terigu protein sednag dan 1/4 sendok teh garam
Aduk rata dan saring : 210 gram daging Durian lumat dan 75 santan

Cara Membuat :
Setelah Telur mengembang, masukkan campuran terigu dan garam, aduk balik dengan spatula perlahan
Setekah itu masukkan durian dan santan perlahan dan aduk balik hingga rata
Tuang ke loyang 20 cm yang sudah di oles margarin dan di taburi sedikit tepung
Panggang 180 C selama 35 hingga 40 menit sesuai panas oven masing-masing ya. tadi pertama aku set 45 menit, ternyata Oven baruku panasnya itu cepat merata, jadi kelamaan dech, jadinya kulit cakenya eksotis terlalu coklat...tapi malah *tanek ( benar-benar matang ) ya jika orang jawa bilang..hihi.

1 comment :