Sunday, December 17, 2017

Kue Legomoro Khas Kotagede


Waktu ke Yogya kemaren, aku sempat main ke pasar Kotagede, mau cari Kipo. Eh pas liat banyak penjual jajanan pasar di depan pasar Kotagede, kok aku malah tertarik sama jajanan unik, Legomoro.


Legomoro ini mirip atau sama dengan lemper sich bahan-bahannya. Bedanya yang aku cicipi kemaren, isinya ada berwarna kuning. Jadi seperti isian lemper...tapi di tambah kunyit. Kalau rasanya enak, legit.

Yang paling menarik menurutku adalah cara membungkusnya...eksotis di ikat pakai tali bambu. Itulah daya tarik utamanya menurutku. Selain bentuknya unik, Kue Legomoro ini ternyata filosofinya sangat bagus juga.

Jadi kue ini dulunya hanya ada di acara hajatan saja, sekarang sudah bisa di jumpai di pasar sich. Jadi Kue Legomoro ini artinya dalam bahasa Jawa, Lego berarti Lega, Moro berarti datang. Jadi biasa di sajikan di acara hajatan, maknanya, yang punya hajat lega, jika banyak tamu yang datang, atau lega sudah menikahkan anaknya.

Selain itu juga di sajikan di waktu Lebaran, maknanya...yang punya rumah lega sudah bermaaf-maafan dengan saudara atau handai taulan yang datang bersilaturahmi. Sunguh indah maknanya ya teman-teman, seindah bentuk kuenya.

Jadi menurutku kita hargai aja yuk, kue-kue tradisional kita, walau makanan sama, tapi di kemas beda dan namanya beda, ya kita ikuti saja sesuai sebutan daerah masing-masing ya. Oke, langsung aja resepnya ya teman-teman...cobain ya.  Yuk kita lestarikan kue-kue tradisional Indonesia ya.
Kue Legomoro

Bahan Ketan:
250 gram beras ketan,  rendam 1 jam
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
½  sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan Isi:
Fillet dada ayam 300 gram
2 lembar daun salam
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
½  sendok teh garam, ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( sesuai selera )
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan gula pasir
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
1/4 sendok teh ketumbar, sangrai 

1 cm kunyit, bakar
Cara membuat :
Isi :
Rebus daging ayam sampai matang. Angkat. Suwir suwir halus.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan serai, ayam suwir, garam, kaldu bubuk, merica, gula dan santan. Masak hingga bumbu meresap dan kering.
Ketan :
Kukus ketan selama 10 - 15 menit sampai setengah matang.
Rebus santan, garam, gula dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, aduk rata hingga santan terserap di ketan. Kukus ketan sampai matang selama kurang lebih 30 menit.
Ambil sekepal kecil ketan, beri isi, bentuk bulat agak lonjong
Bungkus bentuk seperti tum, ikat dengan tali
Satukan 3 - 6 buah legomoro. ikat dengan tali
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini ya teman-teman.



No comments :

Post a Comment