Wednesday, December 13, 2017

Oseng Tomat & Ikan Asap


Menu kemaren...judulnya Oseng Tomat aja dech ya teman-teman, karena menu ini banyakan Tomatnya di banding Ikannya hahah. Ikannya cuma 2 ekor, aku pakai ikan asap atau ikan panggang, terus tomatnya yang buanyak sampai 200 gram...hihi.


Biasanya aku bikin Oseng gini cabenya yang banyak, tapi kalau suami sukanya Tomatnya yang banyak. Akhirnya sekarang aku juga suka tomat di oseng gini. Tomat itu jika masih mentah menurutku kurang enak..makanya aku kurang suka jus tomat.

Tapi jika sudah di masak atau di sambel, aku doyan banget, yang hijau beginipun suka...enak rasanya. Apalagi buat menu yang pedes-pedes gini, wah sip rasanya, jadi memberi nuansa segar di masakan. Apalagi jika pakai Tomat ndeso yang bentukinya nggak beraturan itu ya, namanya Tomat ranti atau apa ya..pokoknya yang ijo tapi bentuknya seperti bunga nggak beraturan.

Tapi kemaren nemunya Tomat ijo biasa, seperti tomat biasa, tapi warnannya ijo aja masih muda gitu. Tapi ya nggak masalah sich tetep enak rasanya. Tomatnya di iris tipis-tipis, agar mudah matang dan menyerap bumbu. Tapi masaknya juga jangan terlalu kematangan lembek ya, jadi rasanya masih kres-kres asem seger gitu. Sambil nulis tetep masih kemecer..hahah..padahal kemaren makan sayurnya ini.

Oke, langsung aja ini dia resepnya ya teman-teman, Ikan boleh di ganti ikan apa aja kok, pakai ikan pindang bisa, atau ikan panggang lain atau ikan air tawar yang di goreng dulu juga enak.


Oseng Tomat Ijo dan Ikan

Bahan :
200 gram Tomat Ijo, iris tipis
2 ekor ikan panggang / asap, potong jadi dua
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi / jamur
Garam sesuai selera
10 buah cabai hijau
10 buah cabai merah, iris tipis
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih, iris tipis
1 sendok teh terasi
200 - 300 ml air

Cara emmbuat :
Tumis bumbu dan terasi hingga matang dan harum
Masukkan daun salam dan lengkuas, air dan bumbu lain
Didihkan
Masukkan Ikan dan tomat
Maska  hingga meresap 
Koreksi rasa
Sajikan hangat


No comments :

Post a Comment