Google Ad

Wednesday, December 27, 2017

Bubur Gudeg



Kalau akhir tahun gini suasanannya masih males ya teman-teman..maunya liburan aja..hahah. Apalagi melihat foto-foto liburan dari teman-teman lain di media sosial...jadi pengen kabur gitu dari rutinitas sejenak ke mana gitu. Sayangnya baru dapat tiket minggu depan..hahah. 

Nggak apa-apa dech...tetap semangat aja dech di dapur. Bisa masak enak buat keluarga..dan juga bisa terus share resep di web....aku udah bahagia kok...haha. Kemaren aku bikin Gudeg enak sekali, jadinya pengen makan Bubur Gudeg dech.

Dan  beneran, enak sekali rasanya, lama nggak bikin Bubur Gudeg begini. Jaman kecil sarapan ya begini, cukup beli di tetangga yang jual aneka menu matang untuk sarapan, murah, meriah dan enak.  karena ya seperti  makan menu rumahan, hanya yang masak tetangga yang jualan...hihi.

Ibuku sering masak Gudeg juga, tapi lebih sering di makan pakai Nasi jika di rumah. Gudeg itu aslinya kalau bikin sendiri nggak terlalu manis seperti yang di jual-jual kok teman-teman. Aku orang Yogya, tapi jika makan Gudeg yang terlalu manis, juga mblenger, nggak kuat. Jadi lebih suka bikin sendiri.

Kalau ibuku bikin gudeg itu nggak manis banget dan masih ada rasa gurih-gurihnya juga, enak sekali. Nah, aku selalu  bikin Gudeg, pakai resep warisan Ibu, yang biasa aku nikmati dari kecil. Memasak Gudeg dulu ibuku pakai kayu bakar, jadi lebih sedep. Tapi sekarang mah nggak mau repot ya, jadi masak biasa aja pakai kompor api kecil, tetep meresep kok bumbunya. Sedap sekali gudegnya. Tapi ya itu..perlu perjuangan sekitar 5 hingga 7 jam api kecil, baru dech gudegnya jadi..empuk meresap dan warnanya cantik kecoklatan.

Jika di masak cepat, nggak akan jadi gudeg, tapi jadinya sayur nangka biasa. Kalau di masak api kecil berjam-jam, warna akan berubah coklat gudegnya, dan bumbu juga lebih meresap. Aromanya juga khas aroma gudeg.

Resep Gudeg step by step sudah pernah aku share di SINI ya teman-teman. Sama sambel gorengnya dan Opornya juga. Tapi kemaren aku nggak bikin Opor sich, cuma Gudeg dan Sambel Goreng untuk makan Buburnya.  Buburnya Bubur Nasi bersantan. Jadi sudah gurih juga rasanya. Di makan sama Gudeg yang lembut dan Sambel Goreng yang gurih pedes, enak sekali rasanya. Resep Buburnya biasa aja sich, Buburnya terbuat dari beras, santan,  garam dan daun salam, aku masak pakai rice cooker aja...cepat dan mudah...tinggal pencet tombol Poridge ( Bubur )

Resep Sambel Goreng krecek, Tempe dan Kacang Tholo, sudah ada di link Gudeg di atas ya, atau di video berikut juga sudah ada aku tulis resepnya di video, jadi lebih jelas ya...apa-apa saja yang di masukin sewaktu memasaknya. Jangan lupa suscribe akun youtubeku ya teman-teman, nama akunnya sama dengan webku : www.diahdidi.com, aku upload video resep setiap hari juga di sana. Kadang-kadang beda sama yang aku upload di web atau belum sempat aku tulis di web, jadi silahkan suscribe ya...biar nggak ketinggalan resep-resep terbaruku ya.


Okeh, selamat mencoba ya teman-teman jika suka menunya.


No comments :

Post a Comment

Diah Didi YouTube Channel