Wednesday, November 22, 2017

Sop Kimlo



Menu masakan Indonesia itu banyak dan unik ya teman-teman...dan banyak juga yang mirip dari satu daerah dan daerah lain. Daripada memperdebatkan suatu makanan, kalau aku lebih suka mencoba langsung dan merasakan bedanya.


Seperti Sup Timlo dari Solo dan Sup Kimlo..yang asinya dari mana juga kurang pasti, di Jakarta ada, Surabaya ada, Semarang juga ada jika kondangan sering ketemu menu sup ini..hihi. Sedangkan Sup Timlo, asalanya dari Solo. Ada dua versi Sup Timlo juga, ada yang lauk aja isianya seperti Sup Timlo Sastro dekat pasar Gede, atau yang lengkap dengan sayuran.

Walaupun mirip, tentu tetap berbeda. Baik bumbu atau cara penyajiannya. Kalau Sup Timlo itu pelengkapnya Ati ampela, Sosis Solo goreng, dan Telur Pindang, sedangkan Sup Kimlo tidak pakai. Topingnya bisa Ayam Suwir, Udang, Bakso Ikan, dll. 

Jadi, dari segi isian aja udah beda ya, walau namanya mirip. Dari berbagai warung Sup Timlo Solo dari yang terkenal atau yang pinggir jalan sudah aku coba di Solo, kalau Sup Kimlo seringnya coba jika ada kondangan, karena memang jarang yang jual..hihi. Menurutku memang kuahnya juga ada perbedaan rasa.

Untuk bumbunya, kalau Sup Timlo aku biasa buat aku iris, jadi kuah bening gitu, sedang Sup Kimlo ini aku ulek, jadi lebih agak buthek ( keruh ) warna kuahnya. Isinya lebih dominan sayuran. Biasanya bisa pakai Telur puyuh juga atau Ayam Suwir saja.

Bumbu utamanya juga Sup Kimlo ini pakai tambahan bunga Sedap Malam kering, yang di rendam air panas, kemudian di buat simpul. Jadi aromannya tambah sedep juga. Penambahan Udang di kuahnya, asal Udangnya segar, juga membuat rasa kuah semakin gurih kaldunya.

Oke, karena resp Sup Timlo ala Solo sudah pernah aku share, kali ini aku mau share yang Sup Kimlo ya, dengan isian sesuai stok yang ada di kulkas aku. Jika suka, bisa di tambah Telur puyuh kembang tahu, dll. Yang pasti ada wortel , Soun, Ayam suwir, dan jamur kupingny

Yuk di coba teman-teman, rasanya segar dan ringan...cocok untuk penghangat badan di cuaca yang sering hujan, seperti sekarang ini ya...

Sop Kimlo

Bahan :
5 ekor Udang Bago segar, kupas
1 potong Ayam rebus, suwir-suwir
1 buah wortel, potong bentuk bungga
Satu kuntum kecil bunga kol, potong-potong
Satu genggam Kapri, siangi
1 batang daun bwang, iris panjang
50 gram soun, seduh
3 lembar jamur kuping, rebus sebentar hingga matang, potong-potong
1 sendok makan bunga sedap malam, seduh air panas, buat simpul
Sledri secukupnya, cincang
1000 ml air kaldu ayam bening
1 sendok teh kaldu jamur  dan atau hanya garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
 
Bumbu Halus :
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
Secuil kecil pala ( 1/10 butir , janga terlalu banyak ya )

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan air kaldu dan udang
Didihkan
Masukkan sayuran dan bumbu
Masak hingga meresap dan sayuran matang
Koreksi rasa
Terakhir masukkan Soun dan Ayam suwir
Sajikan segera


1 comment :

  1. Mbak didi, bunga sedap malam kering belinya dimana ya mbak?

    ReplyDelete