Tuesday, December 12, 2017

Sayur Lompong Bumbu Kuning


Hallo semua...udah kembali lagi di dapur nich aku...banyak menu yang udah aku masak, aku upload satu persatu ya nanti. Bulan ini lagi banyak motret produk endorse..jadinya kejar banyak deadline. Alhamdulillah bisa buat liburan akhir tahun Yodha...hahah.

Nah kalau ini menu udah kemaren sich masaknya..menu favorit suami..favoritku juga..yaitu Jangan Lompong, atau Sayur Lompong. Apa itu Lompong...?..Lompong adalah Batang Talas, atau Keladi atau ada juga yang nyebut Lumbu, apa aja dech..yang jelas menu ini sangat enak, dan tak pernah bosan...walau sering ketemu di meja makan.

Sayangnya nggak setiap hari ada sich yang jual Lompong mentahnya. Kudu telaten keliling pasar...hihi. Jadi pasar tempatku biasa belanja itu ada 3 lantai, nah kudu telaten cari ke lantai dasar ke tempat mbah-mbah yang jual hasil kebun sendiri, biasa jualannya gonta ganti tergantung musim apa. Nah biasa sayur unik-uik gini ada dech...seperti Lompong, Jantung pisang, Lembayung, dll. 

Dan menurutku sayuran seperti ini justru sehat lho ya teman-teman, kan biasa nanamnya sesuai musim aja dan di tanam di kebon, bukan di budidaya khusus untuk produksi sayurnya gitu jadi tentu  bebas pestisida dll. Kadang aku juga suka beli kluwih, boros kunci dll, di tempat mbah yang jual hasil bumi langsung gini. Enak..dan segar...habis metik dari kebon sendiri mereka biasanya..hihi.

Tapi untuk Yodha belum berhasil sich mengenalkan menu gini, dia masih suka yang bersaus-saus. Apa karena kurang kepepet kali ya, lha anak sekarang tinggal pilih mau makan apa..Yodha aja kalau aku tanya makan apa, jawabnya mesti begini : " Hari ini ada menu apa aja Mi ?"..hahah..waduch di kira dapur Emaknya restoran kali ya...hahah. Jadi mesti ya sehari minimal masak dua menu yang beda lauknya, satu buat Yodha, satu buat Papinya. Kalau aku sich kanan kiri oke, suka semua...hahah.

Oh ya, kembali ke Jangan atau Sayur Lompong ya, tips buat ngilangin gatal Lompong mudah saja teman-teman, di remas-remas dengan garam, lalu cuci hingga bersih, terus di peras hingga lemes. Kalau aslinya kan Lompong itu seperti spon, berlubang-lubang..hihi. Jika di peras jadi akan menciut dan tidak makan tempat ketika di masak.

Oke, langsung aja ya ini dia resepnya :


Jangan / Sayur Lompong

Bahan :
1 ikat Batang Lompong, kupas kulit luarnya, potong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi
Secukupnya garam
2 sendok makna rebon, cuci bersih
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
10 buah cabai , bisa campur rawit dan  merah, iris serong
3 butir kemiri, ulek, 1 cm kunyit, ulek
1000 ml santan sedang saja kentalnya

Cara membuat :
Remas-remas Lompong dengan setengah sendok makan garam, lalu cuci bersih kembali dan peras airnya
Tumis Bawang merah, bawang putih
Masukkan ulekan kemiri dan kunyit, cabai, tumis hingga layu
Masukkan rebon, santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan Lompong
Masak hingga meresap dengan api kecil, koreksi rasa
Sajikan hangat



1 comment :

  1. mb, tlg bagi resep sayur boros kunci dong.makasih sebelumnya

    ReplyDelete