Saturday, December 2, 2017

Kue Getas, Resep Baru


Hari ini tumben ada matahari ya teman-teman...langsung ngebut motret dech tadi. Biasa hujan-hujan males motret, karena aku lebih suka motret makanan itu di luar ruangan dengan cahaya alami. Keasyikan motret tadi seharian, eh tau-tau udah sore aja.

Tadi waktu bersih-bersih dapur nemu Tepung ketan...akhirnya kepikiran pengen bikin Getas, kebetulan tadi pagi ke pasar beli Kelapa paru masih aku simpan di freezer. Jadi jika dari pasar beli Kelapa parut, itu bisa di simpan kok teman-teman, asal langsung masuk freezer ya begitu sampai rumah.

Tapi tadi mau bikin kue Getas kehabisan tepung beras buat campuran, akhirnya aku pakai tepung sagu aja, sekalian uji coba resep baru gitu, jika pakai Sagu hasilnya gimana. Ternyata tetap enak, tidak masalah. Jadi..aku suka resep takaran baruku ini, sama-sama empuk dan gurih kok Getasnya teman-teman. Kalau resep lamaku dulu pakai campuran tepung beras sedikit.

Belum di besta atau di lapis gula aja udah gurih sekali rasanya, malah enak di cemal cemil pas selesai di goreng gitu..hihi. Jadi jika tidak suka terlalu manis, sebenernya versi gurih aja udah enak teman-teman. Tapi jika versi gurih ini, terus namanya apa ya..hahah. Karena rasanya gurih, jadinya kan bukan kue Getas gitu. Mungkin Getas tanpa gula ya...hihi.

Membuat Kue getas ini mudah saja ko teman-teman, yuk di coba. Yang perlu sabar palingan waktu bikin bestanya. harus di masak api kecil agar gula tidak jadi karamel ya, dan juga di tunggu hingga benar-benar berbuih seperti berbusa kental,baru Kue masuk, agar bisa cantik lapisan bestanya.

Oke, langsung aja ya teman-teman, ini resep baru kue Getasnya...
Kue Getas 

Bahan :
250 gram Tepung ketan
25 gram Tepung Sagu
1/2 butir Kelapa Parut
250 santan hangat
1/2 sendok teh garam

Bahan Besta :
150 gram Gula pasir
1/4 sendok teh garam
50 ml air
 
Cara membuat :
Campur bahan Getas, tuangi air santan sedikit demi sedikit hingg adonan bisa di bentuk jika sudah cukup kalis, tidak perlu habis nggak masalah santannya, karena tingkat tua atau muda kelapa parutnya berpengaruh juga di adonan...karena kandungan air berbeda.
Bentuk bulat pipih lonjong
Goreng hingga matang
Masak bahan Besta api kecil, hingga berbuih putih dan seperti berbusa kental
Masukkan kue Getas
Aduk cepat dan biarkan mengeras
Sajikan

No comments :

Post a Comment