Sunday, December 10, 2017

Cake Labu Kuning Lapis Pandan


Hallo semua...maaf ya teman-teman, dapurnya libur dua hari nich, lagi mudik kemaren ke Yogya. Nengok Eyang Yodha, sekalian jalan-jalan...Yodha kan habis ujian, biar refreshing dia. Sebenernya banyak stok menu yang sudah mau aku posting, tapi kemaren kok ya kerjaan ini..itu nggak habis-habis sebelum berangkat ke Yogya. Rencana mau posting banyak sekalian tinggal rencana dech..hihi.


Tapi..pastinya banyak oleh-oleh menu baru nanti ya dari Yogya. Kemaren aku ke Yogya mampir ke kotagede, berburu Kipo...jajanan tradisional khas Kotagede. Ada juga yang lebih eksotis, namanya Legomoro, Kue yang sperti Lemper tapi bentuknya unik..dan sudah pasti jadi list menu yang akan aku coba besok. Aku penasaran aja cara emmbungkusnya...hihi.

Nah, kalau Kue Labu Kuning lapis Pandan ini aku buat hari Jumat kemaren, request Yodha untuk di bawa ke sekolah. Karena hari Jumat kemaren hari terakhir  ujian, jadi ada acara food sharing atau sharing bekal, kemudian di tukar dengan bekal teman-teman.

Jadi ingat jaman SD aku dulu hahah. Dulu kalau kenaikan kelas, pasti ada acara tuker tukeran kado isi makanan ya teman-teman. Di bungkus koran..palingan isinya bawa Brondong atau kue jadul apa gitu jaman dulu. Paling seneng itu jika dapat bekal anaknya orang kaya..hahah..pasti lebih enak. Kalau dapat dari teman-teman yang tetangga, pasti ya dapatnya sama....Lol..!  Suka duka jaman SD ya teman-teman...seru.

Kemaren mau bikin Kue Labu lapis coklat, tapi lagi habis stok coklat pastanya. Akhirnya aku ganti pasta pandan aja, jadilah Kue Labu Kuning Lapis Pandan, rasanya sama enaknya..wangi pandan, legit adonan labinya...cocok juga. Asal pilih pasta pandan yang enak ya teman-teman dan sedikit aja agar tidak mblenger aroma pandan. Jika kebanyakan itu malah neg, pasta pandan..hihi.

Oke, langsung saja yuk catat resepnya teman-teman...selamat mencoba :
Bahan-bahan :

3 butir  telur
75 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
85 gram tepung terigu protein sedang
15 gram susu bubuk
75 gram labu kuning kukus, dihaluskan
75 ml santan dari 1/4 butir kelapa
1/4 - 1/2 sendok teh pasta pandan
50  gram coklat masak / meises cokelat untuk taburan
1/4 vanili bubuk

Cara Pengolahan :
Blender / saring  halus santan dan labu kuning. Sisihkan.
Kocok telur, gula pasir, garam, vanili dan emulsifier sampai mengembang.
Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan campuran labu kuning sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Ambil 1/3 adonan. Tambahkan  pasta pandan. Aduk rata.
Tuang adonan hijau di cetakan plastik bentuk bunga / cetakan bolu sakura yang sudah di oles minyak goreng setinggi 1/3 cetakan. Kukus 10 menit dengan api sedang.
Tabur coklat masak serut / meises secukupnya. Tuang dengan adonan kuning. Kukus 10 menit sampai matang.


1 comment :

  1. wah lht gambarnya sepertinya yummy nih, tp lg gak punya labu? bisa gak ya gak pake labu ya mba? dari niken samarinda

    ReplyDelete