Saturday, November 18, 2017

Ayam Bacem Bungkus Daun pandan


Aku punya kebun kecil di belakang rumah, yang isinya kok kebanyakan pohon Pandan hihi. Udah sering di pakai buat aneka makanan , bubur, dll yang butuh Pandan, nggak habis-habis, malah tambah subur aja..hihi. 

Aku suka pakai Pandan memang buat pengahrum masakan misal, masak Ketan, bikin Bubur, jajanan tradisonal dll. Tapi bukan sebagai pewarna ya, cuma aroma. Itupun cuma sekedar 2 lembar maksimal. Kalau buat pewarna terus di belnder itu menurutku kurang enak, mblengeri alias nek ( eneg ), karena daun pandan ada rasanya, gimana ya, pokoknya kalau di blender, aku kurang suka..jika buat kue aromanya jadi aneh. Jadi buat aku daun pandan cuma buat aroma itupun jangan di blender, di cemplungin utuh, misal buat bubur, dll, jadi soft aromanya.

Kalau mau pewarna hijau itu pakai daun suji, sejenis pandan juga, tapi beda. Itu lebih netral nggak ada rasa yang kuat, jadi cocok buat pewarna makanan. Nah, makanya kali ini aku lagi punya ide memanfaatkan Daun pandan yang melimpah, salah satunya aku buat Ayam Bungksu Pandan ini teman-teman.

Tapi ini beda ya, sama Ayam bungkus pandan ala Thailand. kalau ini versi Jowo..hahah. Ayamnya di bacem, baru di bungkus pandan, kemudian di goreng. Kalau versi Thailand, Ayam di rendam bumbu aneka saus, di kukus sebentar, lalu di goreng.

Kalau aku suka versi Jowo ini, enak dan pas dengan bumbu Bacem daun pandannya. Kunci waktu menggorengnya, minyak harus benar-benar sudah panas ya teman-teman, agar di goreng sebentar saja, jadi pandan kering, tapi masih cantik warnanya, dan Ayamnya sudah kecoklatan, karena di bumbu Baceman yang gurih manis.

Oke, langsung aja ya, ini dia resepnya teman-teman...

Ayam Bacem Bungkus Daun pandan

Bahan :
500 gram Ayam, potong kecil-kecil sesuai selera
500 ml air kelapa plus 300 ml air biasa
50 gram gula merah
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 /2 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh kaldu Ayam

Bumbu halus :

1 sendok teh ketumbar
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :

Campur semua bahan dan bumbu di panci, tutup rapat
Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah habis
Sebelum kuah habis, koreksi rasa dulu ya..kurang garam atau tidak
Dinginkan dan tiriskan
Ambil selembar Daun Pandan
Bungkus epotong ayam dengan daun pandan
Lakukan hingga adonan habis
Goreng hingga matang
Minyak harus panas ya, jadi di goreng sebentar saja, daun pandan kering, Ayam kecoklatan

Berikut cara membungkus ayam dengan pandan ya teman-teman, semoga jelas ya step by stepnya, selamat mencoba ya, jika suka...


No comments :

Post a Comment