Sunday, December 18, 2016

Tips Mengolah Usus Ayam agar Tidak Amis



Tadi pagi waktu ke toko daging langganan..beli sosis untuk Yodha dan temannya yang menginap di rumah..kok aku lihat ada Usus yang bagus dan bersih, langsung aku beli dech. Sudah dari kemaren ingin makan sate Usus, tapi jika beli matang di warung angkringan itu kadang suka masih amis atau bau kurang sedap. Kadang juga takut jika kualitas ususnya tidak bagus atau pengolahannya kurang bersih. Jadi cara terbaik untuk menikmati Sate Usus adalah memasak sendiri.
Untuk Mengolah Usus agar tidak amis atau bau, pertama kita pilih Usus yang fresh ya teman-teman. Kalau aku sich selalu beli di tukang ayam langganan, yang ramai jadi dagangan dia selau habis nggak pernah di jual lagi esok harinya..atau jika mau sudah bersih beli di toko daging langganan. Di supermarket juga kadang ada ya teman-teman yang sudah bersih, nah itu tinggal di cek kapan barang masuk dan kadaluwarsanya jika di supermarket kan ada tandanya.

Selanjutnya, kita cuci dulu Usus berkali-kali ya jika beli di pasar dan belum bersih, lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Cuci bersih kembali hingga aroma amis berkurang. Selanjutnya..proses perebusan. Kita rebus Usus tanpa bumbu terlebih dahulu. Waktu merebus kita tambah daun salam, lengkuas dan jahe agar   aroma amisnya hilang. Rebus hingga Usus matang, tapi belum empuk. Selanjutnya kita tiriskan dan rebus kembali dengan bumbu halus dan bumbu  lainnya.

Usus yang sudah di rebus tadi, sudah siap di olah ya..jadi aneka olahan Usus. Mau di bumbu sate ala Angkringan, atau di bumbu pedas manis, bumbu kuning, dll..sudah pernah aku share ya resepnya teman-teman. Yang paling favorit di rumah tentu saja Sate Usus ala Angkringan..karena rasanya gurih, manis dan enak. di gado saja juga enak. Untuk membuat sate Usus ala Angkringan ini juga mudah, tinggal di rebus bumbu seperti membuat bacem biasa. 

Agar lebih enak..bisa kita tambah air kelapa, agar rasanya itu makin enak dan sedep...eh sedap..ya..hahah. Aduch..aku di komplain pembaca katanya bahasa aku tidak memenuhi EYD dan kurang bagus..ya maaf ya..kebiasaan ibu-ibu ngomong apa adanya..heheh. Kalau nulis resmi kok malah bingung aku mau nulis apa, biasa cerita secara sederhana keseharian aku di dapur mengalir saja...hahah. Apa adanya diriku aja ya teman-teman...yang penting bisa tiap hari share resep baru atau nulis tips-tips dapur aja..semoga bisa bermanfaat sedikit ya. Jika mau melihat tulisanku yang agak resmi, nanti ada di media lain yang lebih resmi juga, kebetulan aku di percaya menjadi satu penulis konten kuliner di media online berbasis *mobile flatform. Nanti jika tulisanku sudah banyak aku publish infonya dech.

Baiklah aku share lagi resep Sate Usus ala Angkringan ya..pasti pada suka nich..yuk langsung simak resepnya teman-teman. Oh iya..sate Usus ini jangan pakai kecap ya masaknya, karena citarasanya akan berbeda. Kalau aku bilang sich lebih mblenger jika pakai kecap bumbu baceman itu. Jadi cukup pakai gula merah aja..lebih sedep mantep..eh sedap dan mantap..:D
Sate Usus ala Warung Angkringan

Bahan :
Usus 500 gram ( sudah di rebus dengan cara yang aku uraikan di atas tanpa bumbu ya )
Gula merah 50 gram ( sesuai selera )

Bumbu :
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 2 siung
Kemiri 4 butir
Ketumbar 1/2 sendok teh
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
800 ml air ( 400 air biasa & 400 air kelapa )

Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih,ketumbar dan kemiri. 
Campur usus rebus dengan  bumbu halus, air  dan bumbu bumbu lainnya, lalu ungkep hingga matang dan empuk, serta air menyusut, masukkan 1 sendok makan minyak goreng, lalau gongseng terus hingga bumbu menyelimut satenya dan sedikit kecoklatan warnanya. Atau bisa juga di goreng sebentar aja di minyak panas, supaya lebih gurih. 
Jangan terlalu lama menggoreng, nanti malah keras ususnya. Tusuk dengan tusuk sate. Sajikan hangat.

Oke, untuk resep lainnya ada beberapa versi sate Usus yang sudah pernah aku posting ya, silahkan klik link berikut ini :

Sate Usus bumbu kuning, resep di SINI
Sate Usus Pedas Manis, resep di SINI
Ada juga resep Keripik Usus, resep di SINI
Atau mau yang seger, ada juga olahan Usus yang beda, Garang Asem Usus, resep di SINI

2 comments :

  1. Aww..aww...klo aku suka bhasa mba diah yg apa adanya spt biasanya mbaa hehe.. btw makasih mba resepnya ini kesukaan pak suami dan anaku bgt besok lgs eksekusi dehh..

    ReplyDelete
  2. Aww..aww...klo aku suka bhasa mba diah yg apa adanya spt biasanya mbaa hehe.. btw makasih mba resepnya ini kesukaan pak suami dan anaku bgt besok lgs eksekusi dehh..

    ReplyDelete