Saturday, December 17, 2016

Sambel Tomat Seger


Menu hari ini Sambel saja ya...hihi. Hari ini ada teman Yodha yang main ke rumah..lha pada di tanya makan apa..jawabnya Ayam Goreng. Jadi sudah pasti Ayam goreng sudah sering aku posting. Jadinya Sambelnya aja nich yang belum. Sambel ini favoritku. Sambel Tomat seger...yang artinya...sambal tomat tanpa di goreng lagi setelah di haluskan. Jadi masih ada rasa seger dari tomatnya. Walau semua bahan di goreng..tapi karena tidak di tumis lagi..maka rasa Tomatnya  masih terasa.

Kalau di rumahku dulu di Yogya  bikin sambel ya gini terus ibuku. Mungkin karena selalu habis ya bikin sambel..jadi nggak perlu repot-repot numis lagi. Kalau sambel begini walau di goreng dulu tapi memang nggak awet jika di simpan sampai besok, akan terasa asem. Beda sama sambel tomat tumis yang di masak hingga tanak dan berwarna kecoklatan..maka itu awet di simpan, di suhu ruang aja tahan hingga dua harian ya.

Sambel Tomat Seger ini paling enak buat teman makan Sop Kampung, Sayur Nangka kuah, buat teman makan Mie goreng atau bihun juga enak banget. Jika mau cantik warnanya, pakai tomat merah yang segar dan cabai merah keriting agak banyak.  Namun tetap harus pakai cabai rawait agar pedasnya mantap. Terasi tetap pakai, tapi jangan terlalu banyak, jadi yang menonjol itu tetap rasa tomat segarnya ya teman-teman.

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya.....

Sambel Tomat Seger

Bahan :
10 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit ( sesuai selera )
1 buah tomat matang segar ukuran agak besar atau dua jika kecil
6 butir  bawang merah, iris kasar
1 siung bawang putih, iris kasar
1 sendok teh terasi bakar
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah 

Cara Membuat :
Goreng semua bahan sambal kecuali Terasi, garam dan gula
Ulek semua bahan bersama ketiga bahan di atas setelah di goreng
Tuangi sedikit sisa minyak goreng panas agar lebih  mengkilat sambalnya 
Koreksi rasa hingga pas sesuai selera


6 comments :

  1. Thank you resepnya mbaa, saya biasanya terasinya ikut digoreng. Bedakah rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera mba..kadang2 ya ku goreng..cuma lebih sedep di bakar :)

      Delete
  2. Karna suami suka PEDAS. Ini jadi resep yg wajib dicoba nih... Thank you mbak DD
    Btw, sambal bawang yg mbak share sekarang sudah jadi menu favorit keluarga saya lhoo.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..biar cabe mahal...nyambel mah kudu jalan terus ya..:D

      Delete
  3. Baru ajaa kelar bikin sambel tomat sama sayur asem...niatnya pengen ngoreksi sambil cari-cari resep sambel ala Mbak Diah...eeh kok ndilalah hari ini share resepnya Mbak Diah kebetulan yang pengen saya cari... matur nuwun Mbak.. :) (y)

    ReplyDelete
  4. Sambal.. sambal.. sambal.. saya suka sambal mbak, apapun sambalnya biasanya saya padukan dengan ikan asin atau pindang.. huhhhh enaknyaaaa nyam nyam

    ReplyDelete